vania natassia

Sejak kecil saya senang sekali mengajar. Saya senang jika harus pergi ke tempat yang jauh untuk bertemu anak-anak di perbatasan. Dulu saya pernah mengajar di pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah di Balik Gambar

Kisah di Balik Gambar

"Kisah di Balik Gambar"

Hari ini saya sengaja mengajar anak melukis. Kali ini saya membantu mereka dalam membuatkan contoh gambar di papan tulis.

Awalnya hanya sebuah bukit dan satu rumah. Kemudian bertahap dengan tanaman dan jalan raya. Dengan teliti mereka mengikuti petunjuk menggambar yang saya berikan walau kadang mereka meminta diulangi caranya. Sedikit demi sedikit gambar yang kosong kini menjadi lebih penuh.

Saat saya sedang menggambar awan dan matahari, ada seorang anak memberikan usulan, "Ibu gambar bendera Indonesia di depan rumah. Kita orang Indonesia kan Bu"(kami orang Indonesia yang tinggal di Malaysia). Saya terkejut. Spontan saya mengabulkan permintaan anak itu. Ada pula anak yang usul untuk menggambar sapi dan kerbau dengan penggembalanya. "Penggembala itu duduk di bawah pohon sambil membaca buku, Bu agar tidak tertinggal pelajaran", kata seorang anak perempuan.

Sesudah menggambar sapi dan penggembalanya, ada seorang anak memberikan usulan. Anak yang berbeda tentunya. "Bu, gambar masjid supaya bisa pergi sembahyang". Saya tersenyum dan menjawab "Oke". Tak lama kemudian ada lagi anak memberikan usulnya, "Bu, gambar gereja di samping masjid, biar dekat Bu". Lagi-lagi saya tersenyum mendengar usulan mereka. Saya pun menggambar sesuai permintaan mereka.

Akhirnya jadilah sebuah gambar ini. Gambar hasil usulan anak-anak kelas 1 SD bersama si guru. Dan semua murid mencontoh gambar ini di kertas gambar masing-masing. Betapa senang belajar melukis bersama. Bagaimana pun hasil gambar anak-anak, yakinlah bahwa lebih dari semua itu ada sebuah sikap hidup yang baik dan bisa diteladani dari mereka.

Saya senang anak-anak di sini sudah belajar untuk mencintai lingkungan alam, mencintai negaranya dan memiliki rasa menghormati antarumat beragama. Semoga ilmu yang mereka dapat bisa menjadi bekal dikehidupan mereka kelak.

~female_fighter~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

inspirati

25 Aug
Balas

Terima kasih Bu Iin Nurani... :)

26 Aug

Sip. Hidup seperti mreggambar di kanfas. Salam

25 Aug
Balas

Iya Pak Wiyono. Terima kasih. Semoga sukses selalu. Amin.

26 Aug

Luar biasa ibu vania, sangat inspiratif. Tetaplah menjadi Guru dimanapun berada...

25 Aug
Balas

Amin... terima kasih Pak Didi. Semangat mengabdi!

26 Aug



search

New Post