Trisna Nofita.S.E

Nama Saya Trisna Nofita.S.E Guru Ekonomi Di Man 1 Sijunjung ,Sumatera Barat i Waka Humas. Facebook _Trisna Nofita IG _ Chie_Iet TT_ Bunda26...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Aktif (Active Learning)
Active Learning

Pembelajaran Aktif (Active Learning)

PEMBELAJARAN AKTIF ( ACTIVE LEARNING )

UNTUK PESERTA DIDIK

Penulis : Trisna Nofita,SE (Guru Man 1 Sijunjung ,Waka Humas )

                                                             

                                                                     

 

 

Kegiatan belajar aktif tidak lepas dari peran seorang guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan efisien.

Apa itu Pembelajaran Aktif atau terkenal dengan Active Learning adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang membangun keaktifan peserta didk selama proses pembelajaran dimana menekankan keterlibatan seluruh indra.

Pembelajaran Aktif penting karena:

• ‘Mengalami’ dalam belajar melibatkan banyak indera sehingga pemahaman konsep akan lebih mantap;

• ‘Interaksi’ dapat mendorong siswa untuk bereaksi terhadap pendapat siswa lain dan dapat menimbulkan ‘refleksi’ pada diri siswa lain tersebut; 

• ‘Komunikasi’ dapat mendorong siswa untuk berani dan lancar dalam mengungkapkan gagasan;

• ‘Refleksi’ dapat memunculkan sikap untuk mau menerima kritik dan memperbaiki diri, baik terkait gagasan, hasil karya, maupun sikapnya.

Berpegang pada gagasan yang disampaikan oleh Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas

 (2010 ), berikut ini disajikan sejumlah ciri-ciri terjadinya pembelajaran aktif dikelas :

 

1. Kegiatan belajar suatu komptensi dikaitkan dengan kompetensi lain pada suatu mata pelajaran atau mata pelajarn lain.

2. Kegiatan belajar menarik minat Peserta didik

3. Kegiatan belajar terasa menggairahkan peserta didik.

4. Semua pesera didik terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar

5. Mendorong peserta didik berpikir secara aktif dan kreatif

6. Saling menghargai pendapat dan hasil kerja ( karya ) teman.

7. Mendorong rasa ingin tahu peserta didik untuk bertanya

8. Mendorong peserta didik melakukan (Eksplorasi) penjelajahan

9. Mendorong peserta didik mengepresikan gagasan dan perasaan secara lisan ,tertulis dalam bentuk gambar,produk 3 demensi,gerak ,tarian dan permainan

10. Mendorong peserta didik gar tidak nerbuat kesalahan.

 

Untuk menciptakan hal diatas tentu teman –teman guru bukan hal yang mudah tapi butuh waktu dalam pelaksanaannya,

 

Jadi rekan guru semua untuk membuat siswa aktif dalam  kelas bisa kita lakukan hal  dintara sebagai berikut ini :

1. Dalam membuka pelajaran jangan selalu dengan proses menerangkan tapi dengan

pertanyaan,agar pikiran dan wawasan mereka segera mencerna  dan berpikir kritis

2. kemudian jelaskn apa manfaat dari dia menjawb pertanyaan tadi sesuai dengan KD yang di pelajari dalam kehiduan sehari –hari.

3. Biasakan memberikan pujian atau tepuk tangan atau reward sederhana kepada peserta didik yang berhasil menjawab pertanyaan yang kita berikan,dan berikan sedikit penguatan kalau ada sedikit kurang pas atau kurang lengkap jawaban mereka.

4.Biasakan dalam kelas menciptakan suasana kekelurgaan yaitu berdiskusi bersama dan saling melengkapi dengan peserta didik lainnya.jangan monoton dan kaku selalu didominasi oleh guru saja.

5. Berikan peserta didik kesempatan atau waktu seluasnya memberikan masukan atau pendapat dari materi yang dia pahami atau tidak dia pahami,agar siswa lebih leluasa berekpresi dan berpendapat aktif dan menciptakan semangat belajar aktif.

6. Dalam penutup peljaran berikan beberapa orang peserta didik untuk mengeluarkan pendapat dalam memberikan resume pelajaran ,dan akhiri dengan penguatan dari guru.

7. Kalau pembelajaran terasa agak sedikit kaku kita bisa melakukan ICE BREAKING atau hiburan sejenak pengisi kejenuhan belajar siswa.

 

Amatilah pembelajaran di kelas (Kelas sendiri atau kelas guru lain) dengan kerangka pikir unsur-unsur belajar aktif:

MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI dan REFLEKSI 

(MIKiR),

• perhatikan apakah unsur-unsur tersebut muncul dalam kegiatan pembelajaran?

Sealamat belajar aktif para pejuang pendidikan mencerdaskan anak bangsa dngan iklas dan penuh suka cita.ayo guru hebat guru yang bermartabat dan berpretasi.

( Penulis,Trisna Nofita,S.E. Guru bidang study Ekonomi Man 1 Sjunjung Sumbar,Waka Humas dan Fasda Ekonomi 2021 )

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

26 Feb
Balas

Salam thanks supoort bapak

28 Feb
Balas



search

New Post