TRI MAKNO HARTANTO

Tri Makno Hartanto,memiliki kegemaran menulis. Lahir di Ambarawa 27 September 1971. Tri panggilan akrabnya, sebelum menjadi guru pernah menjadi seorang penyiar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Senyum Itu
Sumber : koleksi foto pribadi

Senyum Itu

Mutasi bagi seorang ASN sebenarnya merupakan hal yang biasa. Alasan mengapa seorang ASN dimutasi, salah satu penyebabnya adalah karena penyegaran. Jika seseorang bertugas selama bertahun-tahun di tempat yang sama, maka akan timbul titik jenuh yang berpengaruh pada produktivitas kinerja.

Siang itu, tepatnya tanggal 25 November 2022 ada undangan mendadak ke pendopo kabupaten. Sesuai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 maupun Permendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021, kepala sekolah dapat dimutasi paling singkat dua tahun dan paling lama delapan tahun bertugas di tempat yang sama.

Tak terasa saya bertugas di SD Negeri Kaliwlingi 01 lebih dari delapan tahun sejak 24 Oktober 2014. Rasanya baru kemarin saat pertama kali memperkenalkan diri sebagai kepala sekolah. Sepertinya baru sebentar saya sendirian di halaman sekolah ketika peserta didik dan para guru sudah pulang bertugas. Tak tahunya surat undangan mutasi sudah disampaikan, meskipun hanya melalui WhatsApp,s

Secepatnya saya mendatangi pendopo. Setiba di pendopo, ee...ternyata masih banyak kursi yang kosong. Lega rasanya belum terlambat. Sejenak menunggu, acarapun dimulai. Urutan penyebutan dimulai dari kepala TK yang terdiri dari 3 orang yang promosi. Sejenak acara berhenti, karena Ibu Bupati meminta bagi nama yang disebutkan, dimohon untuk berdiri.

Peristiwa lucu terjadi. Penyebutan kepala sekolah yang akan promosi maupun yang dimutasi dimulai dari nomor, nama, tempat dan tanggal lahir, tugas sebelumnya, dan penempatan tugas barunya. Nama saya disebut, sayapun segera berdiri, rupanya Ibu Bupati mencari mana yang dikukuhkan. Posisi saya ada di sebelah pojok ujung barat. Setelah menatap mata saya dan tersenyum, saya menganggukkan kepala tanda penghormatan. Saat itu, protokol acara terus membacakan kelanjutannya. Urutan nama sudah berganti urutan berikutnya. Saya melewatkan tugas baru, di mana saya ditugaskan. Jadilah saya menunggu urutan nama tersebut dibacakan hingga selesai, untuk mencari tahu di mana tugas saya.

Untunglah, ucapan selamat yang disampaikan seorang teman melalui Whatsapps sekaligus menyebut tugas baru saya. He...he...he... Ucapan syukur terucap dari bibir ini, karena saya diberi tugas sekolah yang lebih dekat dengan domisili. Sekalipun berat rasanya berpisah dengan peserta didik dan para guru yang telah berjuang membangun dan memajukan sekolah. Tak terasa airmata menetes jika ingat perjuangan di tempat tugas yang lama.

Griya Inspirasi, 3 Desember 2022

Suasana menunggu pengukuhan dimulai

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alkhamdulillah

03 Dec
Balas



search

New Post