Tri Murniati

Tri Murniati, saat ini bertempat tinggal di Kudus, dan Lahir di Kota Kudus.Saat ini Penulis mengajar di SMP 2 Mejobo Kudus.Sabusagu memotivasi keinginan tuk sel...

Selengkapnya
Navigasi Web
Asyiknya Flash Card untuk Bercerita

Asyiknya Flash Card untuk Bercerita

Pembelajaran Bahasa Indonesia perlu dikembangkan agar siswa terampil berbahasa. Keempat keterampilan berbahasa adalah mendengarkan , berbicara, membaca dan menulis. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut, berbicara merupakan keterampilan yang sulit diajarkan karena menuntut kesiapan mental dan keberanian siswa.

Bercerita merupakan salah satu keterampilan berbicara yang dikeluhkan oleh siswa. Ketika mereka diberi tugas bercerita, kata-kata tak keluar dari mulutnya. Rasa grogi dan takut menyelimuti mereka. Ide pun tidak berpihak pada diri siswa.Gejala lain yang tampak yaitu siswa masih terlihat ragu-ragu dalam memilih diksi .Hal ini menimbulkan ketidaktenangan saat bercerita.

Menilik potret pembelajaran tersebut, perlu diambil solusi. Salah satu solusi adalah memilih media yang tepat. Selain itu, pembelajaran dibuat menarik agar siswa tidak jenuh. Siswa ditempatkan pada lingkungan yang menyenangkan. Rasa tidak percaya diri mereka disapu habis oleh pemilihan metode dan media yang tepat.

Salah satu media untuk membantu guru dalam pembelajaran bercerita yaitu flash card. Media flash card merupakan salah satu media visual yang bersifat sederhana, karena mudah dibuat, tidak terlalu mahal, menarik perhatian, mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa dan dapat dipakai berkali-kali. Selain itu, penggunaan media flash card dapat menghemat waktu dan tenaga guru. Selain itu, media flash card juga dapat mempermudah guru dalam mengajar dan siswa dalam mengingat apa yang dilihat, mengembangkan kreativitas, daya imajinasi serta mempermudah siswa dalam menuangkan ide-ide kreatif mereka.

Keterampilan Bercerita

Keterampilan bercerita yang baik memerlukan pengetahuan, pengalaman serta kemampuan berpikir yang memadai. Selain itu dalam bercerita juga diperlukan penguasaan beberapa keterampilan, yaitu ketepatan tatabahasa sehingga hubungan antar kata dan kalimat menjadi jelas.

Ketepatan kata dan kalimat sangat perlu dikuasai dalam bercerita, sebab dengan menggunakan kata dan kalimat yang tepat dalam bercerita akan memudahkan pendengar memahami isi cerita yang dikemukakan oleh pencerita. Isi cerita yang mudah dipahami akan menunjang dalam penyampaian maksud yang sama antara pencerita dan pendengar, sehingga tujuan penyampaian makna cerita dapat tercapai.

Manfaat bercerita, adalah membantu pembentukan pribadi dan moral anak, menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi, memacu kemampuan verbal anak, merangsang minat menulis anak, membuka cakrawala pengetahuan anak.

Media Pembelajaran Flash Card

Media flash card merupakan salah satu bentuk media visual. Flash card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25 x 30 cm. Gambar-gambarnya dibuat menggunakan tangan atau foto, atau memanfaatkan gambar/foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembaran flash card.

Flash card juga dapat disajikan dengan cara permainan.Letakkan kartu-kartu tersebut di dalam sebuah stoples secara acak dan tidak perlu disusun, siapkan siswa yang akan berlomba misalnya tiga orang berdiri sejajar kemudian guru memberikan perintah.Ketiga siswa tersebut mengambil kartu bergambar dalam stoples. Secara bergantian siswa tersebut menceritakan isi gambar yang telah mereka ambil dalam stoples dengan waktu yang ditentukan. Siswa yang berhasil menyelesaikan tugas bercerita sesuai waktu maka siswa tersebut mendapat penghargaan.

Media sangat diperlukan dalam pembelajaran. Melalui flash card, pesan dapat dituangkan melalui simbol-simbol komunikasi visual yang menggairahkan motivasi siswa berpartisipasi secara aktif dan berinternalisasi dalam proses pembelajaran yang mengasyikkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post