Unshita Rini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
ALA BISA KARENA BIASA (T.8)
Oleh: Unshita Rini

ALA BISA KARENA BIASA (T.8)

Beberapa waktu lalu saya mendengar percakapan dua orang ibu muda. Dari pembicaraannya, saya menafsirkan mereka berdua sama-sama mempunyai pengalaman menarik tentang menanamkan kebiasaan baik pada anak-anaknya. "Anakku, Say..iklan apa coba yang dia tidak hafal.. Wes pokoknya baru dengar musiknya saja, dia langsung bisa melanjutkan", kata salah satu ibu muda dengan bangganya. "Tapi ya gitu, anakku susah kalau disuruh beres-beres mainannya sendiri", lanjutnya. "Waah sama kita, Jeng. Anakku kalau sudah bongkar mainan, pasti aku yang merapikan lagi", timpal si ibu satunya.

Pembiasaan merapikan mainan setelah digunakan sepertinya hal sepele, tetapi jika dibiarkan membuat anak-anak tidak memiliki tanggung jawab. Menguatkan kebiasaan baik untuk anak tidaklah semudah membalik telapak tangan. Untuk itu, sangat perlu pembiasaan itu distimulasi pada anak sesering mungkin. Faktanya, anak-anak sangat mudah menghafal, baik kata-kata maupun gerakan dari iklan yang diputar berulang-ulang. Maka pembiasaan baik pun akan mudah dilakukan anak jika kita, orang-orang di sekitar anak, selalu menstimulasinya.

Jika anak dibiasakan untuk mengembalikan barang yang digunakannya ke tempat semula setelah digunakan, saya sangat yakin, lambat laun kebiasaan baik itu akan mendarah daging. Tidak perlu disuruh, tetapi anak dengan keinginannya sendiri, akan selalu merapikan barang-barang yang digunakannya. Ala bisa karena biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab dan menginspirasi.

10 Mar
Balas



search

New Post