WAHYU ARIYATI

Mengajar itu membahagiakan Menulis itu menyenangkan...

Selengkapnya
Navigasi Web
31,31

31,31

Tiga satu koma tiga satu.

Tiga puluh satu koma tiga puluh satu.

Tiga puluh satu koma tiga satu.

Gara-gara membaca tulisan berjudul Membaca Desimal besutan pak Ary Sudiargo yang dimuat di Jawa Pos kemarin, muncul ide usil untuk mengecek cara membaca decimal bagi keluarga kecilku. Hasilnya : hanya aku dan suami yang remidi, sedang anak-anak tuntas.

Bagaimana dengan anda saat membaca judul di atas? Eits…tidak perlu diutarakan, cukup dibatin saja, ya. Toh ini hanya tulisan ringan.

Lalu, bagaimana cara membaca decimal yang benar? Menurut pak Ary, angka 31,31 dibaca tiga puluh satu koma tiga satu. Alasannya, angka sebelum koma merupakan bilangan bulat. Nilai tempatnya adalah satuan, puluhan, ribuan dan seterusnya. Sedangkan angka setelah koma merupakan angka pecahan. Nilai tempatnya yaitu per satuan, per sepuluhan, per seratusan dan seterusnya.

Dalam hati saya tertawa geli. Sudah setua ini, ternyata masih saja sering salah membaca decimal. Ternyata betul juga,ya, belajar itu sepanjang hayat. Salam literasi sepanjang hayat, kawan…

#29April2019#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya angkat tangan saja lah. Yang penting kalau menghitung uang gaji tidak salah. Salam literasi!

29 Apr
Balas

Kalau salah, bisa panjang urusannya,p Agus. Terima kasih sudah mampir. Barakallah. Literasi memang oke..

29 Apr



search

New Post