Tri Murdaningsih, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berebut Makanan

Berebut Makanan

Tagur 365 hari ke-4

Berebut Makanan

Oleh : Tri Murdaningsih, S.Pd

 

Harimau, singa, dan buaya adalah binatang buas yang tidak bisa diannggap remeh. Mereka selalu memakan mangsanya tanpa belas kasihan. Begitu mereka lapar, maka langsung diisantapnya tanpa berpikir panjang.

            Suatu hari Harimau, Singa dan Buaya sedang mencari makan. Mereka pergi bersama-sama. Di hutan mereka menemukan ayam dan mereka berebut untuk mendapatkan makanan tersebut.

“Wah ada ayam nih, kebetulaan aku sudah sangat lapa,” kata Harimau.

“Apa engkau sudah sangat lapar ?, tidak .... akulah yang sudah sangat lapar,” kata Singa.

“Sudah ..., sudah ... bukan kalian,, tapi aku yang sudah benar-benar sangat lapar ... dan lapar .,,” kata Buaya dengan nada yang tinnggi.

“Ya sudah begini saja, kita buat perlombaan siapa yang bisa menaiki tebing dalam waktu lima menit, maka iiulah pemenangnya yang akan menikmati ayam tersebut,”kata Harimau.

“Oke ... oke ...siapa takut aku setuju,” jawab Singa dan Buaya. 

“Ayo kita hitung mundur tiga ... dua ... satu...,” kata Buaya dengan menghitungnya.

Perlombaan pun dimulai, mereka lari sekencang-kencanganyan untuk mendapatkan makanan.

            Lima menit kemudian ternyata mereka sampai ketujuan secara bersamaan. Perlombaanpun akhirnya diulang, karena belum ada pemenang.

“Hai, kenapa kita sampai tujuan secara bersamaan?”, kata Harimau.

“Oke, begini saja kita ulangi perlombaan ini atau diganti dengan yang lain,” kata Buaya.

“Bagaimana Singa ? kamu setuju,” kata Harimau.

“Ok ... aku setuju, tapi kira-kira perlombaan apa,” kata Singa

Mereka bertiga sedang berfikir untuk menemukan perlombaan selanjutnya. Akhirnya mereka menemukan ide perlombaan.

“Ah ... ha ...bagaimana kalau kita panjat pohon kelapa dalam waktu sepuluh menit?”, kata Buaya.

“Ok setuju,” kata Singa dan Harimau dengan penuh semangat. Perlombaan dimulai. Ternyata dari perlombaan yang kedua ini mereka bisa melewati dengan tepat waktu, dan akhirnya lomba pun gagal. Mereka berpikir untuk menentukan lomba berikutnya.

            Begitu lama mereka berpikir, akhirnya mereka merasa capai. Karena hari mulai gelap akhirnya mereka putuskan untuk menangkap ayam tersebut dengan kesepakatan bahwa lomba akan dilanjutkan kembali besok. Malam berganti pagi, Harimau, Singa dan Buaya kembali bertemu  untuk mengadakan perlombaan. Mereka berdikusi kembali untuk menentukan perlombaan apa yang akan dilaksanakan berikutnya.

“Selamat pagi Singa, Buaya, bagaimana kabar kalian,” kata Harimau

“Baik-baik saja Harimau,” jawab Buaya.

“Aku juga baik-baik saja,” jawab Singa

“Ayo kita tentukan sekarang perlombaan selanjutnya,” kata Harimau

“Ayo ...,  jawab Buaya dan Singa.

Mereka berpikir kembali untuk menentukan perlombaan selanjutnya

“Ah ... ha ... akhirnya aku temukan perlombaan yang tepat, bagaimana kalau kali ini kita bersihkan  hutan bersama-sama dalam waktu sepuluh menit,” kata Buaya.

“Ok ... setuju, jawab Harimau dan Singa.

            Selama sepuluh menit mereka melakukan kegiatan kebersihan hutan dengan lokasi yang telah ditentukan. Mereka terus berjuang hanya untuk mendapatkan makanan. Sebenarnya kalau mereka bisa saling berbagi, maka perlombaan pun tidak perlu terjadi. Karena berebut makanan tidaklah baik dalam kehidupan, janganlah serakah, lakukaan hal baik dalam kehidupan. Senang susah harus dipikirka bersama-sama. Berebut makanan dalam kehidupan jangan sampai terjadi

            Karena perlombaan gagal kembali, akhirnya mereka menyadari bahwa berebut makanan tidak baik untuk dilakukan. Mereka akhirnya sepakat untuk membagi hasil buruannya. Disantaplah ayam tersebut bersama-sama dengan adil.

Batang, 23 Juni 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cerita yang menarik

23 Jun
Balas

Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya bu Risma semoga smakin sukses selalu

23 Jun

Cerita anak yang keren bunda, saya sudah follow bunda ya

23 Jun
Balas

Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya bu Sofia semoga semakin sukses selalu

24 Jun

Keren Bunda ceritanya, ada pesan moral dibalik cerita. Saya sudah ngefollow balik lo Bund, tinggal Bunda yg blm follow.

23 Jun
Balas

Ya bun terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya serta follow backnya semoga sehat selalu bersama keluarga tercinta

23 Jun

Cerpen anak sangat penting. Teruskan perjuanganmu Bunda

23 Jun
Balas

Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya pak Sultan semoga semakin sukses selalu

24 Jun



search

New Post