Ustadz Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan dilahirkan Dan besar diPasar Rumput /setiabudi Sekolah STM,lalu STAI,lanjut S2 melalui Sekolah Pasca Sarjana Uhamka,Saat ini adalah guru,kepala ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendidik Melalui Nasehat
#3 Mendidik Melalui Nasehat#UMR

Mendidik Melalui Nasehat

Bismillahirrahmanirrahim.

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Dan (Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar”. [Luqmân/31:3].

3.Mendidik dengan Nasehat

Mendidik dengan Nasehat adalah metode yang dipakai oleh Luqmanul hakim dalam mendidik anak anaknya,tentunya keberhasilan Lukmanul hakim didasari pula oleh metode mendidik dengan contoh dan yang kedua dengan Ilmu, karena tanpa contoh yang baik,dan Ilmu yang cukup maka akan sulit bagi org tua menasehati anak anaknya.

Bagaimana Al Qur'an merekam berbagai bentuk nasehat yang disampaikan oleh Luqmanul hakim dalam upayanya membentuk kepribadian buah hatinya.

Allah berfirman :

Kebijaksanaan kata-kata Luqman bahkan diabadikan dalam Alquran Surat Luqman yang patut diikuti manusia hingga kini.

Nasehat Luqman kepada anaknya untuk tidak menyekutukan Allah SWT dengan apapun merupakan nasihat paling utama. Menurutnya, syirik adalah kezaliman yang besar.

perintah untuk berbakti kepada orang tua, terutama kepada ibu. Ibu yang mengandung, menyusui dan merawat anak dengan berbagai kesulitan yang dirasakannya,nasehat tentang Sholat,berbuat baik amar Maruf nahi Munkar,jangan sombong dan lain lain yang merupakan mutiara kisah dalam Alquran yang dapat kita terapkan sebagai orang tua dalam menasehati anak

bersambung....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap parenting yang keren

02 Dec
Balas



search

New Post