Tri Rahayu Kusumaningrum

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan Islam Sejak Dini
gambarpedia.org

Pendidikan Islam Sejak Dini

Tantangan Hari ke - 31

#TantanganGurusiana

Pendidikan Islam Sejak Dini

Usia dini merupakan masa emas untuk belajar. Masa dimana seorang anak berkembang sangat pesat dan menirukan apa yang dilihat dan didengar. Mereka belum bisa menentukan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Orang tua lah yang berperan sebagai filter bagi anak.

Anak bagaikan kertas putih yang bisa dituliskan apa saja dengan tinta. Oleh karena itu, pendidikan Islam adalah pendidikan terbaik yang harus ditanamkan sejak dini.

Disebutkan dalam hadits :

Tidaklah seorang anak melainkan terlahir di atas fitrah. Kedua orang tuanya-lah yang menjadikan anak tersebut menjadi Yahudi, atau Nasrani ataukah Majusi” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, pendidikan Islam sejak dini seorang anak adalah tanggungjawab setiap orang tua. Anak merupakan aset berharga bagi kedua orang tua ketika masih hidup maupun setelah meninggal dunia.

Pendidikan dini yang harus ditanamkan kepada seorang anak adalah pendidikan tauhid. Contoh kecil diantaranya :

1. Mengenalkan kepada anak bahwa Allah merupakan satu-satunya Dzat yang wajib disembah agar anak senantiasa beribadah kepada Allah;

2. Mengenalkan sifat Allah Yang Maha Melihat agar anak senantiasa sadar bahwa setiap perbuatannya ada yang mengawasi;

Semoga dengan pendidikan tauhid, anak-anak kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post