Tuti Yuliana

Menjalani masa kecil dan remaja di Desa Talang Jali. Mulai berkarir sejak tahun 2008...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lahan Sempit, Keinginan Selangit (T.Hari 85)
Pic, ; koleksi pribadi tanaman sayur

Lahan Sempit, Keinginan Selangit (T.Hari 85)

#Tantangan Gurusiana Hari ke-85

Tinggal di sebuah perumahan dengan lahan yang terbatas, dan halaman yang sempit tapi keinginan selangit. Lahan sempit, tapi semua tanaman ingin di tanam. Mulai dari bunga, buah, hingga tanaman jenis pohon pelindung dan sayuran.

Teriknya matahari sore membuat keinginan untuk menanam halaman depan dengan sebuah pohon yang bisa melindungi rumah dari sinar matahari sore secara langsung. Alhamdulillah, cara ini sedikit efektif. Meskipun hawa panas masih terasa dari dalam rumah, tapi cukup lumayan dari sebelum adanya pohon di depan rumah. Yang rasa panasnya sungguh luar biasa. Pohon nya tidak hanya sebagai pelindung, namun pohon jambuku sekarang sedang berbuah dan buahnya bisa juga dinikmati karena rasanya sangat manis dan renyah

Ingin sebuah pemandangan yang menyejukkan mata, dan membuat rumah menjadi menarik. Akhirnya jatuh pada pilihan untuk menanam bunga-bunga di pot-pot bahkan di kaleng bekas makanan dan cat. Bersyukur, semua tanaman tumbuh subur.

Memanfaatkan kaleng bekas dan deum bekas, akhirnya muncul ide untuk menanam sayur. Kebetulan ada bibit pemberian penjaga sekolah. Bibit kacang panjang dan gambas, akhirnya kutanam. Dengan jarak yang berdekatan karena keterbatasan tempat. Alhamdulillh tumbuh, dan sekarang sedang berbuah. Setidaknya jika sudah tumbuh besar, buahnya bisa kupetik untuk dimasak. Senangnya bisa memanfaatkan hasil tanaman sendiri.

Sawahlunto, 27 Juli 2020

TutiYu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat berbenah, semangat berkarya. Salam literasi. Salam dari Labura.

27 Jul
Balas

Wah enakk bu kalaunpanen bisa masak dari hasil kebun. Salam literasi.

27 Jul
Balas



search

New Post