Ustadz Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan dilahirkan Dan besar diPasar Rumput /setiabudi Sekolah STM,lalu STAI,lanjut S2 melalui Sekolah Pasca Sarjana Uhamka,Saat ini adalah guru,kepala ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendidik dengan Ilmu
#Mendodik dengan Ilmu

Mendidik dengan Ilmu

Bismillah

Kita masih membahas 5 Jurus mendidik anak menurut Dr.Abdullah Nashih Ulwan ,pada point 1. kemaren .mendidik dengan contoh

2.Mendidik dengan Ilmu

Umar Bin khatttab R.A Mengatakan

عَلِّمُوْا اَوْلاَدَكُمْ فَإِنّهُمْ سَيَعِيْشُ فِى زَمَانِهِمْ غَيْرَ زَمَانِكُمْ فَإِنَّهُمْ خَلَقَ لِزَمَانِهِمْ وَنحَنْ ُخَلَقْنَا لِزَمَانِنَا

“Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.

ada juga kalimat yang sering kita dengar dari para orang tua yang menasehati anaknya:"Belajarlah sungguh sungguh nak! Jangan kaya bapak ibumu yang ilmunya cuma segini saja,kalau bisa kamu lebih baik dari bapak ibu"

Begitu pula hadits hadits nabi yang bertebaran berkaitan dengan wajibnya menuntut ilmu,dari buaian sampai liang lahat,dan kalau mau sukses dunia akhirat harus dengan ilmu,ilmu itu cahaya bodoh itu bahaya bahkan sesat.

Dari berbagai hujjah diatas jelaslah bahwa kewajiabn orang tua menanamkan ilmu bagi anak anaknya merupakan hal yang fundamental,terlebih lagi ilmu agama

Diperkuat lagi melalui dalil Al Quran Surat Annisa ayat 9

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا

Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.

Masukkan anak anak kita ke majlis majlis ilmu,sekolah dan madrasah ang baik agar anak anak kita kelak memiliki bekal yang cukup untuk mengarungi kehidupan diera modern ini dan tetap bisa menjaga nilai nilai kesholehan

Bersambung...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post