ULFA WAHYUNI, S. Pd.I.

Anak ke tiga dari empat bersaudara ini Lahir di Langsa Aceh Timur, menempuh kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2004-2008. Saat ini aktif mengajar d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Daring dan Motivasi Siswa

Belajar Daring dan Motivasi Siswa

 

Tantangan Hari ke -71

#TantanganGurusiana

Oleh: Ulfa Wahyuni, S.Pd.I.

             Pembalajaran daring sudah berlangsung selama 4 hari. Di hari terakhir sekolah beberapa peserta didik sangat antusias menanyakan tugas mereka. Kepala sekolah dan guru memberikan bimbingan dan arahan tentang proses pembelajaran dari jarak jauh.

            Aneka jenis pembelajaran jarak jauh ditawarkan di media sosial. Berbekal kemauan yang kuat dan paket internet, guru mampu belajar secara otodidak tentang pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh dapat menggunakan WA, pesan suara, google formulir, google classroom, aplikasi webex dan masih banyak jenis lainnya.

            Setelah 4 hari membimbing pembelajaran daring, Saya mencoba membuat prosentase. 73% peserta didik Saya melaksanakan pembelajaran daring dengan baik sesuai jadwal pembelajaran. 18 % peserta didik harus diingatkan terus menerus dalam pembelajaran. Walaupun pada akhirnya peserta didik yang 18 % ini menyelesaikan tugas daring mereka. Sisanya, 9 % peserta didik saya berada dalam kategori sulit membuat tugas daring.

            9 % peserta didik Saya ini adalah peserta didik yang dalam kelas nyatapun sulit mengkuti pembelajaran dengan baik. Jika dalam ruang kelas, motivasi peserta didik ini dapat di tambah dengan berbagai cara. Cara menambah motivasi belajar mereka dapat dilakukan dengan memanggil nama untuk mengembalikan konsentrasi, menepuk – nepuk punggung, duduk lebih dekat dengan mereka, memperhatikan progres tugas mereka.

            Peserta didik  Saya yang 9 % ini adalah tipe yang meminta perhatian ekstra dalam pembelajaran di ruang nyata. Saat pembelajaran daring mereka tak bergeming. Bagaimana memanggil mereka. Bagaimana menepuk punggung mereka untuk sekedar memotivasi. Mereka mungkin memegang hape tapi tidak untuk pembelajaran.

WaAllahu ‘ alam

Tanjung Emas, 25 Maret 2020

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

semoga pembelajarannya bermakna, bisa pengganti tatap muka.tulisannya mantul

25 Mar
Balas

Alhamdulillah, masih dalam proses belajar Pak.

26 Mar

he...he...iya juga. gimana kalau ditelfon ulfa

25 Mar
Balas

Ide bagus uni.

26 Mar



search

New Post