ULFA WAHYUNI, S. Pd.I.

Anak ke tiga dari empat bersaudara ini Lahir di Langsa Aceh Timur, menempuh kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2004-2008. Saat ini aktif mengajar d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Reward yang Bermakna (97)

Reward yang Bermakna (97)

#Gurusiana365

Oleh: Ulfa Wahyuni, S.Pd.I.

Hari ini adalah sesi ketiga pembelajaran dari rumah masing - masing peserta didik. Mengapa Saya menyebut sesi ketiga? Karena proses pembelajaran dari rumah sudah didasari dengan tiga Surat Edaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan setempat. Pada sesi tiga ini semangat peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah sudah mulai menurun. Keadaan ini saya simpulkan berdasarkan partisipasi peserta didik mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran yang saya ampu. Sepertinya ini berlaku untuk semua mata pelajaran berdasarkan ko komentar para guru di grup WA kelas.

Menurunnya semangat peserta didik mengikuti pembelajaran dari rumah menuntut kreativitas guru. Guru ditantang untuk lebih kreatif mengemas pembelajaran yang akan disajikan. Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran daring. Namun guru juga harus memutar otak agar proses pembelajaran yang disajikan tidak menguras kuota internet peserta didik. Kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien itu yang harus disajikan guru.

Hari ini Saya mengadakan Ulangan Harian atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Penilaian Harian. Saya mengumumkan tiga hari sebelumnya tentang ujian ini. Untuk menambah semangat peserta didik saya menjanjikan hadiah bagi nilai UH/ PH tertinggi. Hadiahnya sederhana saja, berupa paket internet. UH/ PH akan diadakan setelah Salat Zuhur jam 13.00 sampai jam 14.00 sesuai dengan jadwal pelajaran Saya biasanya di hari yang sama.

Terlihat peserta didik nampak sangat antusias. Sejak malam hari mereka sudah menanyakan apakah ujian jadi dilaksanakan esok hari.

Saya jawab "Jadi nak, silahkan belajar untuk persiapan siang nanti". Terlihat tidak sabar, peserta didik sudah bersiap di grup WA kelas 15 menit sebelum pukul 13.00.

"Mungkin ini karena reward yang Saya janjikan 3 hari yang lalu" pikir Saya.

Pukul 13. 10 ujian dilaksanakan. Alhamdulillah semua peserta didik ikut serta. Hal yang membahagiakan adalah peserta yang biasanya acuh dengan tugas pembelajaran pun ikut serta dalam UH. Ada juga peserta didik yang meremedi sendiri hasil kerjanya. Hal ini dapat dilihat dari laporan pelaksanaan UH yang berulang dengan nama yang sama.

"Alhamdulillah, tapi jangan sering- sering UH pakai reward ya Nak, nanti Ibu bankrut."

Tanjung Emas, 20 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kreatif. Barakallah, semoga selalu diberi nikmat sehat dan bahagia, Bu Ulfa, aamiin Yaa Mujibassailiin.

21 Apr
Balas

Alhamdulilah, doa yang sama untuk Bu Dian.

21 Apr

Kreatif....,ammiiitt

21 Apr
Balas

Alhamdulillah Uni.

21 Apr



search

New Post