Vareza Juniardi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Senangnya belajar dengan Kahoot!

Senangnya belajar dengan Kahoot!

Pada era digital ini, gadget atau gawai sudah tidak bisa dipisahkan lagi bagi kehidupan manusia. Khususnya pada siswa dan siswi di sekolah, gawai menjadi hal yang sangat penting. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, yang paling sering dilihat adalah gawai. Gawai menjadi kebutuhan utama kehidupan saat ini. Dalam belajarpun, gawai tidak bisa dipisahkan dari kehidupan belajar siswa. Setiap ada tugas yag susah, siswa tinggal mencari jawaban di Google mereka. Bahkan, mereka hanya perlu memfoto tugas mereka, dan jawaban akan muncul di gawai mereka. Munculnya teknologi-teknologi seperti ini membuat siswa semakin mudah dalam belajar dan mencari informasi untuk sekolahnya.

Dalam pembelajaran di kelas saya sering menggunakan media berbasis teknologi seperti Kahoot! Saat menggunakan Kahoot! siswa sangat bersemangat mengikuti pelajaran, karena Kahoot sendiri merupakan platform yang menyediakan kuis online berbasis game. Selama permainan Kahoot! Siswa merasa antusias dan senang sekali mengikuti pembelajaran yang saya lakukan. Dalam menggunakan Kahoot, siswa bisa tahu skor mereka secara langsug, dan mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dengan memperoleh skor yang tertinggi dalam kelasnya. Dengan antusias dan senangnya siswa dalam megikuti Kahoot, saya menjelaskan saat itu juga mengenai pembelajaran yang saya kemas dalam kuis di Kahoot tersebut. Materi yang saya ajarkan saat menerangkan biasa kepada siswa terasa berbeda saat saya menggunakan Kahoot. Materi yang saya jelaskan seraya saya menggunakan Kahoot terasa lebih bisa masuk dan diterima oleh siswa saya. Saya juga memberikan hadiah kepada siswa saya yang memiliki skor tertinggi, sehingga memau mereka untuk belajar lebih giat lagi dalam materi tersebut.

Penjelasan materi yang biasanya membuat siswa mengantuk, saat menggunkaan Kahoot, siswa menjadi bersemangat dan tidak mengantuk. Sehingga pelajaran atau materi yang dijelaskan bisa langsung diterima oleh siswa. Dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin maju, makin membuat siswa menjadi lebih berisi, pemebelajaran yang awalnya “boring” atau membosankan sekarang menjadi cair dan lebih berisi. Saya sebagai guru merasa terbantu dengan adanya inovasi-inovasi dalam teknlogi pembelajaran. Pmbelajaran yang dulunya hanya menggunakan papan tulis saja, sekarang sudah menggunakan proyektor yang dengan mudahnya berpindah dari satu materi ke materi lain dengan sangat cepat.

Era yang semakin maju ini juga harus dibarengi dengan kemampuan guru-guru yang juga harus semakin maju dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Guru-guru pada masa ini dituntut untuk dapat menggunakan teknologi-teknologi pembelajaran yag semakin hari semakin maju. Kita sebagai guru jangan mau kalah oleh siswa kita. Siswa kita yang umurnya masih muda, masih bisa menyerap segala ilmu yang diberikan, sehingga lebih mudah dan cepat dalam menggunakan teknologi. Guru masa kini dituntut agar bisa “melek computer” yang bebrarti harus bisa mengoperasikan tidak hanya computer, tetapi teknologi-teknologi lain yang dapat menunjang pembelajaran. Kita sebagai guru jangan mau kalah dengan murid kita yang setiap hari semakin mahir dalam menggunakan teknologi.

Sebagai penutup dari artikel yang saya buat. Dengan adanya teknologi pembelajaran seperti Kahoot, pembelajaran yang awalnya terasa membosankan dan membuat siswa mengantuk di kelas sekarang dengan adanya teknologi pembelajaran membuat siswa lebih bersemangat dan antusiasa dalam mengikuti pembelajaran.

Saya Vareza Juniardi, lahir di Jember pada tanggal 8 Juni tahun 1996. Saya saat ini mejadi guru honorer mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri 7 Jember yang terletak di kabupaten Jember provinsi Jawa Timur. Alamat e-mail saya [email protected]. Nomor WA saya 082334012798. Terima Kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post