Viny Yunistiani

Seorang Ibu yang diberi tugas tambahan sebagai seorang Guru yang sedang belajar menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web
Gak Ikut SmartTren, Gak Smart dan Gak Keren

Gak Ikut SmartTren, Gak Smart dan Gak Keren

Pada hari Rabu,6 April 2022 di sekolah kami dilaksanakan Pembukaan Kegiatan SmartTren Ramadan 1443H. Kegiatan ini telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya di bulan suci Ramadan sebagai program Dinas pendidikan provinsi Jawa Barat. SmartTren Ramadan ini dilaksanakan dalam upaya penumbuhan Budi pekerti para peserta didik di lingkungan SMA, SMK dan SLB.

SmartTren Ramadan di sekolah kami dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus covid-19. Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan solat Dhuha bersama lalu secara resmi dibuka langsung oleh kepala sekolah kami,Bapak Deden S, S.Pd., M.M.

Beliau menyampaikan amanat agar para peserta didik bersemangat mengikuti SmartTren ini dari hari pertama hingga akhir nanti. Turut hadir pula ketua komite sekolah kami yang memberikan motivasi kepada para peserta didik agar mengisi bulan Ramadan ini dengan berbagai kegiatan positif dan kegiatan SmartTren ini adalah kegiatan yang tepat.

Berbagai aktivitas SmartTren Ramadan ini sangat variatif tidak hanya mendengarkan materi kajian ilmu agama saja. Namun berbagai aktivitas kreatif lainnya bisa kita dapatkan dalam SmartTren. Seperti :

KIDS IRAMA SMANDE (Kajian Islam di Sekolah "Indahnya Ramadan Meraih Taqwa bersama SMANDE), Sholat Dhuha bersama, Tadarus Al-Qur'an dan Tahfidz Juz 30, IMAM (Infak Massal Aktualisasi Masagi), Wakaf 10.000 mushaf Al-Qur'an, BUBOS (Buka Bersama On the Screen), bakti sosial dengan pembagian Rantang cinta ASN, Pramuka, dan siswa, Khatam Al-Qur'an dengan metode menulis, serta AMS (Ajengan Masuk Sekolah).

Akan seru sekali pokoknya SmartTren ini.

Hari pertama SmartTren di sekolah kami sangat spesial karena Camat Mande yaitu Ibu Rella Nurrela,S.TP.,M.Si berkenan untuk memberikan materi dalam sesi KIDS IRAMA Smande (Kajian Islam di Sekolah "Indahnya Ramadan Meraih Taqwa bersama SmartTren Smande").

Beliau menyampaikan materi "Menjadi Peserta Didik Berakhlak Mulia, Kreatif dan Inovatif ". Materi disajikan dengan menarik dan mendapatkan respon yg sangat baik dari para peserta didik. Bahkan para siswa sangat antusias saat sesi tanya jawab berlangsung karena Ibu Camat memberikan hadiah pulsa senilai 50 ribu rupiah bagi dua orang peserta didik yang dapat menjawab dengan tepat.

Lalu di hari kedua, saya berkesempatan memberikan materi dalam sesi KIDS IRAMA SMANDE ini mengenai " Menyambut Bulan Suci Ramadhan" kepada para peserta didik akhwat (siswi). Materi ini diberikan pula kepada para peserta didik Ikhwan (siswa) oleh rekan saya yaitu Ibu Eli Solihat, S.Pd. Oiya peserta SmartTren di sekolah kami dibagi menjadi dua bagian, Ikhwan dan akhwat di dua tempat yang berbeda.

Nah, saya berkesempatan memberikan materi untuk para akhwat. Saya membagi materi menjadi 3 bagian. Pertama, mengenai apa saja keutamaan bulan Ramadan. Kedua, apa saja yang harus dilakukan untuk meraih keutamaan bulan Ramadan ini. Dan yang terakhir, mengajak para akhwat untuk membuat Ramadan Planner yang berisi rencana kegiatan amal ibadah setiap harinya. Agar setiap harinya di bulan Ramadhan ini dapat terisi dengan amalan ibadah dan terhindar dari hal yang sia-sia. Para akhwat menyimak materi dengan baik, dan sebagai reward saya membagikan tiga bingkisan bagi para akhwat yang dapat membaca ayat Al Qur'an dan menjawab beberapa pertanyaan.

Kemudian hari ketiga SmartTren Ramadan ini KIDS IRAMA SMANDE membahas mengenai "Hal-hal yang Membatalkan Puasa dan Pahala Puasa" . Materi ini disampaikan oleh Mz Nina Nursuhaniah , S.S kepada para akhwat. Serta Pak Tiyan Martiyana A, S.Pd kepada para ikhwan. Para peserta didik menyimak materi dengan penuh perhatian dan mencatat ringkasannya di buku agenda kegiatan Ramadan yang kami sediakan.

Setiap setelah selesai sesi KIDS, para peserta didik Ikhwan dan akhwat melaksanakan kegiatan Tadarus Al-Qur'an serta muraja'ah Juz 30 yang dibimbing oleh wali kelas dan mentor dari Bapak Ibu guru selain wali kelas. Bagi para peserta didik yang belum lancar membaca Al Qur'an kami sediakan program khusus tahsin yang dibimbing oleh para guru pendidikan agama Islam.

Pelaksanaan SmartTren Ramadan ini insyaAllah akan kami laksanakan hingga tanggal 28 April 2022 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat. Melalui SmartTren Ramadan, mari kita isi hari-hari yang penuh berkah di bulan Ramadan dengan berbagai aktivitas yang dapat menumbuhkan Budi pekerti luhur, akhlakul karimah pada diri peserta didik. Yuk para peserta didik kita jaga terus semangatnya, agar semakin smart dan keren,kita ikuti SmartTren Ramadan ini dengan niat tolabul 'ilmi lillahi ta'ala. So, kalau kalian gak ikutan SmartTren? gak smart dan gak keren.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

14 Apr
Balas



search

New Post