Umi Samsul Hidayati

Guru di MTsN 6 Jombang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kerja Bakti Dan Sekantung Es Teh

Belajar berinteraksi sosial bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan kerja bakti atau dalam bahasa Jawa disebut roan. Unsur yang paling penting dalam kerja bakti atau roan adalah rasa kesatuan dan persatuan yang kuat dalam mencapai tujuan.

Seperti halnya pagi ini, para siswa kelas IX-B mendapatkan tugas membersihkan ruang kelas dan lingkungan terdekatnya. Mengenakan seragam olahraga, kebanyakan siswa putri melakukan tugas dengan penuh semangat. Tanpa canggung mereka melakukan bersih-bersih ruang kelas, ada yang membalikkan kursi diatas bangku agar memudahkan menyapu lantai, ada yang mengelap jendela kaca dengan kain basah, ada yang merapikan hiasan, ada yang menyapu teras, bahkan ada yang membersihkan papan dengan larutan sehingga papan tulis nyaris nampak baru. Ide-ide bagus pun bermunculan dari gadis-gadis anak wali saya, bahkan ada yang minta membersihkan kipas angin yang menggantung di langit-langit. Nah, untuk yang satu ini saya tidak mengizinkan, semua harus terukur, aman, terkendali.. Maka saya minta salah seorang minta tolong ke teman putranya untuk melakukan tugas mencopot kipas angin ini. Dalam kegiatan pagi ini siswa putra mendapat tugas kerja bakti di lahan belakang madrasah yang siapkan untuk pembangunan gedung baru. Ini bukan diskriminasi laki-laki dan perempuan, hanya karena kebetulan siswa putri tidak ada yang tingginya mencapai kipas angin yg ada di plafon itu. Setelah kipas angin berhasil diturunkan siswa putri pun segera membersihkan kipas angin dari debu yang sudah menutupi sebagian besar permukaan kipas angin. Segera setelah bersih semua, kipas pun dipasang kembali. Dan ini menandai IX-B sudah mencapai tujuan bersama yaitu ruang kelas yang bersih dengan suasana yang lebih nyaman.

Hari semakin siang, ini masih musim kemarau. Saya tidak memantau berapa suhu hari ini, tapi tak beda panasnya dari hari- hari kemarin. Merasakan cuaca seperti ini siapa yang tahan? Dan melihat para siswa seperti ini kasihan juga. Sekedar minum sekantung plastik es teh juga bolehlah untuk mengurangi rasa haus dan gerah yang mendera. Kerja bakti sama-sama, minum es teh sama-sama.. Hemmmm suegerrrrnyaaaa....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bund, kebersihan sebagian dari iman. Sukses selalu dan barakallahu fiiik

29 Nov
Balas

Terima kasih banyak bu Siti Ropiah. Benar bu, kegiatan memupuk iman dan dapat bonu rasa nyaman untuk belajar. Syukron katsiron..

29 Nov

Salam jumpa gurusianers.. Lama tak menulis bikin kagok juga..

28 Nov
Balas



search

New Post