Tyas Susilowati

Tyas Susilowati. Motto: Hidup Bermanfaat bagi sesama Senang dan Bahagia adalah energi positif untuk melangkah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Megahnya Istanamu, Dahsyatnya Seranganmu.

Megahnya Istanamu, Dahsyatnya Seranganmu.

Gundukan tanah menjulang, pasti tidak mudah membangunnya. Perlu kerjasama yang mantap baik pekerjanya maupun manajemennya.

Konon kabarnya gundukan tanah itu bisa mencapai sembilan meter. Jika dilihat luarnya hanyalahgundukan tanah yang menjulang tinggi, tetapi jika kita lihat dalamnya sungguh menakjubkan penataan ruangannya.

Perlu teman-teman ketahui bawa Rayap ini adalah serangga yang unik dan luar biasa. Ia memiliki kelebihan yang diberikan Allah untuknya yaitu kebutaan matanya dan memiliki enzim Selulase penghancur kayu.

Walaupun Rayap itu buta matanya tetapi ada kehebatan yang dimiliki oleh rayap, mereka tunduk patuh pada perintah Allah. Membangun sarangnya siang malam, dengan ilham yang diberikanNya pada rayap.

Bangunan menjulang tinggi tersebut berdiri kokoh dengan bahan baku sisa-sisa kunyahan kayu dari mulutnya. Rayap mempunyai enzim Selulase yang dapat menghancurkan kayu.

Hidup Rayap berkoloni. Rayap terdiri dari Ratu yang badannya besar, yang tugasnya bertelur, ada rayap pekerja dan rayap prajurit yang bekerja dan menjaga sarangnya tanpa kenal waktu.

Hebat membangun istana, ternyata hebat pula merobohkan rumah , kapal dan bangunan lainnya. Bermodal enzim selulase yang dimilikinya yang bersimbiose mutualisme dengan protozoa jenis Flagellata, rayap dapat merobohkan rumah.

Untuk sebagian masyarakat dunia, rayap bisa digunakan sebagai bahan pangan , yang konon kabarnya rasanya gurih seperti daging ayam, protein yang dikandungnya lumayan tinggi.

Bisa menjadi bahan renungan kita semua tentang rayap ini, serangga kecil dengan keterbatasan matanya tidak bisa melihat tetapi Ia dapat membangun istana megah dan dapat menghancurkan bangunan yang megah juga.

Masihkah kita sombong saat ini?

Masihkah kita malas juga saat ini?

Yang nota bene kita tidak punya banyak kelebihan untuk menghadapi hidup.

Tetap semangat teman-teman, hilangkan sifat sombong dan malas, dengan akal budi kita dapat mengembangkan diri kita dan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di negeri ini.

Selamat menikmati Week End bersama keluarga tercinta.

Dari berbagai sumber

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga menjadi pembelajaran untuk tidak sombong. Salam sukses b Tyas.

03 Nov
Balas

Maturnuwun pak darto

03 Nov

Mantaap Mbak Tyas...mari belajar dari rayap, dengan keterbatasan mari tetap berkarya...Smoga sukses slalu Mbakyuuuu syantiik

03 Nov
Balas

Insyaallah, terbatas semakin membuat hebat.

03 Nov
Balas



search

New Post