Usrotun Hasanah

Guru Kelas VI SD Negeri 2 Garung Kabupaten Wonosobo....

Selengkapnya
Navigasi Web
Jeritan Buku di Hari Buku Nasional

Jeritan Buku di Hari Buku Nasional

Jeritan Buku di Hari Buku Nasional

Oleh: Usrotun Hasanah

Hari ini diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Namun pada kenyataannya penduduk Indonesia masih rendah minat bacanya.

BPS mencatat angka penduduk Indonesia di atas usia 15 tahun yang melek huruf pada 2010 mencapai 96,07 persen. Angka sebesar ini menjadikan penduduk tanah air berpotensi menjadi pembaca buku. Namun, kenyataan justru sebaliknya.

Unesco pada 2012 mengkalkulasi bahwa angka minat baca Indonesia hanya 0,001 persen. Jika diumpamakan, dari 1000 orang hanya 1 orang saja yang rajin membaca. Dengan proyeksi total penduduk Indonesia di tahun 2018 berdasarkan Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) BPS mencapai 265 juta jiwa, maka ada 265 ribu orang yang punya minat baca tinggi. Tentu, angka tersebut jelas masih jauh jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Berdasarkan data tersebut dan kenyataan di lapangan, tak berlebihan kiranya saya pernah menciptakan sebuah puisi yang menggambarkan kondisi tersebut. Puisi yang sarat dengan pesan untuk kita renungkan bersama.

Jeritan Buku

Aku terdiam membisu

Menghitung waktu

Menanti para pelaku.

Tiga, dua, satu

Tak ada yang menyentuhku

Berproses mencari ilmu.

Ah, apatah aku?

Hanya lembaran kelabu

Berselimut debu.

Rak usang tempatku beradu

Mereyot lepas satu paku

Tak ada yang peduli padaku.

Wonosobo, 17 Desember 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post