Ustadz Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan dilahirkan Dan besar diPasar Rumput /setiabudi Sekolah STM,lalu STAI,lanjut S2 melalui Sekolah Pasca Sarjana Uhamka,Saat ini adalah guru,kepala ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendidik dengan contoh
5 Jurus Mendidik anak(Part 2)#Moh Ridwan,M.Pd #TULISAN KE 2

Mendidik dengan contoh

 

Mendidik Dengan Contoh

Bismillahirrohmanirrohim

 

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya, "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh." (QS. As Shaffat: 100)

1.Mendidik anak dengan memberikan contoh yang baik diyakini sebagai cara paling efektif karena manusia memiliki kebiasaan meniru sesuatu,Jika para orang tua mampu menjadi Idola bagi anak anaknya maka apa saja yang dilakukan orang tua akan dicontoh oleh anak anaknya,namun permasalahan yang kita hadapi saat ini  adalah "Tontonan menjadi Tuntunan" anak anak kita cenderung mencontoh apa yang mereka lihat melalui televisi atau melalui media sosial lainnya,ketika orang tua minim sekali memberikan contoh kebaikan ,maka janganlah berharap anak anak menjadi baik,jika justru lebih banyak memberikan contoh keburukan maka jangan kaget anak bisa lebih buruk dari orang tuanya.

 

Contohnya, jika orang tua ingin memiliki anak yang jujur,maka orang tua jangan sekali kali berbohong kepada anak,karena suatu saat anak akan membohongi orang tuanya dan dipastikan orang tuanya akan sakit hati dibohongi oleh anak,padahal tanpa disadari mereka mencontoh dari orang tuanya,jika anak berkata kasar sering membentak,temperamental,coba koreksi diri apakah kita sebagai orang tua tidak sering mengomel,marah marah dan temperamental, apalagi jika kita ingin anak anak kita menjadi anak yang Sholeh,maka orang tua benar benar harus memulai Sholeh lebih dulu,rajin ibadah lebih dulu,dermawan lebih dulu,agar anak anak dapat mencontoh dan insyaAllah anak anak akan menjadi penyejuk mata (Qurrota a'yun)

 

 

Bersambung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mencerahkan, semoga anak2 ku termasuk anak yg soleh dan soleha aamiin yra

30 Nov
Balas

Aamiin.aamiin aamiin ya Allah

30 Nov
Balas



search

New Post