UMMI NELWATI,S.Pd, M.Pd

Sebagai seorang guru matematika di SMPN 1 BINTAN KEPRI, menulis merupakan keinginan yang lama sudah terpendam dari semenjak aku kecil. Ketika muncul keinginan u...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Kelimabelas

Hari Kelimabelas

#TantanganGurusianan

#Tantangan30HariMenulis

#TantanganHariKelimabelas

MAKALAH

PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN PEMANFAATAN FITUR-FITUR RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD DI 4 SMPN KECAMATAN BINTAN TIMUR

KABUPATEN BINTAN

OLEH

NELWATI, M.Pd

SMP NEGERI 1 BINTAN

KABUPATEN BINTAN

2019

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rakhmat dan hidayah Nya, kami dapat menyelesaikan tugas, dalam menyusun dan melengkapi dokumen pelatihan dan sosialisasi kelas maya dan portal rumah belajar kemendikbud serta penerapan model-model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan rumah belajar kemdikbud.

Penyusunan makalah penerapan kelas maya dan portal rumah belajar kemendikbud serta penerapan model-model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan rumah belajar kemdikbud ini dimaksudkan sebagai salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh peserta PembaTIK level 3 agar bisa melanjutkan ke level berikutnya.

Semoga dengan tersusunnya makalah penerapan kelas maya dan portal rumah belajar kemendikbud serta penerapan model-model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan rumah belajar kemdikbud serta penerapan model-model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan rumah belajar kemendikbud ini, bisa digunakan sebagai bukti peserta PembaTIK level 3 telah melaksanakan tugasnya dalam keseriusan untuk andil dalam memperkenalkan portal rumah belajar baik tingkat provinsi maupun tingkat kota/Kabupaten di lingkungan tempat tugas peserta PembaTIK level 3.

Batam, 21 September 2019 Calon Duta Rumah Belajar 2019

Nelwati, M.Pd

HALAMAN JUDUL

DAFTAR ISI

Halaman

KATA PENGANTAR ………………………………………………................... i

DAFTAR ISI ………………………………………………………….................. ii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang …………………………………………………..…................. 1

B. Landasan Hukum ................................................................................................. 1

C. Pengertian ............................................................................................................ 1

D. Media Sosialisasi Kelas Maya dan Portal Rumah Belajar ……………….......... 2

E. Action plan Calon Duta Rumah Bealajar 2019 ………………………............... 2

BAB II SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI KELAS MAYA

A. Sosialisasi Rumah Belajar pada Siswa-Siswi Kelas VII, VIII dan IX. 3

B. Implementasi Kelas Maya pada Siswa-Siswi Kelas VIII F-H 6

BAB III PELATIHAN DAN SOSIALISASI

A. Sosialisasi Kelas Maya dan Rumah Belajar di SMP Negeri 1 Bintan …............. 13

B. Workshop Pembinaan Mutu Pembelajaran dengan memanfatkan portal 18

Rumah Belajar dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Bintan…..

C. Workshop Rumah Belajar untuk peningkatan kompetensi pembelajaran 23

Di SMP Negeri 4 Bintan…………………………………………………………

D. Sosialisasi Kelas Maya dan Rumah Belajar di SMP Negeri 3 Bintan …….......... 28

E. Sosialisasi Rumah Belajar sebagai pendukung Kurikulum 2013 34

Di SMP Negeri 2 Bintan ………………………………………………………….

F. Sosialisasi Rumah Belajar kepada orangtua siswa SMP Negeri 1 Bintan ………..

G. Pemanfaatan Protal Rumah Belajar untuk penerapan pembelajaran inovatif

Oleh guru- guru di SMP Negeri 1 Bintan ………………………………………..

BAB IV PENUTUP .……………………………………………………………….. 36

ii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Penerpan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran khususnya pemanfaatan fitu-fitur yang ada dalam rumah belajar di abad 21 membantu guru dan siswa meningkatkan mutu proses pembelajaran. Guru adalah menjadi mesin pengerak utama yang akan mampu membangun budaya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran untuk guru-guru di sekolahnya dan komunitas . Salah satu tujuan pemanfaatan portal Rumah Belajar diantaranya adalah pembelajaran dengan kelas maya rumah belajara akan dapat menjadi solusi bagi pendayagunaan TIK dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan 8 fitur rumah belajar menjadi solusi bagi guru dalam memilih sumber belajar, media baik berupa teks, audio maupun video. Kelas maya membantu siswa belajar di luar sekolah baik berupa pemberian soal latihan maupun diskusi kelas.

Berdasarkan refleksi dari pengalaman sehari-hari serta wawancara dengan beberapa siswa penulis menemukan permasalahan dalam pembelajaran adalah rendahnya motivasi siswa belajar. Gejala sehari-hari menunjukkan tanpa menggunakan alat peraga, media dan sumber yang hanya menggunakan satu buku paket timbul kejenuhan belajar, merasa kurang puas dengan penjelasan guru dikarenakan siswa sudah mendapatkan materi terlebih dahulu melalui youtube di androidnya, siswa malas menulis dan membuat latihan dikarenakan sudah beredar di youtube pembahasan buku paket kurikulum 2013 yang dapat didownloud siswa melalui diandroidnya atau laptopnya.

Hal ini menjadi dasar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memilih penerapan kelas maya dan rumah belajar dalam pembelajaran matematika. Menyesuaikan gaya belajar siswa pada zaman now abad 21 dimana kondisi keseharian siswa yang sudah tidak dapat dibendung lagi untuk bias terlepas dari android atau laptopnya maka penulis mengangkat penerapan kelas maya dan rumah belajar menjadi solusi dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Harapan pebelajaran matematika yang bersifat abstrak dapat dikonkritkan, sumber belajar tidak hanya di dapat dari satu buku, mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung sehingga pembelajaran lebih optimal dan efektif

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah: “Bagaimanakah penerapan kelas maya dan rumah belajar dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Bintan?”

BAB II

PEMBAHASAN

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pedidikan Nasional tentang penyelenggaraan pendidikan dalam suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran melalui mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Undang-Undang Guru Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.HTM

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru. http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendiknas%20No%2016%20Tahun%202007.pdf

B. Pengertian

Guru adalah seseorang yang berprofesi guru yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui sosialisasi dan/atau pelatihan Pemanfaatan Rumah Belajar serta telah mensosialisasikan pemanfaatan Rumah Belajar.

Motivasi belajar siswa adalah dorongan untuk berbuat berasal dari dalam diri dan lingkungan sekitar siswa.

Rumah belajar adalah sebuah portal Pembelajaran yang berisi 8 portal yaitu bahan belajar interaktif, laboratorium maya, kelas maya,

Portal rumah belajar dapat di douwnloud di halaman web https://belajar.kemdikbud.go.id/

C. Media Sosialisasi Kelas Maya dan Portal Rumah Belajar

Penulis Dalam memperkenalkan atau sosialisasi Kelas Maya dan Portal Rumah Belajar

menggunakan beberapa media Elektronik diantaranya :

1. Media Blog Pribadi : http://nelwatimpd.blog.com

2. Media Blog Kemendikbud : http://pena.belajar.kemdikbud.go.id

3. Media Sosial Facebook : https://www.facebook.com/Ummi nelwati

4. Media Sosial Instagram : https://www.instagram.com/umminelwati/

5. Media social Telegram : https://www.telegram.com/Nelwati mpd/

6. Media Sosial Twitter : https://twitter.com/nelwatimpd

7. Media You Tube : https://www.youtube.com/results?search_query=nelwatimpd

8. Media Video Kemendikbud :

D. Action Plan Calon Duta Rumah Belajar 2019

No

Nama Kegiatan

Sasaran

Waktu

Tempat

Keterangan

1

Sosialisasi Rumah Belajar di SMP Negeri 1 Bintan

Guru, tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Bintan

Tanggal. 17

Sept 2019

SMP Negeri 1 Bintan

Tatap Muka

2

Workshop Pembinaa Mutu Pembelajaran dengan memanfatkan portal

Rumah Belajar dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Bintan

Guru dan perwakilan siswa kelas VII-VIII-IX SMP Negeri 1 Bintan.

Tanggal 21 Sept 2019

SMP Negeri 1 Bintan

Tatap Muka

3

Workshop Rumah Belajar untuk peningkatan kompetensi pembelajaran

Di SMP Negeri 4 Bintan

Perwakilan Guru dan tenaga pendidik serta siswa dari SMP Negeri 2 Bintan.

Tanggal 24 Sept 2019

SMP Negeri 4 Bintan

Tatap Muka

4

Sosialisasi Kelas Maya dan Portal Rumah Belajar di SMP Negeri 3 Bintan.

Guru dan perwakilan siswa dari SMP Negeri 3 Bintan.

Tanggal 28 Sept 2019

SMP Negeri 3 Bintan

Tatap Muka

5

Sosialisasi Rumah Belajar dan kelas maya di SMP Negeri 2 Bintan

Perwakilan paguyuban SMP Negeri 1 Bintan.

Tanggal 30 Sept 2019

SMP Negeri 2 Bintan

Tatap Muka

6

Pemanfaatan Protal Rumah Belajar dan Kelas Maya untuk penerapan pembelajaran inofatif Oleh guru- guru di SMP Negeri 1 Bintan

Guru, Tenaga

Kependidikan dan paguyuban/wali murid SMP Negeri 1 Bintan.

Tgl. 01 Oktober sampai 08

Okt 2018

SMP Negeri 1 Bintan

Tatap Muka

BAB III

SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI KELAS MAYA

A. Sosialisasi portal Rumah Belajar Pada Siswa Kelas VIII, IX dan Ekskul Matematika

Kegiatan sosialisasi dan pemanfaatan kelas maya ini sebagai Program Rencana Tindak Lanjut (RTL) saya setelah mengikuti program Pembatik Level 3 Kepri. Sasaran Program RTL adalah kelas VIIIF-VIIIH, kelas IXA-IXC dan kelas ekstrakurikuler Matematika SMP Negeri 1 Bintan

Materi Sosialisasi yang disampaikan antara lain :

1. Pengenalan Fitur-fitur dan Pembuatan Akun Rumah Belajar Kepada Guru dan Siswa.

Langkah awal adalah mengenalkan portal rumah belajar pada tanggal 21 September 2019 di SMP Negeri 1 Bintan yaitu sekolah tempat saya mengajar. Setelah sosialisasi Portal Rumah Belajar diperlihatkan cara mendaftar di rumah belajar. Siswa– siswi mulai membuat akun masing-masing. Sejumlah 120 siswa saat itu sudah terdaftar di akun rumah belajar.

Manfaat pembuatan akun di Rumah Belajar Bagi siswa diantaranya :

a. Siswa yang sudah terdaftar dapat mendownload materi yang ada di Fitur – Fitur Portal Rumah Belajar Seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya dll.

2. Sosialisasi Pemanfaatan Kelas Maya Kepada Guru SMP Negeri 1 Bintan

3. Pengenalan Fitur Rumah Belajar Kepada siswa di kelas yang saya ampu yaitu kelas VIII F, VIII G, dan VIIIH serta IX A, IXB dan IX C.

Di kelas diulang kembali pemengenalkan fitur-fitur rumaah baljar kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran akun di rumah belajar.

Manfaat pembuatan akun di Rumah Belajar Bagi siswa diantaranya :

a. Siswa yang sudah terdaftar dapat mendownload materi yang ada di Fitur – Fitur Portal Rumah Belajar Seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya dll.

b. Siswa yang sudah terdaftar dapat membuat akun Kelas Maya.

Siswa dengan girangna menunjukkan keberhasilannya dalam mendaftar. Dibuktikan dengan muncul nama mereka di sudut kanan atas.

4. Menggunakan fitur bank soal dalam pembelajaran.

Siswa dikenalkan dengan sumber belajar dan bank soal. Siswa membuka bank soal evaluasi umum dan memilih salah satu menu. Siswa membuka fitur bank soal kemudian mengerjakan latihan.

Dengan fitur bank soal siswa asyik dan senang belajar. Siswa dapat berdiskusi dan kolaborasi dengan kawan kelompoknya. Satu oranng bertugas membacakan soal siswa lain membantu memikirkan jawabannya.

5. Pembuatan Akun di Kelas Maya

Siswa siswi kelas VIII yang sudah berhasil membuat akun di Portal Rumah Belajar, melanjutkan pembuatan akun di Fitur Kelas Maya. Akun siswa yang telah terdaftar di portal Rumah Belajar digunakan sebagai user ID untuk pembuatan Akun Kelas Maya. Siswa – siswi kelas VII.

Proses Pembuatan Akun di Kelas Maya

B. Implementasi Kelas Maya pada Siswa Kelas VIIIF-VIIIG-VIIIH-IXA, IXB dan IXC dan kelas Ekstrakurikuler Matematika.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan Kelas Maya Kemendikbud seperti Akun Penyelenggara, Akun Guru, Akun Siswa dan Kelas Maya.

1. Akun Penyelenggara

Akun Penyelenggara merupakan Akun Administrator Sekolah yang akan mengelola seluruh aktivitas uang terjadi dalam proses pembelajaran di suatu Sekolah. Dalam hal ini, saya merupakan salah satu Guru TIK di SMP Negeri 1 Bintan. Akun Penyelenggara Kelas Maya yang saya gunakan adalah SMP Negeri 1 Bintan.

2. Akun Guru

Akun Guru merupakan Akun yang digunakan untuk membuat Kelas, Bahan Ajar dan Soal Ujian. Dalam hal ini akun guru yang dijelaskan adalah akun [email protected]. Akun [email protected] sebagai Peserta PembaTIK Level 3 yang menerapkan Kelas Maya dalam Pembelajaran.

3. Akun Siswa

Akun Siswa merupakan akun yang digunakan oleh siswa untuk mengakses materi, Tugas/ Kuis dan Soal Ujian. Akun siswa yang terdaftar dan masuk kelas maya merupakan siswa

Kelas VIII G, F, H dan IX A, B, C.

Akun Siswa

4. Kelas Maya

Pembelajaran Kelas Maya yang saya implementasikan berjumlah 6 (enam) kelas dari Kelas VIII F, G, H dan Kelas IXA, B, C serta kelas Ekstrakurikuler. Jumlah siswa yang ikut dalam Kelas Maya berjumlah 5 siswa . Di dalam Pembuatan Kelas Maya ada 4 kompenen yang harus di lengkapi oleh seorang guru seperti Modul, Soal Ujian, Siswa dan Penilaian.

Untuk kelas matematika ekstrakurikuler saya berikan kelas laboratorium maya. Tentang grafik fungsi kuadrat menggunakan geogebra .

5. Materi Bahan Ajar Berbasis TIK

Sumber Materi :

Kegiatan Belajar 1 : https://id.wikipedia.org/wiki/Persamaan_kuadrat#Akar_riil_dan_kompleks

Kegiatan Belajar 2 :

Kegiatan Belajar 3 :

KEGIATAN BELAJAR

MATERI

6. Aktivitas Kelas Maya : Siswa Mengakses Materi Pembelajaran

Aktivitas Kelas Maya : Siswa daftar untuk masuk kelas

DAFTAR PESERTA KELAS MAYA

No

Nama Kelas Maya

Jumlah Siswa di Kelas Maya

Modul

Keterangan

1

BAHASA MATEMATIKA KELAS 9A

30

2

Modul, Tugas,

Diskusi, Ujian

2

MATEMATIKA KELAS 9B

25

2

Modul, Tugas,

Diskusi, Ujian

3

MATEMATIKA KELAS 9C

20

2

Modul, Tugas, Diskusi, Ujian

4

MATEMATIKA KELAS 8F

17

3

Modul, Tugas,

Diskusi, Ujian

5

MATEMATIKA KELAS 9G

29

3

Modul, Tugas,

Diskusi, Ujian

6

MATEMATIKA KELAS 8H

27

3

Modul, Tugas,

Diskusi, Ujian

7

MATEMATIKA EKSTRAKURIKULER

5

3

Modul, Tugas, Diskusi, Ujian

Dokumentasi online : Video Sosialisasi dan Implementasi Kelas Maya

BAB III PELATIHAN DAN SOSIALISASI

Kegiatan Pelatihan dan sosialisasi kelas maya dan Portal Rumah Belajar Kemdikbud kepada guru –guru dan tenaga kependidikan sebagai Program Rencana Tindak Lanjut (RTL) saya setelah mengikuti program Pembatik Level 3 Kepri, secara tatap muka.

Beberapa Pelatihan dan sosialisasi yang diadakan antara lain :

A. Sosialisasi Kelas Maya dan Rumah Belajar

Sosialisasi Kelas Maya dan Rumah Belajar Kemdikbud yang diadakan pada tanggal 21 September 2019 di SMP NEGERI 1 BINTAN dikuti oleh 20 guru – guru SMP NEGERI 1 BINTAN Kab. BINTAN Provinsi Kepulauan Riau.

Dokumentasi Online :

1. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/sosialisasi-kelas-maya-dan-rumah- belajar-di-hotel-allium-tangerang/

2. https://www.youtube.com/watch?v=2izcBnQzex0

3. Link Facebook : http://bit.ly/2PY0zJ7

SOSIALISASI RUMAH BELAJAR DENGAN SISWA

Kepala dinas Kabupaten Bintan yaitu bapak Tamsir, S.Si, M.Si membuka langsung kegiatan workshop sosialisasi rumah belajar di SMP Negeri Bintan pada tanggal 21 September 2019. Hadir bapak Kabid SMP Bintan yaitu bapak Husni, M.Pd, Ibu Pengawas SMP Bintan yaitu ibu Dra. Syamsibar, Komite Sekolah SMP N 1 Bintan bapak Syamsir, S.Pdi.

Dalam sambutan kepalanya dinas Pendidikan Bintan yang berlatar Baltekkomdik Kepri mengatakan portal pembelajaran menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang sangat mendukung interaksi antar komunitas baik antara guru dan siswa maupun antar sesama siswa. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Sehubungan dengan perkembangan teknologi di Era 4.0 berimbas kepada pembelajaran. Siswa lahir di zaman yang serba elektronik. Guru harus mampu menyesuaikannya, jangan sampai siswa sudah tahu duluan sementara guru belum. Rumah belajar merupakan aplikasi inovatif yang sudah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Mari kita dukung pemanfaatn portal rumah belajar untuk mendukung terlaksananya kurikulum 2013.

A. Workshop Pembinaan Mutu Pembelajaran dengan memanfatkan portal

Rumah Belajar dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Bintan.

Nelwati, S.Pd, M.Pd kebetulan yang mendapat tugas mensosialisasikan rumah belajar sebagai salah satu anggota sahabat rumah belajar level 3 Kepulauan Riau. Tanggal 21 September 2019 mensosialisasikan rumah belajar di sekolah sendiri SMP Negeri 1 Bintan. Sosialisasi Rumah belajar dimulai dari sekolah sendiri yaitu SMP Negeri 1 Bintan. Rumah Belajar disambut hangat oleh guru, siswa, komite sekolah kepala sekolah.

Nelwati, S.Pd, M.Pd ikut andil dalam workshop dalam mengajak siswa praktek langsung mendaftar di rumah belajar. Di mulai dari mensosialisasikan membuat akun di rumah belajar dan kelas maya. Sebanyak 14 siswa dari 24 siswa yang hadir sudah terdaftar di rumah belajar sedangkan kelas maya baru terdaftar 10 siswa. Sebagian lagi terkendala oleh signal yang kurang bersahabat. Sedangkan dari 52 guru baru 9 guru yang sudah terdaftar di rumah belajar, di kelas maya baru 3 guru yang sudah dapat membuat kelas seperti Matematika kelas 9 dan 8 yaitu Nelwati, S.Pd, M.Pd, Bahasa Indonesia Kelas 7 yaitu Dra. Mieta Inayantisa, Bahasa Inggris kelas 7 yaitu Selfiwati, S.Pd serta IPS kelas 8 yaitu Erlina, S.Pd. dapat dilihat di akun penyelenggara SMP Negeri 1 Bintan.

B. Sosialisasi Rumah Belajar dan Kelas Maya di SMP Negeri 4 Bintan

Hari Selasa tanggal 24 September 2019 Nelwati, S.Pd, M.Pd mensosialisasikan Rumah Belajar di SMP Negeri 4 Bintan yang dihadiri sebanyak 13 guru dan 5 siswa. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Bintan yaitu bapak Triyanto, S.Pd. Kegiatan ditutup oleh Kepala sekolah SMP Negeri 4 Bintan yaitu bapak Syamsu, M.Pd. Wakil kepala sekolah bapak Triyanto dalam sambutannya memberi sambutan hangat terhadap kehadiran rumah belajar di Bintan. Bapak kepala sekolah bapak Syamsu sangat mendukung adanya inovasi pembelajaran dengan pembelajaran berbasis TIK. Beliau mengajak semua guru dan siswa, “Mari sama-sama kita sukseskan rumah belajar ini dalam pembelajaran”.

C. Sosialisasi Rumah Belajar dan Kelas Maya di SMP Negeri 3 Bintan

Hari Selasa tanggal 28 September 2019 Nelwati, S.Pd, M.Pd mensosialisasikan Rumah Belajar di SMP Negeri 4 Bintan yang dihadiri sebanyak 12 guru dan 10 siswa. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Bintan yaitu bapak Syamsul, M.Pd. Bapak kepala sekolah memberi dukungan positif terhadap inovasi pembelajaran berbasis TIK. Beliau memotivasi semua guru dan siswa untuk mengisi kelas maya agar pembelajaran selalu efektif.

D. Sosialisasi Rumah Belajar dan Kelas Maya di SMP Negeri 2 Bintan

Hari Selasa tanggal 30 September 2019 Nelwati, S.Pd, M.Pd mensosialisasikan Rumah Belajar di SMP Negeri 4 Bintan yang dihadiri sebanyak 5 guru dan 20 siswa. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bintan yaitu bapak Agus Setiawan M.Pd. Bapak kepala sekolah menanggapi positif terhadap rumah belajar yang ke depannya akan menjadi inovasi pembelajaran berbasis TIK. Beliau memotivasi semua guru dan siswa untuk mendaftar di rumah belajar dan kelas maya.

Penulis sebagai penyelenggara dapat mematau kegiatan guru di empat sekolah. Motivasi dapat dilihat dari keaktifan guru dan siswa .

BAB IV

PENUTUP

Demikian makalah penerapan kelas maya dan portal rumah belajar Kemendikbud, Tahun 2019. Sasaran utama kegiatan adalah siswa yang tergabung di kelompok Ekstrakurikuler Matematika di 4 SMP Negeri Kecamatan Bintan Timur beserta guru dengan tujuan dapat meningkatkan motivasi dan dampaknya kepada hasil belajar matematika

Saran dan kritikan diharapkan dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post