Triyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Membuka Pintu Kreativitas dengan Membuat Kenampakan Alam Sederhana menggunakan Plastisin

A. PERENCANAAN 

Pembelajaran kreativitas pada peserta didik kelas 2 SD penting untuk merangsang perkembangan otak dan membuka potensi kreatif mereka. Anak-anak pada usia kelas 2 SD memasuki fase kreativitas yang tinggi  Membangkitkan rasa ingin tahu dan dan daya imajinasi peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang bersifat proyek yang menyenangkan dan mendidik. Proyek pembelajaran dengan memanfaatkan media plastisin untuk membuat kenampakan alam sederhana dapat menjadi cara yang menyenangkan dan efektif untuk membangkitkan imajinasi dan keterampilan motorik pada peserta didik.

Pembelajaran IPA di SD Al Muslim menjadi pelajaran unggulan berbasis karakter dengan 4 JP tiap pekan (2 JP pemahaman materi dan 2 JP pada jam PJBL . Salah satu materi yang diajarkan pada kelas 2 adalah materi modul 2 semester 1 yaitu Kenampakan Permukaan Bumi. Agar pembelajaran materi ini lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik, maka  menggunakan model pembelajaran berbasis projek (PJBL) yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran di antaranya adalah IPA, SBdP, Leadership, dan GE dengan model PJBL  yaitu membuat kenampakan alam sederhana  dengan media plastisin diharapkan peserta didik mampu  memahami konsep dasar tentang kenampakan permukaan bumi, mengembangkan kreativitas melalui proses membuat kenampakan alam sederhana dan meningkatkan kemampuan motorik halusnya melalui manipuasi plastisin serta melatih kerjasama karena media praktek disediakan secara berkelompok.

PJBL yang direncanakan dengan tahapan sebagai berikut :

1.      Penjelasan tentang materi Kenapakan Permukaan Bumi (melalui modul di digislamic)

2.     Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok  

3.     Menyiapkan alat, bahan dan media yang akan digunakan untuk praktek

4.     Pelaksanaan praktek

5.     Evaluasi praktek

 

B. PELAKSANAAN

          Kegiatan PJBl ini dilaksanakan sesuai tahap perencanaan dilaksanakan di kelas dibimbing dan dipantau oleh guru kelas dengan memakai waktu PJBL tepatnya pada pekan ke 2 November 2023 di siang hari untuk kegiatan praktek, untuk penjelasan materi disesuaikan pada jam pelajaran masing-masing.

Pertama, Peserta didik memperoleh pengetahuan tentang Kenampakan Permukaan Bumi mata pelajaran IPA pada jam pelajaran

Kedua, Peserta didik diarahkan oleh guru kelas dibagi menjadi 5 kelompok kecil PJBL

Ketiga, Guru kelas menyiapkan bahan-bahan praktek  yaitu plastisin warna-warni, potongan kardus bekas untuk alas,

Keempat, Peserta didik melaksaksanakan praktek diarahkan dan dibimbing oleh guru kelas dengan media disediakan secara berkelompok. Peserta didik diarahkan untuk mengerjakan dengan fokus, kreatif, rapi dan bekerjasama dengan kelompok

Kelima, guru memberikan evaluasi terkait kegiatan praktek dan memberi penilaian hasil praktek

 

C. VISUAL HASIL

   

 

 

 

 

Materi yang disampaikan

di digislamic

 

 

               

 

 

 

 

 

                                                                 

      

 

 

 

 Bahan Praktek

                                                              Proses praktek                      

 Hasil Praktek

               

 

 

 

 

 

 

 

                                                                     

 

 

 

 

Hasil Karya Peserta didik  dipresentasikan dengan percaya diri

D. TINDAK LANJUT

          Untuk mengoptimalkan hasil belajar dan praktek serta mengapresiasi kegiatan belajar berbasis projek peserta didik, Maka  tindak lanjut yang dilakukan oleh guru kelas adalah ;

1.      Memberikan apresiasi penilaian bahwa hasil semua peserta didik baik untuk memunculkan rasa percaya diri, namun tetap memberikan catatan bagi hasil peserta didik secara individu ( ada catatan penilaian kerapian, kreativitas dan Kerjasama)

2.    Mengevaluasi Kerjasama dalam kelompok agar pada kegiatan praktek pembelajaran secara berkelompok lebih tertib dan fokus

3.     Guru memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik agar terus meningkatkan kemampuan motorik halusnya dengan melakukan kegiatan-kegiatan motorik halus agar peserta didik lebih mandiri, fokus, kreastif dan seimbang.

4.      Hasil karya peserta didik akan ditampilkan dan disimpan di rak media yang tersedia di kelas

5.    Peserta didik  dapat merasakan kegembiraan dalam belajar sambil mengembangkan keterampilan kreatif dan imajinasi mereka

6.    Menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan informatif bagi peserta didik kelas 2 SD mengenai kenampakan permukaan bumi dengan menggunakan plastisin

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post