Tri Riswakhyuningsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PERJALANAN MENUJU OLIMPIADE GURU NASIONAL 2016  DARI PROVINSI JAWA TENGAH

PERJALANAN MENUJU OLIMPIADE GURU NASIONAL 2016 DARI PROVINSI JAWA TENGAH

Diawali dari sms yang saya terima dari ketua MGMP IPA Bpk. Mokh Darsono, bahwa pengurus MGMP telah mufakat untuk mengirim saya sebagai perwakilan OGN. Disusul telepon dari Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Subah Bpk. Sumanto, yang memberitahukan bahwa saya telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang untuk mengikuti seleksi OGN di Provinsi Jawa Tengah.

Persiapan mengikuti seleksi dilakukan semaksimal mungkin dengan bimbingan Bpk. Aziz Chakim, juara OSN GURU IPA (Fisika) tahun 2012. Dengan restu keluarga, stakeholder SMP Negeri 2 Subah, dan guru -guru IPA di Kabupaten Batang, saya berangkat ke Semarang bersama Ibu Arie Sulistyowati perwakilan mapel matematika dari SMP Negeri 1 Pecalungan. Seleksi di tingkat provinsi dilaksanakan di Hotel New Neo Baru Semarang pada hari Senin s.d. Rabu, 25 s.d 27 Juli 2016. Seleksi diikuti oleh perwakilan dari 35 Kabupaten se Jawa Tengah. Kegiatan hari pertama adalah pembekalan dari narasumber yang diundang oleh provinsi dan tes dilaksanakan pada hari kedua. Tes berupa soal pilihan ganda dan soal essay. Saya berdoa semoga Allah memberikan hasil yang terbaik.

Tenggelam dalam rutinitas tugas-tugas di sekolah, saya pun sudah lupa dengan OGN. Hingga pada akhirnya, mendapat telepon dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang memberitahukan bahwa saya lolos seleksi dan maju ke tingat nasional. Untuk memastikan kebenaran kabar tersebut, saya kroscek ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang dan menyatakan bahwa kabar terebut adalah benar.

Kamis, 6 Oktober 2016 bersama 10 finalis OGN Tingkat Provinsi Jawa Tengah, diberi pengarahan teknis keberangkatan ke Jakarta. Diantar Pak Edi dan Pak Sapto dari Dinas Pendidikan Provinsi, kami berangkat ke Jakarata dengan pesawat terbang. Ini adalah pengalaman naik pesawat terbang pertama kali, sehingga muncul rasa takut dan was-was.

OGN dilaksanakan hari Senin s.d. Jum”at, tanggal 31 Oktober s.d. 4 November 2016 di Hotel Grand Whiz Kelapa Gading Raya Kav. 1 Jakarta Utara. Bertemu dengan para finalis OGN dari seluruh Indonesia adalah pengalaman yang sangat luar biasa. Ujian tertulis, praktik, dan presentasi saya lalui. Dengan latar belakang pendidikan biologi, materi fisika merupakan tantangan besar.

Materi ujian berupa mengidentifikasi jenis tumbuhan berdasarkan struktur jaringan yang diamati melalui mikroskop, mengidentifikasi nama alga dari awetan yang disediakan berdasarkan kunci determinasinya, mencari hambatan kawat dari rangkaian percobaan yang diberikan, dan presentasi hasil kajian kritis. Tema pengaruh suhu terhadap proses fotosintesis, saya pilih untuk materi presentasi. Beragam tema disajikan oleh para finalis, sangat menambah wawasan dan pengetahuan.

Pada sesi presentasi inilah saya merasakan bukan suasana kompetisi, tetapi lebih ke suasana kekeluargaan. Sesama peserta saling bertanya dan menanggapi. OGN berakhir dengan wisata ke Dufan, melepas penat dan beban dengan mencoba beragam permainan.

Menjadi peserta OGN adalah anugerah Allah yang sangat besar, walau tidak mendapat medali. Bertemu dengan saudara setanah air, berbagi pengalaman dan pengetahuan. Berkah mengikuti OGN berikutnya adalah mendapat undangan sebagai peserta simposium dan mengikuti puncak peringatan Hari Guru Nasional di Sentul International Convention Center yang dihadiri oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo. SUKSES UNTUK KITA SEMUA.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa,,,Keren.Sukses selalu Bu Yayuk

09 Jun
Balas

so nice so good so ...

22 Jun
Balas

Sukses bu Tri. Salam kenal.

03 Jun
Balas

Salam kenal dan sukses juga untuk Pak Yudha

03 Jun

Hebat bu tri...selamat...

03 Jun
Balas

Pak Suparno, ayo...cepat dibuat artikel yang lebih hebat dan dahsyat "Peraih Medali Emas OGN 2016 dari Provinsi Jateng".

03 Jun

Mantap... sukses selalu Bu Tri

03 Jun
Balas

Setelah tak baca lagi, kalimat masih belepotan ternyata. Bu Rahmah, sy tunggu artikel "Perjalanan Menuju OGN 2016 dari DKI Jakarta"

03 Jun

Good Job, Ibu! Saya latar belakang Sarjana Pertanian, tapi saya jadi Ka. TK. nggak masalah Bu Tri, dari background Biologi ke Fisika. Sukses itu karena sy sangat menggemari pelajaran Fisika saat sekolah dulu.

03 Jun
Balas

Terima kasih Bu Dewi. Salam kenal dan sukses selalu.

03 Jun

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Batang atau Dinas Pendidikan Kabupaten Batang. Maaf kalau keliru. Sukses ya teman..

03 Jun
Balas

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (2016). Klu sekarang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sepertinya begitu Pak Erwan. Saya tunggu artikel "Perjalanan Menuju OGN 2016 dari Provinsi Bengkulu". Semangat Pak Erwan!

03 Jun

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Batang atau Dinas Pendidikan Kabupaten Batang. Maaf kalau keliru. Sukses ya teman..

03 Jun
Balas

Selalu menginspirasi bu Tri....

27 Feb
Balas



search

New Post