Umi Samsul Hidayati

Guru di MTsN 6 Jombang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mata Kamera (2): Terimakasih Sudah Berbagi
https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1366&bih=608&tbm=isch&sa=1&ei=i-cVXKqLI4b4vgSh0KbYAg&q=1+dibagi+0&oq=1+dibag&gs_l=img.1.0.0j0i5i30j0i24l8.34358.37637..40582...0.0..0.79.484.7......1....1..gws-wiz-img.......0i30j0i8i30.3i_3PA4cdNM#imgrc=itegQ1avaaMUmM:

Mata Kamera (2): Terimakasih Sudah Berbagi

Pasca PAS, di ruang guru sudah penuh dengan bapak ibu guru saling berbincang, ada yang nampak sibuk sekali menghitung angka, ada yang membolak-balik kertas hasil PAS siswa, ada yang datang membawa makanan kecil dan berkata,”Monggo…monggoo…bapak ibu..ini ada jajan dari utara..”. Sementara itu operator duduk disudut kiri serius membuka dan menyiapkan aplikasi rapor yang nampak masih banyak problem untuk bisa diakses para wali kelas maupun guru mapel. Oleh karenanya harus dicarikan alternatif solutif. Ditengah suasana seperti ini ada saja yang bisa memecah kebekuan yang membuat seisi ruang tertawa terbahak, apalagi kalau Abah Jalil yang berbicara tanpa ekspresi berlebihan tetapi sudah membuat yang mendengar terpingkal-pingkal. Beliau ahli membuat singkatan-singkatan lucu, unik, bagus, dan menggelitik, seperti ‘bil bul untuk bilangan bulat, dafnil untuk daftar nilai, kompolan adalah kata plesetan untuk kata kumpulan, dan banyak yang lainnya, mungkin bagi orang lain termasuk pembaca itu tidak bermakna tetapi di ruang guru di madrasah kami sudah membuat orang tertawa.

Ketika ada keputusan bersama bahwa pelaporan hasil PAS menggunakan aplikasi alternatif, saya harus terlebih dahulu menyiapkan masternya supaya ketika dicetak sudah, sadaaaap…nampak indahnyoooo…..… , begitu saya biasa menyebut hasil print out yang nampak rapi dan estetis. Dengan dibantu teman yang mumpuni untuk mengedit bagian tertentu dari aplikasi, master siap di share kepada para wali kelas. E..e.. lha.. dalah.. gangguan muncul. Sinyal WiFi yang sudah disiapkan dengan matang untuk mendukung pengerjaan rapor padam mak pet... Jadilah sharing file master rapor gagal. Saya coba buka gawai untuk buka hotspot, dan ternyata dalam moda hemat, buka hotspot gagal. Akhirnya saya mengedarkan flash disc saya untuk di copy oleh bapak ibu wali kelas. Karena memakan waktu yang lama, ada Abah Jalil tidak sabar menunggu. Saya bisa membacanya dari ekspresi beliau yang berulang-ulang tengak-tengok ke kanan ke kiri seperti ingin mengerjakan sesuatu tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukkan. Begitulah gambaran orang sedang mengantri untuk mengcopy flash disc tetapi belum sampai gilirannya. Padahal waktu tak mau menunggu barang sejenak, Akhirnya saya menyampaikan permintaan maaf tidak bisa memberikan kemudahan untuk sekedar mengcopy file. Dan menawarkan kepada bapak ibu yang ada di ruang guru,”Sinten ingkang kersa berbagi sinyal melalui hotspot dari data paketannya barang sebentar..”. Abah Jalil langsung mendekati saya dan bersedia berbagi password, dan saya coba. Taraaaaa… file bisa di share di WA grup, secepatnya hotspot saya matikan dan bilang ‘Syukron. Jazakumullohu ahsanal jaza’. , Bapak ibu wali kelas langsung tancap gas menyelesaikan tugas sampai hari berikutnya rapor siap dibagikan. Alhamdulillaah. Satu pekerjaan selesai. Barakallaah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dan sekarang tinggal menikmati liburnya , selamat liburan bersama keluarga nggih bu

16 Dec
Balas

Terimakasih bu Diah, selamat liburan juga, saya tetap menunggu serial dari bu Diah..

16 Dec

Alhamdulillah ....lancar akhirnya nggih bu....salam literasi...

16 Dec
Balas

Iya. Salam bu Kur Asriatun. Dengan saling berbagi, bekerjasama yang sulit menjadi mudah, yang buntu menjadi plong.. he..he.. Maturnuwun sudah singgah di kolom ini, Salam literasi juga..

16 Dec

K-13 memang sesuatu banget. Mengerjakan e-raport termasuk sesuatu juga. Perlu ketelitian, kesabaran dan kebersamaan. Teliti diperlukan karena aplikasi dari e-raport yang luar biasa bikin mata dan kepala tujuh keliling, ditambah lagi terkadang masih ada saja guru yang tak paham tentang aplikasi tersebut. Kesabaran dalam mengisi e-raport pun tak dapat diabaikan, terkadang laptop yang bermasalah, terkadang sinyal dan jarang pula listrik atau bahkan paketannya habis. Kebersamasn ternyata menempati urutan terakhir, tapi tak kalah penting. Hal ini diperlukan sebagai penyemamgat dan penggembira, terkadang diperlukan canda untuk menghilangkan rasa suntuk dan jenuh. Revisi dikit Bund, Kata DI SUDUT, dipisah, kata DI TENGAH, dipisah, Sukses selalu dan barakallah

16 Dec
Balas

Maaf Bund Siti. Ikut nyimak penjelasan Bunda. Terima kasih sharing ilmunya

16 Dec

Salam bu Siti Ropiah. Itulah dinamikanya aplikasi raport digital, menjadikan kita semakin mengerti artinya bekerja dalam tim. Salam literasi..

16 Dec

Bu Susmintari.. salam kenal. Tidak apa-apa bu.. malah semakin gayeng. Terimakasih sudah sudah baca-baca juga. Salam literasi..

16 Dec

Di sudut, di tengah, Di+tempat dipisah, Terimakasih atas koreksinya. Senang sekali berteman dengan bu Siti Ropiah.

16 Dec

Hebat bu..Barakallah. Salam literasi .

16 Dec
Balas

Terimakasih bu Yenni Noviyanti atas do'anya, juga atas berkenannya singgah dan baca tulisan saya. Mohon tidak sungkan memberikan kritik dan saran supaya tulisan bisa bagus dan saya lebih bersemangat. Salam literasi juga bu Yenni..

16 Dec

Bu Umi... Hebat. Barokalloh. Salam literasi

16 Dec
Balas

Bu Susmintari.. salam kenal. Tidak apa-apa bu.. malah semakin gayeng. Terimakasih sudah sudah baca-baca juga. Salam literasi..

16 Dec

فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرٗا يَرَهُۥ

16 Dec
Balas



search

New Post