Trisiwi Nursiamah,S.Ag.

Guru MTsN 1 Kota Blitar Jawa Timur. Dilahirkan di bumi Bung karno Kota Blitar Jawa Timur. Beralamat di Jl. Suryat No. 52 Kota Blitar....

Selengkapnya
Navigasi Web

BELAJAR TAJWID YU...K! (1), tantangan ke 12 tagur

BELAJAR TAJWID YU...K! (1)

Sebagai sebuah ibadah, membaca al-Qur’an haruslah sesuai ketentuan yang disebut “ilmu Tajwid”. Tajwid secara bahasa berasal dari kata jawwada, yujawwidu, tajwiidan artinya membaguskan atau menjadikan bagus, dapat pula diartikan sebagai "al-ityaanu biljayyidi" "segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan".

Tujuan mempelajari Ilmu Tajwid adalah agar dapat membaca ayat-ayat Al Qur’an secara benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Saw, sehingga dapat memelihara lisan dari kesalahan-kesalahan ketika membacanya. Begitu pentingnya ilmu Tajwid dalam menjaga bacaan dan makna dari ayat-ayat Al Qur’an. Hukum mempelajari ilmu Tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardhu kifayah, namun hukum membaca al-Qur’an dengan memakai aturan Tajwid adalah fardhu 'ain. Syeikh Ibnul Jazari menjelaskan: "Membaca al-Qur’an dengan Tajwid, hukumnya wajib. Siapa saja yang membaca al-Qur’an tanpa memakai Tajwid, hukumnya dosa. Karena sesungguhnya Allah menurunkan al-Qur’an dengan Tajwidnya.

Demikianlah yang sampai kepada kita dari-Nya. Mari kita mengawali belajar dan mengamalkan Tajwid dengan niat yang baik karena Allah Swt. sehingga kita mendapatkan manfaat dan pahalanya serta tidak ada kesia-siaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post