Tri Yuni Kris

Tumbuh dari ketidakmampuan dan keterbatasan, namun bisa bangkit dan membuktikan bahwa dari keterbatasannya bisa berprestasi. Lahir dari tiga bersaudara dari Suh...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGABDIAN MASYARAKAT SDN PANDEAN 02 GROGOL SUKOHARJO

PENGABDIAN MASYARAKAT SDN PANDEAN 02 GROGOL SUKOHARJO

Pandeyan, 4 November 2017.

Sabtu sore kemarin siswa SD Negeri Pandean 02 Grogol diberi kesempatan ganda dari masyarakat Pandeyan yang sedang melakukan hajatan. Karawitan SD Negeri Pandean 02 Grogol diminta main, untuk mengisi hiburan sebelum yang empunya gamelan dijadwalkan main. Orang tua siswa menjadi bangga melihat penampilan putra-putrinya, pemilik hajatan pun mendapat untung dengan memberikan suguhan karawitan yang berkesinambungan. Siswa menjadi terlatih berani tampil di depan umum, bangga karena bisa menunjukkan kepiawaian mereka. Kesempatan berlatih memainkan karawitan di hadapan masyarakat, menunjukkan kepiawaian dalam memainkan gamelan serta melantunkan tembang dolanan, Kebo Giro, Singo Nebah, Gugur Gunung, dan Langgam Sukoharjo Makmur.

Petama tampil di muka umum, saat masyarakat melakukan bersih desa dengan kegiatan wayangan semalam suntuk. Siswa mengisi waktu luang sebelum niyogo datang, tetapi tentu saja seijin panitia dan pemilik gamelan. Jadi teringat saat itu mendapat pujian dari dalang bahwa pendidikan karakter SD kami patut diacungi jempol. Melalui ekstra karawitan ini siswa juga dilatih untuk bertutur kata sopan, paham tatakrama.

Sejak tampil perdana di acara bersih desa tiga tahun lalu membawa daftar pesan main di acara hajatan masyarakat. Bukan uang yang kami harapkan tetapi pembelajaran pelayanan sekolah terhadap masyarakat. Pembelajaran berani tampil yang membawa siswa lebih percaya diri.

Saat ini banyak anak yang jauh dari sopan-santun dan tata krama yang baik. Dalam bersikap juga sering semaunya sendiri. Seni dapat membawa perasaannya menjadi halus, anak menjadi dapat dikendalikan, mempunyai kepribadian yang positif. Sangat diperlukan penyaluran bakat dan minat siswa sesuai minat dan bakat dari siswa. Penyaluran bakat dan minat yang mengandung unsur seni dapat mempengaruhi perasaan serta sikap siswa. Saat ini banyak anak yang jauh dari sopan-santun dan tata krama yang baik. Dalam bersikap juga sering semaunya sendiri. Seni karawitan dapat membawa perasaannya menjadi halus, anak menjadi dapat dikendalikan, mempunyai kepribadian yang positif. Sangat diperlukan penyaluran bakat dan minat siswa sesuai minat dan bakat dari siswa. Penyaluran bakat dan minat yang mengandung unsur seni dapat mempengaruhi perasaan serta sikap siswa.

Sekolah kami menyalurkan bakat dan minat siswa ke dalam Ekstrakurikuler sekolah. Ekstrakurikuler sekolah dilaksanakan di luar jam sekolah. Pelaksanaan ekstra antara pukul 13.00 WIB atau pukul 14.00 WIB. Ekskul bertujuan supaya siswa mampu bekerja sama dengan orang lain, dapat menggali, menemukan, dan mengembangkan potensi kemampuannya. Kegiatan ekskul juga bermanfaat terhadap perilaku, kemampuan, sikap, serta kreatifitas yang berbeda-beda.

Terus tunjukkan pelayanan sekolah kepada masyarakat, sebagai bakti pengabdian sekolah kepada masyarakat. PANDAWA...PANDAWA...Pandean Dua Jaya. Okey...okey...ya!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post