Veni Kumala

Veni Kumala, Lahir dibumi Silampari, 12 Agustus 1992. Seorang anak rantau yang menetap di bumi perantauannya, JEMBER. Berangkat dengan bekal tekad dan nekat. Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Workshop AKM Menyongsong Perubahan UN Menjadi AN

Workshop AKM Menyongsong Perubahan UN Menjadi AN

#tantangan hari ke-69

****

Sabtu, 12 Desember 2020, Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember mengadakan workshop tentang Asesmen Kompetensi Minimum yang bertema Menyongsong Perubahan UN menjadi AN (Asesmen Nasional tahun 2021).

Pada kesempatan emas ini, saya sangat antusias mengikuti pemaparan materi yang disampaikan oleh bapak Abdul Malik, M.Pd. beliau lahir di Tuban 20 Oktober 1978. Sederet prestasi telah beliau raih. Diantaranya:

• Peraih beasiswa ABD dan DEPDIKNAS peningkatan kompetensi guru tahun 2002-2004.

• peraih juara 2 E-Learning award 2007 tingkat nasional

• peraih juara harapan 1 tingkat nasional lomba pembuatan multimedia pembelajaran SMA tahun 2008 di Bogor.

• peraih juara 1 tingkat provinsi Kaltim guru berprestasi SMA 2009.

•Peraih juara 1 tingkat Kabupaten Bojonegoro guru berprestasi SMK tahun 2012.

•peraih juara 1 tingkat Provinsi pembuatan media presentasi pembelajaran 2015.

Selain meraih sederet prestasi diatas beliau juga menjadi Instruktur Nasional (IN) dan penulis soal Ujian Nasional (UN) Puspendik Kemdikbud tahun 2017-2019 serta penulis soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Provinsi Jawa Timur 2017-2019.

Ada beberapa poin penting yang dapat saya serap dari pemaparan materi, diantaranya:

* Yang termasuk Asesmen Nasional terdiri dari 3 hal:

1. AKM

2. Survey Karakter

3. Survey Lingkungan Belajar

Disini saya akan berbagi ilmu dengan apa yang telah saya serap dari materi yang dijelaskan oleh pemateri, utamanya tentang AKM.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah asesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Sedangkan yang dimaksud dengan numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari- hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

ada beberapa komponen pentingl yang harus kita perhatikan dan pahami terkait AKM. komponen tersebut meliputi:

konten literasi meliputi:

1. Teks Informasi

2. Teks Sastra

proses kognitif literasi meliputi:

1. menemukan informasi (acces and retrieve)

2. memahami informasi (interpret and integrate)

3. mengevaluasi dan merefleksi (evaluate and reflect)

konteks literasi meliputi:

1. personal

2. sosial budaya

3. saintifik

konten numerasi meliputi:

1. bilangan

2. aljabar

3. geometri dan pengukuran

4. data dan ketidakpastian

proses kognitif numerasi meliputi:

1. pemahaman (knowing)

2. aplikasi (applying)

3. penalaran (reasoning)

konteks numerasi meliputi:

1. personal

2. sosial budaya

3. saintifik intra

4. saintifik ekstra

bentuk soal literasi-numerasi meliputi:

1. pilihan ganda

2. pilihan ganda kompleks

3. menjodohkan

4. isian singkat

5. uraian

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menarik kisahnya bu, trms infonya

12 Dec
Balas

Sama2 bu Elva. Salam kenal y

12 Dec

Informatif sekali tulisannya bunda cantik

12 Dec
Balas



search

New Post