TRIGINA NOVA YOLANDA

menjadi ibu yang dirindu itulah cita citaku,menjadi guru yang menginspirasi itulah keinginanku Guru biasa disekolah biasa,dengan siswa yang luar biasa...

Selengkapnya
Navigasi Web
SHARING CONTOH PROGRAM RAMADHAN ALA ORANG TUA

SHARING CONTOH PROGRAM RAMADHAN ALA ORANG TUA

SHARING CONTOH PROGRAM RAMADHAN ALA ORANG TUA

Memasuki bulan Ramadhan ini sekolah-sekolah tidak lagi melaksanakan pembelajaran daring atau yang dikenal dengan Learning From Home dalam bentuk penagihan dan penyampaian materi akademik. Dengan datangnya bulan ramadhan proses pembelajaran lebih diarahkan pada pendalaman materi keagamaan melalui program pesantren ramadhan.

Uniknya pesantren ramadhan kali ini juga dilaksanakan dalam bentuk daring,karena masih diperpanjangnya LFH akibat pandemi covid-19.

Untuk SMA/SMK di Sumatera Barat pelaksanaan pesantren Ramadhan ini telah diatur sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi nomor 700 tahun 2020. Dalam surat tersebut ada tiga point yang menjadi titik fokus pelaksanaan pesantren.

Point pertama mengenai hafalan Alquran peserta didik. Point kedua evaluasi ibadah peserta didik secara berkala selama Ramadhan yang terdiri dari : puasa,tilawah Alquran,shalat wajib,shalat dhuha,shalat tarawih,shalat tahajjud dan infaq. Point ketiga yaitu mengikuti materi pesantren yang dapat ditonton oleh peserta didik melalui link youtube yang disampaikan oleh masing-masing sekolah kepada peserta didik.

Siapa yang akan mengingatkan dan menagih tugas siswa tersebut? Tentu saja panitia pesantren Ramadhan yang akan melaksanakan tugas ini. Sekali lagi guru tidak libur dan tetap bekerja mengontrol siswa-siswi mereka selama pelaksanaan pesantren ramadhan ini.

Program ini tentunya hanya tinggal program saja bila tidak disertai dengan campur tangan orang tua didalamnya. Orangtualah yang sepanjang hari,saat ini membersamai anak dirumah. Tentu saja orangtua juga mempunyai peran yang sangat besar dalam mencapai tujuan dari adanya pesantren ramadhan ini.

Adapun tujuan pesantren ramadhan adalah agar anak memiliki pengetahuan yang lebih tentang ajaran agama Islam serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi kebutuhan dalam hidupnya.

Agar tujuan tersebut dapat terwujud maka ada baiknya orang tua juga memberikan contoh teladan dan menyiapkan program ramadhan tersendiri.

Berikut program ramadhan yang bisa kita lakukan dirumah untuk mendorong anak mempunyai karakter Islami

1.Program spiritual/ibadah

Ada banyak program yang bisa dilakukan seperti membuat target harian membaca Alquran bagi masing-masing anggota keluarga. Target ini harus disesuaikan dengan kemampuan anak,misalnya anak yang baru pandai membaca Alquran berikan target membaca 2 halaman perhari. Anak yang biasa sekolah di pesantren atau sekolah agama berikan target agak lebih seperti 2 juz perhari sebab mereka sudah biasa berinteraksi dengan Alquran. Dan orantuapun harus memiliki target agar bisa menjadi contoh bagi anak. Bila diperlukan buatlah catatan/form isian bagi masing-masing anggota keluarga.

Contoh program ibadah

Tilawah

1 juz perhari

Dhuha

Setiap hari

Sholat Jamaah di rumah

Setiap waktu

Shalat rawatib

Minimal 4 rakaat perhari

Tarawih

Setiap malam

Tahajud

Minimal 3 kali per pekan

2. Program Membantu orang tua.

Program ini lebih diarahkan pada pembentukan karakter anak dalam membantu orangtua. Seperti mencuci piring,membersihkan rumah,merapikan tempat tidur dan lain sebagainya. Karena saat ini anak selalu berada dirumah maka buatkan tugas harian untuk masing-masing anak agar mereka biasa dan terbiasa untuk selalu membantu orang tua.

3.Program Pembentukan Karakter

Life skill

Memasak,berkebun,menata rumah,membuat gambar/poster islami

Kepemimpinan

Menjadi Imam sholat, Membimbing tahfidz adik,mengajar adik mengaji

Serta masih banyak program-program lainnya sebagai sarana pembentukan karakter anak.

Jika masih ada program lainnya silahkan di bagi ya gurusianers. Tolong tambahkan di kolom komentar. Insha Allah sangat bermanfaat bagi saya sebagai orang tua dan juga bagi gurusianers lainnnya yang sempat membaca postingan saya. Terima kasih.

4 Ramadhan 1441 H

27 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

waah bagus nich, sudah dilaksanakan tapi Form isian kegiatan perlu juga seperti nya...kl yola sdh ada Form nya kiriman ka WA ciek dih la....

27 Apr
Balas

Super sekali program ibuk yola.ko...Insya Allah bisa menjalankan ibadah bersama klga, sangat mensyukuri hikmah di balik ada covid 19 ini.

27 Apr
Balas

Keren programnya bu. Kami jg jalankan di rumah. Hanya Program pesantren dr sekolah tdk ada. Mandiri sj Bersama orang tua di rumah.

27 Apr
Balas

Program yg kreen laaa,, tpi uni lum sanggup magarajoannyo laii,,

27 Apr
Balas

Masya Allah Yola. Barokallah

27 Apr
Balas

Izin share niyola.. Smg berkah

30 Apr
Balas

Uni.. Blh mnt no wa ni? Mks

30 Apr
Balas



search

New Post