Tri Riswakhyuningsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MALAM MINGGUAN BERSAMA SEAMOLEC

MALAM MINGGUAN BERSAMA SEAMOLEC

Southeast Asia Minister of Education Organization (SEAMEO) adalah sebuah organisasi untuk mempromosikan kerjasama regional dalam bidang pendidikan, sains dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 1965.

Badan pembuat kebijakan tertinggi adalah SEAMEO Council, yang terdiri dari 11 menteri pendidikan Asia Tenggara. Sekretariat SEAMEO berlokasi di Bangkok, Thailand.

SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) adalah salah satu organisasi di bawah naungan SEAMEO yang fokus di bidang Open and Distance Learning (ODL). Tujuan SEAMOLEC adalah melaksanakan program yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan nasional dan regional saat ini melalui pemanfaatan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Sekretariat SEAMOLEC terletak di Kompleks Universitas Terbuka, Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan.

SEAMOLEC pada bulan Mei 2017 membuka pelatihan daring, salah satunya adalah Desain Presentasi Berbasis Power Point. Pelatihan daring ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembelajar dalam penyusunan presentasi berbasis powepoint. Materi yang akan dipelajari terbagi dalam 4 sesi dengan beberapa subtopik, yaitu:

1. Pendahuluan dan penggunaan PowerPoint

2. Menyusun ide dan gagasan dalam peta konsep

3. Perancangan slide presentasi (desain template, pemilihan warna dan huruf)

4. Penyusunan elemen grafis (grafik, simbol/ikon, efek animasi, transisi, tips presentasi)

Pelatihan daring Desain Presentasi Berbasis Power Point, diikuti 23 guru di SMP Negeri 2 Subah, Batang, Jawa Tengah. Sebagaian besar guru baru pertama kali mengikuti palatihan daring di SEAMOLEC. Dimulai dari proses pendaftaran di http://etraining.seamolec.org dan aktivasi via email masing-masing.

Pertemuan pertama pelatihan daring dilaksanakan hari Sabtu, 13 Mei 2017, pukul 18.00 - 22.00 WIB melalui video conference. Untuk mengikuti video conference, peserta melakukan join video conference melalui aplikasi webex dengan terlebih dahulu mengisi meeting number, nomor registrasi-Nama Lengkap, alamat email, dan meeting password.

Kesibukan mempersiapkan video conference yang terpantau melaui grup WhatsApp SMP Negeri 2 Subah sudah terasa mulai jam 17.00 WIB. Ada yang mempersiapkan cemilan, menginstal Cisco WebEx Meetings, serta melihat meeting number dan meeting password.

Semakin sore, semangat mengikuti video conference semakin membara. Ada yang kebingungan sudah join video conference tetapi tidak bisa masuk. Penyebabnya karena ... masih jam 17.30, belum dibuka, he... he... he... .

Ba'da maghrib suasana semakin heboh. Ada yang bingung karena suara narasumber tidak terdengar, terheran-heran karena wajah muncul di layar, bingung tidak bisa connect, dan bingung cara keluar dari sistem.

Akhir dari proses tersebut adalah rasa syukur alhamdulillahirabbil 'alamin karena mendapat ilmu baru yang insyaa Allah berguna untuk diri sendiri dan siswa. GURU MULIA KARENA KARYA. KARENA KARYA GURU MULIA.

Sumber: http://www.seamolec.org

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ikut pelda SEAMOLEC biar ppt nya memukau Pak Yaroh..he..he...

24 Jun
Balas

Luarbiasa pengalaman vicon perdana td mlm. Berdiskusi dg teman2 baru dr berbagai kota. Insyaallah ilmu yang bermanfaat.

14 May
Balas

Aamiin. Semangat Bu Dewi Setyaningrum.

14 May

Mb diajari bikin power point yg menarik. sy pernah bljar lewat presentasi.net jd tahu power pointku slm ini masuk kategori kurang memukau. hehe

24 Jun
Balas

Alhamdulillah Bu Tri. Semoga beemanfaat ilmunya ya agar, "GURU MULIA KARENA KARYA. KARENA KARYA GURU MULIA."

14 May
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Yudha Kurniawan

14 May



search

New Post