Ustadz Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan dilahirkan Dan besar diPasar Rumput /setiabudi Sekolah STM,lalu STAI,lanjut S2 melalui Sekolah Pasca Sarjana Uhamka,Saat ini adalah guru,kepala ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendidik anak dengan Hadiah dan Hukuman
5Jurus Mendidik anak #4 Mendidik dengan hadiah dan hukuman

Mendidik anak dengan Hadiah dan Hukuman

Biillahirrohmanirrohiim

4.Mendidik dengan Hadiah dan Hukuman.

عن عمرو بن شعيب، عن أبيه، عن جده -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: مُرُوا أولادَكم بالصلاةِ وهم أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، واضْرِبُوهُمْ عليها، وهم أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ في المَضَاجِعِ

Dari Amr Bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya berkata: "Rasulullah SAW bersabda: "Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya."

Reward dan Punishment (Hadiah dan Hukuman) telah menjadi metode mendidik Modern yang sangat di akui dalam berbagai teori parenting yang dibahas oleh para pakar pendidikan anak ,karena sesuai dengan fitrah manusia,senang jika diberi Reward/Hadiah dan akan jera jika mendapatkan hukuman.

Contoh kasus jika ada anak kita yang berprestasi,Maka orang tua dapat secara langsung memberikan Apresiasi baik dengan pujian ataupun dengan Hadiah hadiah tertentu yang dapat memotivasi siapapun untuk memicu semangat juang agar lebih semangat lagi.begitupula lPunishment /hukuman tujuannya agar kesalahan kesalahan yang dilakukan oleh anak tidak terulang lagi.

Terkadang orang tua bertindak kurang adil terhadap anak,jika anak bersalah atau melakukan pelanggaran biasanya langsung mendapatkan makian,cacian atau bahkan hukuman ,sementara itu jika anak berprestasi,berhasil meraih sesuatu yang membuat orang tua bangga,namun dia lain mengabaikan pemberian reward sehingga kadang prestasi tersebut stage hanya sampai disitu dan tidak ada peningkatan,karena kurangmerasa di apresiasi

Wallahu alam

Masih bersambung

Wallahu alam

Ahad 4 Des 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

04 Dec
Balas

Trimakasih ibu

05 Dec



search

New Post