Upit Sarimanah

Penulis dan pengajar di MP-UIN Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mencicipi Oleh-oleh Kelas Editor Mediaguru

Mencicipi Oleh-oleh Kelas Editor Mediaguru

Senaaaang rasanya berkesempatan mengikuti pelatihan editor. Alhamdulillah saya berjodoh mendapat pengalaman perdana mengenyam ilmu yang pastinya bermanfaat untuk bekal sebagai editor, minimal mengedit tulisan sendiri. Pasalnya selama 2 hari kami digembleng materi terkait penyuntingan naskah. Kelas editor buku yang diinisiasi oleh Mediaguru ini, sontak dengan suksesnya mengumpulkan penulis-penulis dari berbagai provinsi di Indonesia. Acara ini berlangsung pada 4-5 November 2017, bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Ikhlas Jakarta.

Saya iri pada peserta dari luar daerah. Mereka berantusias sekali mengikuti pelatihan “TOP deh”. Patut diacungkan jempol pada peserta Riau, Makasar, Sumatera, Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan daerah lainnya. Sayang yah … belum ada dari Papua… . Yang membuat tambah asyik lagi mereka bawa oleh-oleh makanan daerah masing-masing, jadi enak nih… .

Meja panitia tidak hanya dihiasi promosi buku karya penulis Mediaguru dan asesorisnya, tetapi terhidang pula makanan ala nusantara. Bagaimana tidak ngiler mencicipi geplak, dodol, krupuk, keripik, emping, akar kelapa, bolu durian,…...Yummy… . gratis tis tis.. “Hush… , dari tadi makanan terus". Yuk kita lanjut menyimak materi pelatihannya dari awal sampai akhir.

Hari pertama, peserta disuguhi renyahnya materi penyuntingan oleh Pa Eko Pemred Mediaguru. Gaya khas dan lucunya Pa Eko membuat para peserta enjoy dan betah walaupun banyak tugas mengedit dan menulis. Baru hari pertama saja kami sudah mendapat 3 tugas dan harus langsung mengirimkan hasilnya hari itu juga lewat email, tugas itu diantaranya: mengedit naskah berita, naskah teman, dan naskah Pa Eko yang super duperrr membuat terpingkal-pingkal.

Hari kedua, bersama Pa Eko juga kami menerima materi kalimat baku dan non baku, mengedit tulisan sendiri serta mengisi tabel hasil swasunting naskah, dan menulis maksimal 300 kata reportase pelatihan. Sayang sekali, Pa Ihsan komandan Mediaguru berhalangan hadir karena sakit “semoga lekas sembuh ya Pa”. Tenaaaaaang ........ !. Ada sesi terakhir bersama Pa Leck Murman dengan asyiknya mengupas isi naskah reportase peserta di Gurusiana. Lengkap deh jamuan dan konsumsi ilmu pelatihan kelas editor. Mengenyangkan dan penuh nutrisi bekal kepenulisan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

pasti asyik

05 Nov
Balas

Sangat asyik Pa Romdon pake bangettt

05 Nov

Jamuan ilmu dan fisik perut. Hehehe

05 Nov
Balas

he he he ada master Yudha. iya pa kenyang ada nasi gudeg jg enakkkk

05 Nov
Balas



search

New Post