Verawati

Verawati, lahir di Bekasi pada tanggal 25 Desember 1977 adalah salah seorang guru Akuntansi di Kabupaten Bekasi yang tidak hanya aktif dalam membina murid-murid...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMASARAN BUKU

PEMASARAN BUKU

Resume Pertemuan ke-21, Belajar Menulis PGRI Gelombang ke-27.

PEMASARAN BUKU

Oleh : Verawati, S.Pd, M.Ed

Di malam ke-21 ini kembali saya belajar menulis dengan tema : Pemasaran Buku. Moderator pada malam ini adalah Ibu Emut dari Lebak yang akan menemani saya dan para penulis nusantara tanpa sekat dan tanpa batas.

Adapun narasumber hebat yang akan berbagi pengalaman pada malam ini adalah seorang marketing handal bernama Bapak Agus.

Sebelum dimulai pemaparan moderator memberikan sebuah kata-kata mutiara dari seorang ulama besar bernama Ali bin Abi Thalib yang mengatakan bahwa :

Semua orang akan mati terkecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak”

Menurut narasumber pada malam ini, jika kita sudah memasuki pertemuan ke-21 maka artinya kita sudah boleh menyusun naskah resume untuk dijadikan buku solo hasil pelatihan. Ditambah 10 pertemuan motivasi sebagai penguatan.

Hal ini dikarenakan buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. Namun demikian, setelah buku tersebut sudah jadi,akan muncul sebuah masalah baru lagi yakni bagaimana cara memasarkan buku yang sudah dicetak ?

Apakah buku kita tersebut dibiarkan numpuk hanya untuk koleksi saja, atau sekedar ditumpuk di perpustakaan sekolah?

Apakah sudah layak buku kita untuk diperjualbelikan?

Para penulis yang berbahagia, ingatlah bahwa tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang kemudian disajikan kepada para pembaca.

Sebelumnya kita harus memahami terlebih dahulu sajian apa yang diminati oleh masyarakat.

Tidak mudah membidik selera dari konsumen yang lahir dari berbagai kalangan. Diperlukan strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang memang dibutuhkan.

Oleh karena itu, strategi pemasaran buku merupakan judul materi yang menggelitik dan layak untuk kita kuasai.

Menurut Pak Agus, strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik .

Menapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.

Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku.

Beliau memberikan contoh pada Penerbit ANDI Offset yang telah menerbitkan buku cukup banyak katagori produk, yaitu ada 32 katagori produk buku antara lain: katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dan lain-lain.

Dari berbagai jenis katagori buku inilah selanjutnya kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan .

Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis, sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi :

1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Menurut penjelasan Pak Agus, saat ini beliau dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku sedang masuk ke dalam dua faktor tersebut.

Hal itu dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku yang cukup lama. Usia penerbitannya sudah mencapai 42 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Strategi Pemasaran buku yang telah beliau lakukan dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu:

1. Strategi Pemasaran Buku serangan Udara.

2. Strategi pemasaran buku serangan Darat.

Dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

A. Strategi pemasaran buku serangan udara maksudnya adalah strategi pemasaran secara on line.

Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau tidak mau beliau dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini.

Bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer. Dapat dipastikan usaha tidak sebaik dulu.

Pada zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.

Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :

1. Content marketing.

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu.

Tujuan content marketing adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3. Search Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

5. Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online.

Hal ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kita bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7. Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. TV. ANDI AKADEMI . Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI.

Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan streaming.

10. Penerbit andi Juga telah berkerjasama dengan marketplace seperti bukalapak, shopee, dll serta moitra / reseller

Menurut narasumber, penting sekali untuk melakukan penjualan buku lewat Online. Kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

a. Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

b. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

c. Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

d. Menaikkan penjualan dan profit

e. Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

f. Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

g. Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen.

B. Strategi pemasaran buku serangan darat, maksudnya secara OFF LINE.

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik.

Beliau mengatakan bahwa saat ini Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh sampai Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1. Pemasaran melalui toko buku.

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

Saat pandemi covid saluran distribusi lewat Toko buku sangat berat sekali dan banyak toko buku yang gulung tikar. Namun saat ini toko buku mulai mengeliat kembali walaupun belum 100 Percent pulih seperti sebelum Covid

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

a. Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner.

b. Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

c. Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dan lain-lain )

d. Masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

2. Pemasaran buku melalui komunitas.

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas (membuat Grup w.a dll)dan relasi.

Gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.

Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Demikianlah berbagai teknik dan strategi untuk memasarkan buku sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Pak Agus selaku pakar marketing dari penerbit besar bernama ANDI OFFSET.

Semoga berbagai teknik dan strategi yang diajarkan dapat menginspirasi kita semua khususnya saya pribadi agar mulai membuka jalan pemasaran atau networking sehingga buku-buku yang telah saya hasilkan dapat dibaca oleh orang banyak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post