Uki Lestari

Perempuan kelahiran Sitiung II, 30 Juli 1987 ini adalah anak ke-5 dari tujuh bersaudara. Dibesarkan dari almarhumah ibu yang juga guru, membuat cita-citanya jug...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kiamat dan Pembagian Tiga Golongan
Kiamat dan Pembagian Tiga Golongan

Kiamat dan Pembagian Tiga Golongan

Kiamat dan Pembagian Tiga Golongan

Oleh: Uki Lestari

Rukun iman kelima adalah percaya akan adanya hari kiamat, hari akhir. Masa itu pasti akan tiba, semua sudah dijelaskan dalam Al-Quran, salah satunya di Surah Al-Waqiah. Dan kita semua akan berhadapan dengan hari itu, tak satu pun yang luput darinya. Selagi manusia yang hidup di dunia, sekalipun itu bayi yang gugur di kandungan ibunya, juga akan bertemu dengan hari akhir itu.

Di hari kiamat, hari yang tak dapat disangkal keberadaannya, kelak akan menjadikan golongan manusia terbagi-bagi. Di hari itu, bumi diguncang sedahsyat-dahsyatnya, gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya, maka jadilah ia debu yang beterbangan. Di hari itulah, manusia direndahkan dan ditinggikan berdasarkan golongan yang patut ia terima sesuai dengan amalannya semasa hidup di dunia.

Golongan manusia itu terbagi menjadi tiga golongan. Golongan kanan, golongan kiri, dan golongan orang-orang yang paling dahulu beriman.

Golongan orang-orang yang paling dahulu beriman, itulah orang-orang yang dekat kepada Allah. Mereka berada dalam surga kenikmatan. Mereka berada di atas dipan-dipan yang bertakhtakan emas dan permata, mereka pun bersandar di atasnya dengan berhadap-hadapan. Mereka juga dikelilingi anak-anak muda yang tetap muda, mereka dibawakan gelas, cerek, dan sloki yang berisi minuman yang diambil dari air mengalir. Air tersebut tidak memabukkan. Mereka juga digelimangi oleh buah-buahan dan daging burung apa pun yang mereka inginkan. Tak tertinggal, mereka ditemani bidadari-bidadari yang bermata indah, laksana mutiara yang tersimpan baik. Di sana mereka tak mendengar kata-kata yang sia-sia maupun yang menimbulkan dosa, melainkan ucapan salamlah yang terdengar. Semua itu adalah balasan atas apa yang mereka kerjakan selama di dunia. Golongan ini adalah mereka yang banyak dari orang-orang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian.

Disebut dengan golongan kanan, yaitu orang-orang yang sangat mulia. Orang-orang yang didominasi oleh orang-orang terdahulu dan sebagian kecil orang yang kemudian. Golongan kanan ini kelak berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun rapi. Mereka juga berada di bawah naungan yang terbentang luas, airnya mengalir terus menerus, buahan-buahan di sana banyak, yang tak berhenti berbuah dan tak terlarang mengambilnya. Mereka juga diberikan kasur-kasur yang tebal lagi empuk, ditemani bidadari yang sebaya dan perawan, yang dipenuhi cinta.

Terakhir adalah golongan kiri, golongan yang sangat sengsara di kehidupan abadinya. Mereka dihadapkan pada siksaan angin yang sangat panas dan air yang mendidih. Mereka berada di bawah naungan asap hitam yang tak sejuk apalagi menyenangkan. Dulunya di dunia mereka hidup bermewah-mewahan dan mengerjakan dosa besar. Orang golongan kiri ini juga orang yang mengingkari akan Hari Kebangkitan.

Hari Kiamat, hari yang merendahkan satu golongan dan meninggikan golongan lain. Hal ini terdapat dalam surah ke-56 yang memiliki ayat 96 ayat. Surah ini menjelaskan akan Hari Kiamat itu terjadi dan balasannya kepada orang yang beriman dan orang kafir. Di Surah Al-Waqiah ayat 1-74 dijelaskan semuanya. Semoga kita termasuk kepada golongan kanan yang dimuliakan atau golongan yang beriman terlebih dahulu yang berada dalam surga kenikmatan. Aamiin.

Muara Panas, 6 Desember 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap sekali tulisannya, kmn. Semoga kita termasuk golongan yang dimuliakan Tuhan. Aamiin, ya Allah

07 Dec
Balas

Aamiin yaa Rabb. Mokasih, Mamak yang menjadi teladan kamanakan-kamnakannyo.

07 Dec

Semoga kita termasuk golongan kanan yang dimuliakan pada hari kiamat nanti. Aamiin. Salam literasi

06 Dec
Balas

Aamiin yaa rabbalaalamiin. Makasih kunjungannya, Pak Isak. Barakallah.

06 Dec



search

New Post