Uzlifah Rusydiana

Belajar dan terus belajar... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tulis Fungsi di Balik Gambar

Tulis Fungsi di Balik Gambar

Pembelajaran merupakan implementasi kurikulum di kelas. Sebagai pelaksana kurikulum, guru merancang dan melaksanakan kurikulum dengan menggunakan prinsip-prinsip yang dapat memfasilitasi kebutuhan siswa. Salah satu prinsip pembelajaran yang berpihak pada siswa adalah mempertimbangkan kebutuhan capaian belajar siswa. Harapannya, siswa mendapatkan hak belajarnya dengan baik.

Siswa mampu memahami materi pelajaran dengan baik adalah salah satu contoh hak siswa di kelas.

Berbagai cara pun bisa dilakukan guru untuk mencapai tujuan tersebut. Baik dengan metode pembelajaran yang tidak monoton maupun media yang bervariasi. Pada pembelajaran IPA kelas 4 dengan tujuan pembelajaran (TP) memahami fungsi bagian tumbuhan, saya membuat lembar kerja yang berjudul “Untuk Apa Aku?”. Dalam lembar kerja tersebut, ada gambar tumbuhan dan lima gambar bagian tumbuhan. Di antaranya: akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Tiap gambar bagian tumbuhan berukuran 6 cm x 6 cm. Gambar-gambar tersebut saya tempelkan bagian sisi atasnya pada gambar tumbuhan menggunakan lem. Dengan demikian, gambar bisa dibuka dari sisi bawahnya.

Untuk gambar akar diberi warna kuning dan di tempel di bagian paling bawah dari tumbuhan. Gambar batang menggunakan kertas warna merah muda dan di tempel pada bagian batang, sekitar 1 cm di atas posisi gambar akar. Kertas warna hijau dipilih sebagai warna daun karena merupakan ciri khas organ tersebut dan ditempel di atas gambar batang sebelah kanan. Gambar bunga menggunakan kertas warna merah muda dan ditempel di atas gambar batang sebelah kiri. Sedangkan gambar buah dipilih warna kuning dan penempelannya sekitar 1 cm di bawah gambar bunga.

Penggunaan warna yang berbeda pada lima gambar bagian tumbuhan bertujuan agar lebih menarik dan mudah diingat siswa. Lebih baik lagi jika pemilihan warna mendekati warna asli bagian tumbuhan. Misalnya: akar dan batang menggunakan warna cokelat, daun dengan warna hijau, warna merah muda untuk bunga, dan buah bisa menggunakan kertas warna kuning, hijau, merah, atau oranye.

Setelah lembar kerja dibagikan, saatnya siswa menuliskan fungsi setiap bagian tumbuhan di balik gambar. Kegiatan dilakukan secara mandiri agar setiap siswa bisa belajar lebih maksimal dan tidak mengandalkan temannya. Terkadang belajar secara berkelompok, masih sering ditemukan beberapa anggota pasif. Hanya beberapa siswa yang mendominasi.

Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar mampu meningkatkan pemahaman dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

Pembelajaran dengan menggunakan media gambar ini mampu mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks. Dengan kata lain, media gambar dapat mempermudah pemahaman, memperjelas bacaan, dan merangkum informasi yang cukup panjang. Gambar sebagai interpretasinya.

Belajar dengan lembar kerja ini juga memiliki keuntungan tersendiri. Terutama saat siswa tidak bisa menyebutkan fungsi bagian tumbuhan dikarenakan lupa. Mereka bisa langsung membuka gambar bagian tumbuhan karena fungsi tertulis di sana. Seru, bukan? Saatnya bapak ibu guru mencoba!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pembelajaran yang keren bunda

23 Sep
Balas

Matur nuwun, Bunda

23 Sep



search

New Post