Umi Satiti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Asyik Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Tips Asyik Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Tips Asyik Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Oleh : Umi Satiti, S.Pd., Gr

“Membaca seperti melintasi lorong waktu, merapatkan jarak dan menyihir pengetahuan.”

Begitulah membaca yang sejatinya memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat membaca itu adalah menjadi semakin paham dengan perkembangan pengetahuan, tidak tertinggal informasi dan mengetahui peristiwa-peristiwa bersejarah. Kebanyakan negara maju memiliki budaya membaca yang tinggi. Hal ini patut ditiru Indonesia agar dapat berkembang dan menjadi bagian dari negara maju.

Menumbuhkan minat baca siswa pada buku memang susah-susah gampang. Namun sebagai seorang guru yang menginginkan generasi cerdas, kita harus mengambil peran untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap buku. Kitalah guru yang harus dengan ringan tangan menuntun siswa agar gemar membaca.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang pernah saya kumpulkan sejak menjadi relawan di salah satu lembaga sosial, forum literasi dan berbagai forum lainnya hingga saat ini dalam menumbuhkan minat baca pada siswa:

1. Menyajikan buku bacaan yang tepat dan berkwalitas

Buku bacaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Serta buku bacaan yang berkualitas baik dari isi bacaannya, bahasa tulisnya, gambar dan kondisi fisik buku. Siswa akan tertarik dengan kondisi buku yang rapi dan aromanya enak.

2. Menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk membaca

Lingkungan yang kondusif akan mendukung konsentrasi siswa dalam membaca, misalnya lingkungan yang bersih, rapi, tenang dan tidak semrawut. Lingkungan yang disana juga tumbuh budaya membaca serta orang-orang yang mendukung kegiatan untuk membaca. Disini juga harus ada guru yang juga gemar membaca. Guru yang mencontohkan pada siswa untuk cinta membaca.

3. Tunjukkan cara membaca yang menyenangkan

Tunjukkan cara membaca sesuai dengan kebutuhan anak. Bimbing siswa untuk mengetahui letak ide pokok bacaan, kata kunci, cara mengetahui isi ketika bacaan terlalu banyak, sampai mengenali amanat yang tersampaikan pada buku tersebut.

4. Sharing

Ajak siswa untuk mereview buku yang telah dibaca sehingga siswa yang lain tertarik untuk membaca buku tersebut. Ceritakan hal-hal yang postif tentang buku tersebut. Ketika dalam buku tersebut ditemukan hal negatif harus tetap diulas agar siswa paham ada hal-hal yang tidak boleh ditiru dalam buku tetrsebut.

5. Event membaca bersama

Sesekali hadirkan kegiatan membaca yang berbeda dari biasanya. Ketika biasanya anak membaca dengan duduk tenang dan membaca sendiri-sendiri kita bisa membuat kegiatan yang berbeda. Misalnya adakan lomba membaca buku kemudian membuat review dari buku tersebut. Bisa juga dengan membuat even membaca nyaring bersamaan ditaman.

6. Kunjungan

Untuk menambah bahan bacaan siswa, serta menambah keragaman bacaan dan untuk berganti suasana agar tidak monoton di satu tempat ajak siswa untuk berkunjung ke perpustakaan daerah, taman baca atau ke toko buku.

7. Mengundang penulis

Bertemu langsung dengan penulis buku yang dibaca siswa tentunya akan menambah rasa bangga. Terlebih bila anak mengidolakan seorang penulis kemudian dapat bertemu langsung dengan penulis buku yang dicintainya. Rasa bangga, senang dan kagum akan menambah kecintaannya pada buku. Bisa juga dengan mengajak siswa untuk kunjungan pada acara bedah buku. Menciptakan moment yang menyenangkan.

8. Project

Ketika selesai membaca ajak siswa untuk berkreasi dari apa yang telah dibacanya. Misalnya setelah membaca tentang pesawat terbang ajak siswa untuk membuat mainan pesawat terbang.

9. Menjadi penulis

Menjadi guru yang menulis. Siswa akan merasa senang membaca karya dari bapak dan ibu guru tercinta. Karena guru adalah sosok teladan bagi siswa, selain memberi contoh membaca juru juga harapannya menjadi sosok yang menulis, menyajikan bahan bacaan untuk siswa-siswanya. Dengan begitu kita akan menemukan dan memperkaya bacaan anak.

Kegemaran akan membaca alahngkah baiknya jika dijadikan kebutuhan. Sebuah candu yang harus melekat pada anak-anak. Sebab membaca adalah kunci ilmu pengetahuan dan jendela dunia. Sebagai guru tugas kita adalah mengantarkan siswa menuju puncak pengetahuan sehingga menjadi insan yang cerdas, berbudi dan beriman.

***

Artikel ini saya gunakan untuk sharing dan diskusi bersama teman-teman Komunitas Guru Belajar. Diskusi dilakukan secara online di grup whatsApp pada hari Senin, 17 Desember 2018 pukul 20.00-21.00 WIB.

Terima kasih KGB Klaten atas kesempatan belajarnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masyaa Allah, umi...ruarrr biasa tipsnya. Pasti tips ini bukan dihasilkan oleh guru biasa. Saya terkagum-kagum dengan S.Pd. Gr...lho...mi. Pernah ada artikel saya untuk S.Pd.Gr bertajuk "S.Pd Gr Bukan Guru Biasa". Sekarang, kekaguman saya semakin bertambah dengan membaca tulisan umi. Salam literasi dari Medan, mi. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Umi.

17 Dec
Balas

Terimakasih untuk apresiasinya ibunda guru. Saya baru saja membaca artikel bunda "S.Pd.,Gr Bukan Guru BIasa" dan sangat membuat terharu. semoga kita bisa saling melengkapi untuk berbagai hal dalam kehidupan. Saya saat ini menjadi teman belajar anak-anak di SLB Rahmawati Kholid Kabupaten Karanganyar.

17 Dec

Tips yang luar biasa. Banyak bercengkrama dengan anak-anak dan ingin menumbuhkan minat baca pada anak, membuat seorang hebat macam Umi ini terinspirasi memunculkan tips yang handal dan luar biasa. Tips yang komprehensip yang mampu menciotakan anak-anak menjadi litaret sejati, karena di dalamnya terdapat peran guru dan lingkungan (sarana), tentunya hal itu yang mempengaruhi anak-anak dalam literasi. Sukses selalu dan barakallah

18 Dec
Balas

Oh yah neng, bagaimana tentang pengajian iqra nya

18 Dec

Nggih terimakasih bunda.. Alhamdulillah banyak adik-adik santri yang merasa senang. Dua bulan terakhir ini yang datang ke masjid juga semakin banyak, kakak-kakak pembinanya juga semakin kreatif...

18 Dec

Tips yang luar biasa ibu Umi Satiti...Semoga dengan giatnya program literasi akan mampu menumbuhkan minat baca anak2 kita..Semoga selalu sehat dan menginspirasi..Barakallah..

17 Dec
Balas

Amiin.. Terimakasih bunda Rini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi. Sangat sayang bila anak-anak lupa akan buku padahal dengan membaca buku ada milyaran ilmu yang dapat menjadi teman hidup

17 Dec



search

New Post