Usnidar

Merupakan anak ke tiga dari tiga bersaudara. Alhamdulillah, sudah berlatih menulis sejak bergabung dengan MediaGuru. Guru MTs.N 3 Solok. Kecamatan Lembah Gumant...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembiasaan

Pembiasaan

#tagursiana h.2#

Madrasah merupakan sebuah wadah bagi seorang anak untuk mendapatkan bekal ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Salah satu keunggulan madrasah dari sekolah umum adalah, di madrasah lebih banyak mempelajari ilmu agama, sedangkan ilmu umum sama dengan sekolah-sekolah yang sederajat.

Beberapa tahun belakangan, salah satu kegiatan yang sedang digalakkan di madrasah dan sekolah umum adalah kegiatan Tahfiz Al-Qur'an sebagai program unggulan.

Salah satu tujuan adanya program ini adalah untuk tetap memelihara dan menjaga Al-Qur'an di muka bumi dalam hafalan-hafalan umat Islam, sehingga Al -Qur'an tidak hilang dan tetap terjaga sampai akhir zaman.

Sebagai apresiasi bagi anak-anak yang hafal Al-Qur'an, terutama yang hafal 30 juz, mereka diberikan kebebasan memilih perguruan tinggi yang diinginkan. Sedangkan, bagi anak-anak lulusan SMP yang hafal minimal lima juz, mereka akan dipermudah mencari sekolah lanjutan yang diinginkan.

Untuk mengoptimalkan dan membiasakan penghafalan Al-Qur'an ini di madrasah -madrasah, khususnya Kementerian Agama Kabupaten Solok, dicanangkan bahwa setiap siswa yang akan lulus dari madrasah, harus menghafal beberapa juz yang ditargetkan. Upaya yang dilakukan untuk mengejar target dan melaksanakan program Kementerian Agama, MTsN 3 Solok membuat program, setiap pagi selama tiga puluh menit siswa akan menyetor ayat-ayat yang telah mereka hafal di rumah. Hafalan yang disetor minimal satu hari satu ayat (one day, one ayat).

Semoga, dengan membiasakan menghafal Al-Qur'an setiap hari, siswa madrasah menjadi generasi Islami yang Qur'ani. Sehingga, madrasah semakin diburu dan menjadi madrasah hebat bermartabat.

Alahan Panjang, 28 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post