Umi Lestari

Penulis adalah guru Bahasa Inggris alumni dari IKIP Malang dan S2 di UNIPMA. Saat ini ia mengajar di MTsN 12 Madiun. Baginya, menjadi guru penulis d...

Selengkapnya
Navigasi Web

Apa yang Kau Makan Hari Ini, Menentukan Kesehatanmu Esok Hari

Suatu hari kami berkesempatan untuk mendatangi acara arisan keluarga. Keluarga besar kami memang mengadakan kegiatan itu setiap bulan sekali, untuk menjaga persaudaraan dari keluarga besar Bani Abu Hasyim. Tujuan arisan keluarga ini sangat bagus, agar silaturahmi tetap terjaga.

Sampai dilokasi arisan, suasana masih belum ramai. Belum banyak yang hadir. Akhirnya setelah menunggu beberapa saat acarapun dimulai. Doa-doa, dzikir, tausiyah, arisan dan lain-lain dilaksanakan dengan lancar.

Saat acara sudah selesei dan berpamitan, saya bersalaman dengan salah satu saudara. Saya tanyakan kenapa istrinya tidak datang dalam arisan itu. Ternyata istrinya sedang sakit. Maka kamipun memutuskan untuk menjenguknya.

Sesampai dirumahnya, kami mendapati istri saudara kami tersebut tidak bisa berjalan lancar. Saat ini ia sedang menjalani fisioterapi. Menurut kisahnya, semua itu berawal ketika ia makan durian dalam jumlah yang banyak. Mumpung musim durian, katanya. Sejak saat itu, berbagai gejala dirasakannya. Kolesterol dan asam uratnya naik. Lututnya sakit untuk berjalan ...

Belajar dari kasus diatas, kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Sesuaikan dengan usia kita, apakah makanan yang kita makan baik untuk tubuh kita. Seringkali kita mengkonsumsi makanan karena rasanya yang enak atau karena kita suka, namun tidak mempertimbangkan apakah ada efeknya atau tidak. Beresiko atau tidak untuk tubuh kita.

Bagi anak usia pertumbuhan, makan apa saja yang penting sehat, bergizi dan halal sangat dianjurkan untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Namun bagi usia sudah dewasa bahkan tua, tidak semua makanan baik untuk tubuh kita. Menggali informasi tentang makanan yang baik, sehat dan menyehatkan sangat perlu bagi kesehatan kita.

Makanan dan kesehatan sangatlah dekat korelasinya. Banyak orang sakit karena makanan dan banyak orang sehat juga karena makanan. Maka kita harus pintar memilih dan mengatur makanan demi kesehatan kita. Seperti ungkapan Apa yang Kau Makan Hari Ini, Menentukan Kesehatanmu Esok Hari, tepat sekali. Yuk, jaga kesehatan dengan menjaga makanan kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siap mkn sht, bunda. Smga kt sllu diberi-Nya kesehatan. Amin

12 Dec
Balas

Aamiin..terima kasih Bund. Semoga sehat selalu

12 Dec



search

New Post