Umi Fadilah, SE

Umi Fadilah, SE. Guru di MTsN 5 Tulungagung. Mengajar mata pelajaran IPS. Mencoba belajar menulis di media ini sebagai usaha mengasah kemampuan diri. Semo...

Selengkapnya
Navigasi Web
OTW

OTW

#Tulisan keempat bulan September

“Kamu sudah dimana ini?”tanya aziz

“Sudah OTW ini “ jawab Reni

Percakapan seperti itu seringkali kita dengar bahkan kita juga lakukannya. Penggunaan istilah ini menjadi sangat familiar ditengah percakapan kita sehari-hari. Menilik kalimat otw alias on the way yang aslinya adalah bahasa asing digunakan untuk mewakili keterangan aktifitas yang sedang dikerjakan. Istilah ini sekarang seolah melebur menjadi bahasa kita. Bahkan seperti sudah melumat menjadi satu kesatuan utuh yang sulit untuk dipisahkan.

Tidak jelas siapa yang mulai menggunakan istilah ini, atau terlepas siapa yang memulai yang jelas penggunaan istilah ini membuat bahasa kita menjadi penuh warna. Jika kita perhatikan di TV, bahasa Indonesia kita menjadi sangat kacau. Misal, seingat saya dulu guru bahasa Indonesia mengajarkan tentang penggunaan kata aku, ku, kamu, mu, dia, nya dll. Tapi sekarang saya suka bingung kalau dengar ada yang disampaikan di TV. Misal “ Kenalkan ini teman aku” yang dulu “ kenalkan ini temanku” dll. Bagaimana pendapat guru Bahasa Indonesia?

Kembali ke istilah otw, meskipun ini mewaliki penjelasan “sedang dalam perjalanan” atau “sedang jalan”, semoga istilah ini bukan digunakan untuk mengaburkan apa yang sedang dilakukan. Sebab, kadang otw ini hampir dipakai seperti Insyaallah yang sering hanya dipakai untuk alibi saja. Dan semoga istilah otw ini tidak membuat generasi kita lupa dengan penggunaan bahasa Indonesia yang sebenarnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju Bund. Terlebih kata insyaallah yang menggunakan nama Allah, harus lebih hati-hati. Sukses selalu dan barakallahu fiik

04 Sep
Balas

setuju bunda

05 Sep

Sekarang bukan otw lagi bu umi, sekarang robah jadi BMW..Bismillhi majrehaa wamurshaha..Gitu bu bumi..Dalam sehat ya...

04 Sep
Balas

he..he..bmw

05 Sep

Oh gitu ya....

04 Sep
Balas

Bener bunda, ada juga yang menggantinya dengan istillah bmw (bismillahi majreeha wal mursaha), tulisan yang apik, sukses selalu

04 Sep
Balas

trm kasih

05 Sep

mantap penjelasannya.

04 Sep
Balas



search

New Post