WAHYUNI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
1.1.a.10 Aksi Nyata  Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah-WAHYUNI
Calon Guru Penggerak angkatan 2 Surabaya

1.1.a.10 Aksi Nyata Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah-WAHYUNI

1.1.a.10 Aksi Nyata

Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Oleh :

WAHYUNI, S.Sos.I.

CGP Angkatan ke-2 Surabaya Kelas 20

Fasilitator : Anastasia Moertodjo

Pengajar Praktik : Puguh Handoyo

Perasaan selama melakukan perubahan di kelas

Perasaan saya sebagai pendidik setelah mempelajari modul 1.1 ini adalah luar biasa dan terkesan. Murid menjadi lebih aktif dan terlihat lebih senang dengan materi yang saya sampaikan. Dan dalam pengumpulan tugaspun adanya variasi tiap murid. Anak merasa senang tidak terbebani dan materi yang saya sampaikan pun dengan mudah dicerna dan lebih difahami dan dipraktekkan secara langsung oleh murid.

Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan

Ide yang timbul dalam diri saya sebagai pendidik adalah menjadi partner bermain dan belajar yang menyenangkan untuk murid-murid saya yang saat ini sedang belajar jarak jauh dengan saya sebagai guru. Bagaimana memberikan pendidikan yang bermakna dengan keterbatasan ruang dan waktu karena pandemi dan bagaimana membekali anak-anak dengan melakukan aksi nyata dalam kehidupan mereka bersama orang tua dan keluarga yang ada di rumah. Perubahan sikap atau karakter pada diri anak yang sangat saya inginkan.

Memahami karakter murid saya yang cukup majemuk, dan melakukan komunikasi bersama murid dan orang tua untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna sesuai bakat dan minat murid.

Melaksanakan pembelajaran sesuai rancangan dan kesepakatan dengan murid dan orang tua. Menjadikan murid sebagai subyek pembelajaran untuk menggiring mereka melakukan penguatan karakter bersama bimbingan orang tua dan keluarga di rumah.

Membuat varian atau opsi pengumpulan tugas. Bisa melalui TEAMS, link form MS 365, video, audio atau foto di WA grup. Dengan opsi pengumpulan tugas ini membuat siswa merasa senang menerima pembelajaran atau tidak terbebani, jika merasa senang maka sangat mudah materi tersampaikan.

Saya sebagai guru melakukan penilaian secara langsung sesuai tugas yang dikumpulkan dan menginformasikan Kembali hasil dari penilaian sebagai bentuk apresiasi kepada murid atas tugas yang telah dikerjakan.

Melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan Kepala Sekolah, Rekan sejawat, orang tua dan murid untuk bersama-sama melakukan aksi nyata (menanamkan karakter) pada diri murid.

Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik

Pembelajaran dan pengalaman yang sudah saya lakukan bersama dengan Kepala Sekolah, Rekan sejawat dan orang tua murid untuk menanamkan karakter pada diri murid saya selama pandemi ini adalah :

ü Pendidikan karakter Solat berjamaah bersama orang tua dan atau keluarga di rumah

ü Pendidikan karakter Mengaji bersama orang tua dan atau keluarga di rumah

ü Pendidikan karakter Belajar bersama orang tua dan atau keluarga di rumah

ü Pendidikan karakter merawat tanaman sebagai bentuk cinta lingkungan bersama orang tua dan atau keluarga di rumah

ü Pendidikan karakter membantu pekerjaan rumah bersama orang tua dan atau keluarga

Kegiatan-kegiatan tersebut pengumpulannya beragam sesuai kemampuan dan perangkat yang dimiliki murid.

4. Testimoni dari murid yang terlibat dalam proses perubahan yang Saya lakukan.

Silahkan disimak, subscribe, like, comment dan share video testimoni sample 2 siswi SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya di link https://youtu.be/A7_fYYIkl3U

Wahyuni

CGP Angkatan 2 Kota Surabaya

Unit Kerja SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya

Foto-foto dari seluruh rangkaian pelaksanaan Pembelajaran PAI sebagai bagian dari aksi yang Saya lakukan ada di lampiran sample foto yang saya ambil secara acak di murid SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post