Umul muarofah

Umul Muarofah, S.Pd, Mengajar di Yayasan Pupuk Kaltim, Jln Parkit Perum Pupuk Kaltim Bontang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Syukur tiada henti

Syukur tiada henti

Alhamdulillah segala puji hanya bagiMu ya ALLah, selesai sholat subuh saya semangat untuk mengikuti pelatihan Literasi Penulisan Buku yang telah di buka semalam di Hotel Menara Bahtera. Jam 7.00 kami yang sekamar dengan dua orang yang hebat yang sangat menginspirasi, dari Kaltara dan dari Kaltim, menuju ruang makan di hotel Bahtera Balikpapan. Teman-teman yang sangat luar biasa hebat, semangat, kami langsung akrab dan saling sharring. Selesai sarapan kami pun bergegas menuju ruang yang telah disiapkan oleh panitia. Ternyata teman-teman peserta sudah banyak yang datang terlebih dulu. Alhamdulillah telah dipertemukan dengan teman-teman yang hebat, semoga ketularan hebatnya, aamiin ya Allah. Hari ini hari kedua yang materinya tentang pembuatan outline/draf naskah buku . Kamipun segera masuk keruangan, karena ingin duduk di kursi terdepan agar dapat dengan jelas menerima materi dan tidak mengantuk. Karena apabila duduk di belakang, sering menguap atau tidak jelas tulisannya.

Subhanallah, karena kesigapan panitia dan pemateri acara dapat segera dimulai . Pemateri pertama adalah Bapak Muhammad Ihsan, S.Pd beliau adalah pemimpin Umum Media guru Indonesia. Subhanallah beliau luar biasa dalam menyampaikan materi, dalam memberi pencerahan kepada kami, bagaimana caranya agar kita dapat menjadi penulis? Penulis yang hebat berawal dari penulis pemula, menulislah walaupun di mulai hanya satu kata, Subhanallah. Tayangan demi tayangam film penggugah hati. Hiks, hiks tak terasa air mengalir hangat dipipi. Air mata saya semakin deras ketika menyaksikan film inspirasi olimpiade olahragawan yang berusaha berjuang hingga akhirnya sampai finish, Subhanallah ternyata tiada sia-sia usaha yang terus tanpa henti, semangat yang tinggi disertai orang sekelilingnya yang tiada lelah terus semangat memberi suport yang sungguh luar biasa. Hiks subhanallah, benar-benar terharu.

Ada semangat yang tinggi, ada keinginan yang kuat ingin bisa menulis agar ilmunya bermanfaat. Apalagi kalau mengingat bapak Ihsan menyampaikan Jangan mati dulu sebelum menulis, tulislah sesuatu yang orang lain bisa mengambil ilmunya. Beliau juga menyampaikan ketika manusia meninggal maka putuslah amal kecuali 3 perkara yaitu, amal jariyah, anak sholih dan ilmu yang bermanfaat. Hiks air mata bercucuran deras, Ya Allah ijinkan saya memberikan manfaat buat teman, saudara dan lingkungan sebelum Engkau memanggil.

Ada 3 kriteria guru, pertama, pintar dan mau berbagi, kedua pintar dan tidak mau berbagi, ketiga tidak pintar tapi mau belajar dan ke empat tidak pintar dan tidak mau belajar . Saya ingin menjadi guru yang pintar dan mau berbagi. Bukankah Rasulullah telah mengajarkan sebaik –baik manusia adalah manusia yang bermanfaat buat manusia dan lingkungannya. Subhanallah

Jam berikutnya, pematerinya adalah Mas Eko Prasetyo Pemimpin Redaksi Media Guru, beliau juga luar biasa memberi pencerahan dengan sabar dan lucu , santai tapi kami dengan mudah menyerap ilmu-ilmu yang beliau sampaikan. Yang lebih lucu lagi ketika permainan jika -maka. Contoh: Kelompok A , Jika aku bisa terbang, di sambut kelompok B, Maka aku akan naik haji. Lumayan nyambung, ada yang lucu, jika malam gelap, maka aku akan kenyang, he.he

Kami hari ini benar –benar fresh. Bagaimana tidak? Pada saat materi Bapak Ihsan kita dibuat menangis haru, sedangkan materi yang disampaikan Pak Eko, kita dibuat tertawa terpingkal-pingkal. Pak Ihsan dan Pak Eko yang profesional dalam menyampaikan materi, semoga Pak Ihsan dan pak Eko beserta keluarga selalu sehat, dimudahkan segala urusan, panjang umur agar bisa bertemu kembali di lain waktu. Jazaakumullah khoiran katsiiran.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, karena Allah telah mengirim saya dalam pelatihan Literasi Penulisan Buku ini, insyaaLLah telah banyak ilmu yang saya dapat di hari kedua pelatihan ini. Ada semangat, ada keinginan yang kuat, semoga rasa semangat yang tinggi ini tetap terjaga sampai kapanpun.

Ada keinginan berbagi ilmu sepulang dari pelatihan Literasi Penulisan Buku ini.

Bismillah, Ya Allah lancarkan, mudahkan beri kepahaman saya dalam menulis, agar dapat dibaca banyak orang, agar bermanfaat buat banyak orang. Ya Allah kabulkanlah doa kami. Aamiin.

Umul Muarofah TK yayasan Pupuk Kaltim

Penulis adalah peserta Bimtek Literasi Penulisan Buku Program P4TK dan PLB Tahun 2017 di Balikpapan Kalimantan Timur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamin. Semangat bu Umul.

17 May
Balas

Aamiin...mari berkarya ibu

17 May
Balas

aamien yaa robb!

17 May
Balas

Aamiin Terimakasih Pak Yudha kurniawan

18 May
Balas

@ Ibu Juariyah , mksh bu ...salam kenal

18 May
Balas

Mbak Lisa, sudah nyampek rumahkah? yuk berkarya, siapa takut he..he tetap semangat ya

18 May
Balas

@ Ibu Maria Elisabeth, terimakasih ibu

18 May
Balas

semoga ada pelatihan lagi ya mbk Henny. kalau mb henny tanpa pelatihan pun luar biasa saya malah bener2 dari 0 mbk...

05 Jul
Balas

Jika ada lagi pelatihan serupa sy pun ingin sekali bisa menjadi salah satu peserta nya bu Umul. Sayang nya... tidak semua nya bisa mendapat kesempatan emas itu...

03 Jul
Balas



search

New Post