Verawati

Verawati, lahir di Bekasi pada tanggal 25 Desember 1977 adalah salah seorang guru Akuntansi di Kabupaten Bekasi yang tidak hanya aktif dalam membina murid-murid...

Selengkapnya
Navigasi Web
Motivasi Menulis Dan Menerbitkan  Buku

Motivasi Menulis Dan Menerbitkan Buku

Motivasi Menulis Dan Menerbitkan Buku

Oleh: Verawati

Malam ini adalah malam ke sembilan untuk proses belajar menulis di PGRI. Mentor menulis kali ini adalah seorang senior yang sama-sama berasal dari UNJ. Namanya Pak Dail. Orang sering memanggil beliau dengan sapaan Pak Ustadz. Maklumlah beliau dulu di UNJ mengambil jurusan bahasa Arab sementara saya mengambil jurusan Akuntansi.

Secara singkat Pak Dail memberikan 16 kiat terkait dengan motivasi menulis dan menerbitkan buku. Keenam belas kiat yang beliau sampaikan tersebut adalah:

1. Temukanlah apa tujuan kita dalam menulis. Niat kita apa? Segala sesuatu memang harus dimulai dari niat.

2. Ingatkan lagi kepada diri kita mengenai apa tujuan awal kita dalam menulis? Jika tujuan kita hanya untuk menjadi dikenal maka hal itu adalah hal yang biasa. Tetapkan tujuan yang lebih mulia yakni kita bisa beramal sholeh melalui tulisan-tulisan kita meskipun nanti kita telah tiada.

3. Mulailah mencari tahu apa manfaat menulis dan membaca. Kedua hal ini sangat berkaitan erat karena menulis tanpa membaca adalah tindakan yang nekat belaka.

Menulis tidak semata-mata mengandalkan fikiran dan perasaan, tapi menulis juga memerlukan rujukan-rujukan. Tulisan yang baik adalah yang kaya dengan sumber bacaan.

4. Atur manajemen waktu untuk menulis. Prinsip dalam menulis adalah meluangkan waktu. Jangan menunggu ada waktu luang untuk menulis.

5. Bacalah karya-karya orang orang lain untuk menambah kualitas diri kita dalam menulis. Tidak ada seorangpun penulis yang sempurna sebagaimana pepatah mengatakan nobody is perfect. Dengan membaca karya atau tulisan orang lain kita akan memetik hal-hal positif di luar perspektif yang selama ini kita punya.

6. Carilah suasana yang berbeda dalam menulis agar kita terhindar dari rasa bosan.

7. Bergabunglah dengan komunitas menulis agar kita selalu terjaga motivasinya.

8. Carilah wadah-wadah untuk menulis, misalnya menulis buku antologi.

9. Perbanyak bahan-bahan untuk tulisan kita. Jangan hanya melulu tentang pengalaman hidup kita, pemikiran kita, cobalah banyak membaca sehingga ada tulisan-tulisan yang berbasis dari referensi yang kita baca.

10. Buatlah tantangan untuk diri kita sendiri. Cobalah buat tulisan-tulisan yang berani.

11. Jangan selalu berharap pujian. Apalagi pujian dari manusia. Katakan saja Alhamdulillah jika ada orang yang memuji kualitas tulisan kita.

12. Jangan menulis dalam kondisi terburu-buru.

13. Selalu berfikir positif tentang tulisan orang lain. Untuk tulisan kita sendiri, jika ingin dianggap bagus hendaklah yang memberikan manfaat dan menginspirasi buat orang lain.

14. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Be genuine. Be yourself. Sesederhana apapun sebuah tulisan yakinlah ia akan menemui takdir pembacanya.

16. Utamakan selalu kesehatan. Jangan ngoyo dalam menulis sampai-sampai harus mengorbankan kesehatan diri sendiri.

Itulah 16 tips yang dapat saya rangkum lewat sesi belajar dengan WA malam ini.

Semoga keenam belas hal tersebut dapat memandu kita semua untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik suatu hari nanti.

Penulis resensi.

-Verawati -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

11 Sep
Balas

Resensi menulis yang keren bunda

10 Sep
Balas

Terimakasih banyak Bu Sofi..

10 Sep



search

New Post