VS Kurnianingsih

Veronica Sri Kurnianingsih, S.Pd Bekerja sebagai guru IPS di SMPK St Vincentius Surabaya. Jalan Tidar 115 Surabaya. Alumni IKIP Negeri Malang, angkatan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
BE A SMART TEACHER FOR FUTURE

BE A SMART TEACHER FOR FUTURE

Ini adalah hasil Seminar Nasional Fogipsi pada tanggal 22 Oktober 2017, saya sengaja meletakkan disini karena tulisan Aris sangat bagus untuk disimak dan direnungkan oleh oleh seorang guru dan untuk diterapkan pada anak didik. Selain itu saya percaya bahwa setelah disimpan di gurusiana ini tulisan ini tidak akan hilang dari file saya, meski Android saya hilang sekalipun. Terima Kasih Pak Aris, terima kasih Fogipsi.

Be a Smart Teacher for the Future Pemateri: Aris Ahmad Jaya. MM

Guru dalam akronim bermakna di GUgu dan ditiRU; Digugu dalam bahasa jawa bermakna nasehatnya akan didengarkan dan dipercaya karena sedemikian besar penghormatan dan penghargaan sang murid kepada sang guru sehingga guru menjadi idola. Imbasnya adalah dia akan ditiRU dan dijadikan tauladan oleh sang murid tercinta. Apapun yang dia lakukan akan menjadi trend bagi anak didiknya.

Untuk menjadi guru yang di gugu sekaligus di tiru tentu dibutuhkan sebuah proses cerdas yang terdesain (by design) sehingga menjadi GURU BETULAN dan bukan proses mendadak karena terpaksa (by Accident), GURU KEBETULAN

Sebagai seorang guru (pendidik) Anda memiliki tiga pilihan dalam hidup ini.

Pilihan pertama adalah hidup sebagai Guru Nyasar,

Pilihan ke dua adalah hidup sebagai Guru Bayar,

Pilihan ketiga adalah hidup sebagai Guru Sadar

GURU NYASAR mendeskripsikan kehidupan Guru yang tidak pernah dirasakan kehadirannya oleh anak didik. Ciri sederhana guru nyasar adalah bekerja bukan panggilan jiwa, hanya sekedar mengisi waktu luang dan sekedar menggugurkan kewajiban. Bekerja sekedar melepaskan predikat daripada menganggur. Guru Nyasar sebenarnya adalah guru yang kehidupannya tersiksa, pertemuan belajar mengajar demikian menjenuhkan dan membosankan. Guru nyasar lebih banyak mengeluh dibandingkan mencari solusi pemecahan. Jam dinding bergerak sedemikian lambat seakan baterainya habis. Guru Nyasar memiliki 5 sifat dasar andalan, yaitu M4B ( Mengeluh, Menunda, Malas, Menyalahkan dan Banyak Alasan). Guru nyasar tidak akan pernah dirindukan apalagi menjadi idola kebanggaan anak didik. Guru nyasar harus segera sadar, kalau tidak sadar akan membuat anak didik kesasar. Kalau tidak segera sadar, solusi terbaik adalah digantikan. Guru nyasar tidak mengetahui perkembangan anak didik, bahkan jarang berkomunikasi dengan anak didik. Anak tidak merasakan kesan mendalam kehadiran sang guru.

GURU BAYAR, mendiskripsikan kehidupan seorang Guru yang bekerja hanya sekedar memenuhi kebutuhan financial. Ada uang aku saying, tidak ada uang aku melayang. Guru bayar selalu mengukur segalanya dengan uang. Pelajaran tambahan adalah UANG, tugas luar juga UANG, professional selalu diukur dengan uang. Guru bayar pasti akan kecewa, karena tidak semua orang bisa memenuhi alur pikirannya. Guru dibayar memang wajar, namun ketika hanya mau bekerja ekstra asal ada uang ekstra itulah yang membuat guru diperbudak UANG. Bagi guru bayar akan menderita sakit hati ketika orang lain yang mungkin secara keilmuwan biasa-bisa saja namun gajinya luar biasa. Guru bayar harus segera sadar, kalau tidak sadar akan menderita sakit luar dalam. Sakit fisik karena lelah dan sakit psikis karena tidak ikhlas.

GURU SADAR, mendiskripsikan seorang guru yang menjalankan tugasnya dengan bahagia, ceria dan sepenuh jiwa. Guru sadar benar-benar tahu dan sadar bahwa Anak didik adalah amanah yang akan menjadi investasi dunia dan kebahagiaan diakherat. Guru tipe sadar mengetahui benar bagaimana perkembangan pendidikan anak didik, Guru sadar senantiasa mendidik dengan cinta dan melayani sepenuh hati. Guru sadar adalah guru yang mampu mengoptimalkan kecerdasan emosi anak didik . Guru sadar memang membutuhkan uang untuk kehidupannya, namun guru sadar memahami bahwa uang adalah bagian dari efek positip dari keprofesionalan dia. Dan saya yakin Anda adalah GURU SADAR yang mampu mengajar dengan Dahsyat dan memikat.

Ada bebarapa cara cerdas yang dapat dilakukan oleh guru sadar, sehingga mampu menjadi guru yang dirindukan, guru dahsyat guru memikat.

Cara cerdas pertama,

JADILAH PRIBADI YANG SMART (MENYENANGKAN)

Pastikan Bahwa Anda Adalah Orang Yang Menyenangkan.

Mulai dengan murah senyum, Salam dan sapa anak didik Anda dengan nama panggilannya, tangkap basah kebaikan-kebaikan anak didik Anda, istilahnya tempa besi selagi panas. Tips ini yang perlu Anda lakukan cukup mengungkapkan secara spontan pujian yang pas ketika sang murid melakukan kebaikan. Contoh: Ada anak yang jarang mengerjakan tugas dan saat itu ia mengerjakannya dengan baik, yang perlu Anda lakukan cukup katakan “nah gitu dong mengerjakan tugas, Ibu yakin kalau kamu lebih rajin lagi suatu saat nanti bisa jadi orang sukses”. Tips ini cukup efektif meningkatkan semangat belajar bagi murid Anda, namun jangan sebaliknya Anda menangkap basah keburukannya. Jika ini terjadi bisa-bisa tertanam dalam pikiran murid Anda kata-kata negatif yang Anda katakan.

Guru yang menyenangkan akan mampu membuat jam diding kelas sedemikian cepat bergerak sehingga tanpa terasa waktu telah habis. Dia akan menginspirasi dan dirindukan. Tangkap basah kebaikan murid Anda, kenali dan panggil dengan namanya, sapa dan jadikan dia adalah penting bagi Anda.

Biasakan mengucapkan terima kasih kepada mereka atas kerjasama apapun yang ditunjukkan kepada Anda. Ucapkan terimakasih atas baju rapi yang dipakainya, ucapkan terima kasih atas ketepatan waktunya, ucapkan terima kasih atas prestasi terbaiknya, ucapkan terima kasih atas PR yang dikerjakannya. Ucapkan terimakasih atas keseriusan belajar bersama Anda.

Hapuskan kata mengeluh dan merendahkan diri didepan anak-anak. Anda adalah guru tangguh yang pantang mengeluh bahkan menyalahkan didepan anak didik.

Cara cerdas ke dua

Integritas, yaitu Komitment Dan Konsistent Atas Apa Yang Anda Ucapkan Dan Lakukan.

Keteladanan adalah kata kuncinya. Hanya Orang Disiplin Yang Pantas Menyuruh Disiplin. Ketahuilah Banyak guru yang ingin menyampaikan kebenaran kepada siswa didiknya namun belum mampu menyampaikan kebenaran dengan cara yang benar. Banyak guru yang ingin menyampaikan kebaikan kepada siswa didiknya, namun belum mampu menyampaikan kebaikan tersebut dengan cara yang baik. Sehingga setiap guru memerlukan seni menyampaikan kebenaran dengan cara yang benar dan menyampaikan kebaikan dengan cara yang baik.

PASTIKAN BAHWA ANDA ADALAH SATU KATA DALAM PERBUATAN.

Ada 3 hal indikator INTEGRITAS

Pertama, Jika berbicara Jujur, Kedua, Jika berjanji menepati, Ketiga, Ketikla diberikan kepercayaan melaksanakan dengan baik dan tuntas.

Cara cerdas ketiga

KONTRIBUSI DENGAN KEUNGGULAN DAN MILIKI NILAI TAMBAH

Sesungguhnya Guru yang mampu berkontribusi lebih justru dia akan mendapatkan lebih banyak dari apa yang dia berikan.

Mulailah dengan selalu menjaga kata positip, hindari perbandingan yang tidak adil dan buktikan bahwa apa yang anda katakan adalah sebagaimana yang Anda lakukan. Buatlah sebuah kesan bahwa setiap murid Anda adalah penting. Apapun yang keluar dari mulut Anda adalah mutiara SYURGA yang membuat murid Anda bergetar, salurkan energy positip (EPOS), berikan motivasi dan inspirasi. Guru dahsyat dan memikat senantiasa memulai hari-harinya dengan sikap optimis, antusias, riang dan bahagia.

Cara Cerdas Keempat

JALINLAH HUBUNGAN INTERPERSONAL YANG BAIK

Komunikasilah dan nasehatilah Anak didik Anda ketika kondisi nyaman dan rileks.

Dalam kondisi ini siswa lebih siap mendengarkan dan memperhatikan Apapun saran dan nasehat Anda. Kondisi Rileks dapat diperoleh manakala Anda tidak punya masalah dengan Anak didik. Atau Anda ciptaka dengan cara menghargainya. Minimalnya salam, senyum dan sapa.

Kalupun Anda mau marah maka Marahlah Dengan Cerdas. Mungkin sebagian dari Anda ada yang bingung dengan tulisan ini. Kalau Anda harus marah maka marah dengan cerdas. Aturannya adalah:

Pertama, Hindari memarahi murid Anda di depan kelas atau di depan orang lain, sebaiknya Anda bawa ia ke kantor.

Kedua, Ungkapkanlah hal yang Anda inginkan, bukan apa yang tidak Anda Inginkan. Ketiga, Atur intonasi dan emosi Anda agar saat marah Anda masih dalam proporsi yang wajar

Contoh: Abda sedang didepan kelas....

“Bapak tahu dari awal masuk ke sekolah ini, Kalian Adalah kelas yang Kompak, bisa kerjasama dan punya kemauan kuat untuk lulus dengan nilai terbaik. ini siswa yang baik, cerdas dan rajin... ingat itu, bapak yakin kalian pasti bisa berubah menjadi lebih baik, kalau mau, yang ingin berubah angkat tangannya...”. Kalau Anda marah dengan kalimat seperti ini maka Anda tergolong mampu marah dengan cerdas.

Tips Kelima

JANGAN MEREMEHKAN HAL HAL YANG KECIL

Contohnya : Senyum ketika berpapasan, Salam dengan Tulus. Dan menyapa dengan nama panggilannya

Semoga Bermanfaat.

ARIS AHMAD JAYA

081210461034

www.arisahmadjaya.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Membawa pencerahan utk qt selaku guru dan semoga surga yg dijanjikan ... terkabul Semangat qt untuk jadi guru sadar yg berkah ayo guru2 ips fogipsi jatim jadilah guru2 yg berkomitmen dalam diri qt masing2 utk sekolah Salam 3K fogipsi ok ... ocree

24 Dec
Balas

Wah menyampaikan ilmu dan pengetahuan untuk kita, terima kasih telah berbagi, saya sangat terinspirasi

24 Dec
Balas

Luar biasa bu Vero, terus menulis

24 Dec
Balas

Terimakasih banyak ibu masukannya..pasti sangat bermanfaat

24 Dec
Balas

Mantap Bu Vero, inspiratif

24 Dec
Balas



search

New Post