WAHYU ARIYATI

Mengajar itu membahagiakan Menulis itu menyenangkan...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAYANG-BAYANG MAGIC

BAYANG-BAYANG MAGIC

Siapapun yang telah berwudhu, kemudian membuka lembaran-lembaran Al-Qur’an, pasti akan terpana pada ayat ke-45 dan 46 dari Surah Al-Furqan. Terjemahannya sungguh indah : “ Tidakkah engkau memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang; dan sekiranya Dia menghendaki, niscaya Dia jadikannya (bayang-bayang itu) tetap, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk. Kemudian Kami menariknya (bayang-bayang itu) kepada Kami sedikit demi sedikit.”

Selama ini kita biasa memandang remeh bayang-bayang. Jika berdiri di tengah lapangan dengan pencahayaan yang kuat, akan tampak bayang-bayang kita. Ajaibnya, apapun gerakan kita, pasti akan ditirukan. Jongkok…..ikut jongkok. Lompat….ikut lompat. Bahkan saat lari pun, si bayang-bayang juga ikut berlari. Setia banget deh pokoknya. Kesetiaan bayang-bayang terhadap kita bersifat fleksibel. Bisa berubah-ubah. Tergantung banyak sedikitnya cahaya. Saat pagi dan sore, bayangan menjadi lebih panjang dibandingkan saat siang hari.

Di alam semesta ini, pembentukan bayang-bayang berkaitan erat dengan peristiwa rotasi bumi. Bumi berputar pada porosnya, begitu bahasa sederhananya. Jika ingin paham lebih banyak tentang tentang rotasi bumi, kita bisa membuka-buka buku fisika atau geografi. Jika ingin lebih kreatif lagi, silakan mencoba membuat alat peraga pembelajaran berupa jam yang menggunakan prinsip pemanfaatan bayang-bayang. Berbekal alat peraga semacam ini, seorang mahasiswa bisa mencapai gelar sarjana!

Disisi lain, gara-gara bayang-bayang juga seseorang bisa terjerumus dalam lembah kerugian. “Bayang-bayang dirimu selalu membersamaiku, sayang.” Hm….sebuah ungkapan hati yang bisa mematikan semangat belajar seseorang, bisa menyita waktu yang seharusnya diisi dengan hal positif dan bernilai ibadah. Semoga kita dijauhkan dari godaan seperti itu,ya.

Sungguh, Allah Maha Pandai. Dalam dua firmanNya di atas, tersimpan ilmu yang amat luas, jika kita mau mempelajarinya lebih dalam lagi. Ingin pintar? Bukalah Al-Qur’an.

Pamekasan, 20 Januari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jangan sampai bayang bayang kelam selalu mengikuti kita. Suka tulisannya bu. Sukses terus barakallah

20 Jan
Balas

Sepakat, bunda Muslihah. Sebab Allah Maha Pengampun. Salam hangat,bunda..

20 Jan



search

New Post