Umi Lestari

Penulis adalah guru Bahasa Inggris alumni dari IKIP Malang dan S2 di UNIPMA. Saat ini ia mengajar di MTsN 12 Madiun. Baginya, menjadi guru penulis d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Renungan Menjadi Tamunya Allah

Renungan Menjadi Tamunya Allah

Ibadah haji atau umroh merupakan ibadah yang istimewa. Tidak seperti ibadah yang lainnya yang bisa dilakukan dirumah atau daerahnya sendiri, haji atau umroh harus dilakukan di Tanah Suci Mekah dan Madinah. Karena jaraknya yang begitu jauh sudah pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Puluhan hingga ratusan juta perjamaah.

Walaupun membutuhkan biaya yang banyak namun tidak semua orang kaya bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh. Banyak orang yang hartanya melimpah namun belum bisa melaksanakan haji dan umroh. Sebaliknya, orang yang hartanya pas-pasan banyak yang sudah menunaikannya.

Apakah karena kesalehan atau ketaatan kepada Allah? Tidak juga. Banyak orang shaleh, khusyuk, penghafal Al Quran dan ibadahnya luar biasa namun belum dikabulkan oleh Allah SWT. Banyak orang yang setiap hari dan malam berdoa agar bisa pergi ke Baitullah, namun belum dikabulkan oleh Allah.

Sesungguhnya haji atau umroh adalah panggilan dari Allah SWT. Ini adalah undangan jamuan istimewa dari Allah untuk hambanya yang dikehendaki. Bila ternyata yang diundang tersebut orang yang kurang mampu secara financial, maka Allah SWT akan memampukannya dengan rahmat dan karunia Nya. Allah Maha Kaya.

Jadi Haji dan umroh adalah undangan dari Allah SWT ke Tanah Suci Mekah Al Mukharamah dan Madinah Al Munawaroh. Orang yang dipanggil oleh Allah merupakan tamu yang luar biasa. Tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Sebagai tamu hendaknya kita harus bersikap yang baik terutama dirumah yang mengundang. Selama di Tanah Suci kita harus bersikap baik, ikhlas dan ridho dengan apapun yang Allah hidangkan kepada tamunya. Misalnya makanan, penginapan, antar sesama jamaah dan lain sebagainya. Semua yang terjadi tidak lepas dari ketentuan Allah SWT. Kita harus banyak bersyukur atas segala karunia dan kesempatan yang Allah berikan kepada hambanya yang dikehendaki.

Semoga dengan hati yang ikhlas dan ridho akan membawa ibadah haji atau umroh yang mabrur dan diterima oleh Allah SWT. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa menginspirasi bunda

04 Jan
Balas



search

New Post