Verawati

Verawati, lahir di Bekasi pada tanggal 25 Desember 1977 adalah salah seorang guru Akuntansi di Kabupaten Bekasi yang tidak hanya aktif dalam membina murid-murid...

Selengkapnya
Navigasi Web
Munaqosyah Tahfidhzil Qur'an

Munaqosyah Tahfidhzil Qur'an

*Munaqosyah Tahfidhzil Qur'an*

Penulis :

Bunda Habibi Nashrullah - SDIT Al-Imaroh Kelas 1A

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT karena pagi ini Habibie dapat mengikuti kegiatan penilaian hafalan Qur'an yang dalam bahasa arabnya kegiatan pengetesan ini disebut dengan istilah "munaqosyah".

Habibi membacakan surah Annaba dan bersama-sama menyanyikan lagu "Aku Ingin Jadi Hafiz Qur'an".

Murid-murid yang mengikuti kegiatan ini mengikuti serangkaian seleksi selama di kelas.

Alhamdulillah meskipun dengan gaya belajar yang santai dalam menghafal Qur'an, Habibi bisa terpilih untuk mengikuti kegiatan ini.

Ada beberapa metode yang selama ini kami terapkan sebagai orang tua antara lain dengan menyetel berulang-ulang surat-surat yang harus dihafalkan oleh si kecil. Di mobil dan di rumah YouTube surat-surat yang harus dihafalkan diulang-ulang terus.

Bapak kepala sekolah pertama kali memberikan sambutan bertanya kepada para orang tua yang hadir, apakah bahagia mengikuti kegiatan munaqosah ini? Jawaban para ibu-ibu dengan spontan menjawab "bahagiaaaa..."

Bagaimana tidak bahagia, anak-anak yang masih kelas 1 SD menyanyikan lagu wajib hafiz Qur'an dengan sangat mengharukan. Bahkan di barisan depan ada juga anak laki-laki yang menangis ketika menyanyikan Syair I Love My Family Forever in my heart.

Alhamdulillah, Habibi selalu melihat hal-hal positif dari kak Nazwa. Ketika kakak sudah hafal 7 juz, maka dalam hati dia selalu ingin bisa mengikuti jejak kakak. Mereka berdua semoga bisa menjadi anak-anak yang tidak hanya pintar ilmu umum saja, tapi menjadi anak yang punya basic hafalan yang bisa digunakan dengan baik dalam setiap sholat mereka, dalam doa-doa mereka, dan khususnya bisa mendoakan kami sebagai orang tua bila nanti kami sudah tiada.

Dari 525 peserta didik, setelah diseleksi 265, ternyata setelah proses yang panjang, maka Alhamdulillah terpilih 156 siswa terpilih di kegiatan munaqosah ini. Alhamdulillah.

Tidak lupa pula sebagai orang tua kami sangat bersyukur karena Bu guru di SDIT Al-Imaroh kelas 1A , Ibu Lilis dan Ibu Wuri yang memiliki kesabaran luar biasa dalam membimbing anak-anak agar mampu menghafal Qur'an ini.

Memang guru-guru SD sangatlah besar jasanya bagi perkembangan tumbuh kembang anak, karena mereka dituntut memiliki kemampuan dalam segala disiplin ilmu.

Dalam hal kesuksesan anak-anak dalam menghafal Qur'an ini, dibutuhkan guru-guru yang tidak hanya mempunyai kemampuan untuk membaca Alquran, akan tetapi mereka juga harus memiliki motivasi tinggi untuk mau menghafalkan Qur'an.

Guru yang mempunyai semangat tinggi untuk menghafal Qur'an, akan menularkan semangat tersebut kepada murid-muridnya. Sebaliknya, guru yang memiliki semangat rendah, akan sulit untuk mendongkrak hafalan murid-muridnya karena semangat belajar antara guru dan murid akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Terimakasih Bu Lilis, Bu Wuri, atas kesabaran dan semangat 45 yang selama ini kalian tularkan kepada anak-anak kami.

Untuk Anaku Nazwa dan Habibi, terimakasih juga karena kalian semua telah berusaha untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan membahagiakan ayah ibu sesuai dengan kemampuan kalian masing-masing.

Semoga kita sekeluarga kelak akan bersama-sama berkumpul kembali di syurga sesuai dengan janji Allah SWT.

Sebagai penutup , izinkanlah penulis mengutip syair lagu wajib yang dinyanyikan oleh anak-anak pada saat acara Munaqosyah Tahfidhzil Qur'an yang diadakan oleh SDIT Al-, Imaroh pada tanggal 1 Juni 2022 yang lalu.

Kuputuskan satu impian

Aku ingin jadi hafidz Quran

Ku akan bertahan, walau sulit, melelahkan

Allah beri aku kekuatan

Kuimpikan sepasang mahkota

Kuberikan di akhirat kelak

Sebagai pertanda bahwa kau sangat kucinta

Aku cinta engkau kar'na Allah

Ku cinta Ummi

Ku cinta Abi

Kuharap doamu s'lalu dalam hati

Ku cinta Ummi

Ku cinta Abi

Berharap bersama di surga-Nya nanti

Kuputuskan satu impian

Aku ingin jadi hafidz Quran

Ku akan bertahan, walau sulit, melelahkan

Allah beri aku kekuatan

Kuimpikan sepasang mahkota

Kuberikan di akhirat kelak

Sebagai pertanda bahwa kau sangat kucinta

Aku cinta engkau kar'na Allah

Ku cinta Ummi

Ku cinta Abi

Kuharap doamu s'lalu dalam hati

Ku cinta Ummi

Ku cinta Abi

Berharap bersama di surga-Nya nanti

I love you, Ummi

I love you, Abi

I love my family, forever in my heart

I love you, Ummi

I love you, Abi

I love my family, forever in my heart
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post