WAHYUNI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
1.1.a.9. Koneksi Antar Materi  Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
#programgurupenggerak #gurupenggerakangkatan2surabaya

1.1.a.9. Koneksi Antar Materi Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

1.1.a.9. Koneksi Antar Materi – Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Oleh :

WAHYUNI, S.Sos.I.

CGP Angkatan ke-2 Surabaya Kelas 20

Fasilitator : Anastasia Moertodjo

1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Ø Sebelum mempelajari modul 1.1

ü Murid ibarat kertas kertas kosong atau kertas putih dan guru bisa memberi warna sesuai kehendak guru

ü Tugas guru mentransfer ilmu pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dan siswa harus menerima dan menerapkannya.

ü Perolehan nilai pengetahuan yang bagus adalah salah satu indicator kesuksesan.

ü Ketuntasan belajar dangatlah penting

ü Siswa adalah obyek pembelajaran. Semua siswa tanpa terkecuali harus mengikuti apa yang sudah dituangkan guru dalam RPP

ü Semua siswa dituntut sama dalam pengerjaan tugas seperti permintaan guru.

2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?

Ø Sesudah mempelajari modul 1.1

ü Murid adalah selembar kertas yang sudah ada tulisannya namun masih belum terlihat jelas/buram (kodrat alam anak), tugas guru adalah menebalkan tulisan-tulisan baik dan menghapus tulisan-tulisan yang kurang baik disesuaikan dengan kodrat zaman.

ü Guru sebagai pamong bagi murid yang akan menuntun dan memperbaiki tumbuh kembangnya kekuatan kodrat alam dan kemerdekaan belajar yaitu merdeka batinnya, merdeka pikirannya, dan merdeka tenaganya

ü Pembelajaran lebih berpihak/berpusat pada anak dan harus menyenangkan

ü Orientasi pembelajaran terletak pada proses

ü Murid diberikan hak untuk menyelesaikan tugas sesuai minat

ü Pembelajaran yang dilakukan guru tidak hanya sekedar mentransfer pengetahuan, namun yang terpenting adalah memberi makna dalam proses pembelajaran

ü Dalam proses pembelajaran melarang pelaksanaan hukuman dan sanksi karena akan menghambat pertumbuhan merdeka murid

ü Guru harus memahami kondisi murid dengan segala keunikan yang ada pada diri murid

ü Guru memberikan opsi dalam pengerjaan tugas sesuai minat dan kemampuan murid

ü Guru mendidik dengan asih, asah dan asuh

ü Menerapkan konsep KHD : Guru memberi teladan bagi murid (Ing ngarso sung tulodho), guru mampu memberi keseimbangan penalaran kepada murid dengan memberi support/semangat (ing madya mangun karsa), guru mampu memantik semangat dan membangun kemauan (tut wuri handayani)

ü Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator (menuntun sesuai kodrat/potensi yang ada pada diri murid)

ü Guru harus _melek_ IT guna menuntun perkembangan zaman dalam pembelajaran

ü Guru tidak boleh kaku, harus dinamis, terus bergerak dan terus belajar, inilah bagian dari implementasi penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam diri guru, karena pada dasarnya Profil Pelajar Pancasila adalah belajar sepanjang hayat

3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?

ü Merancang dan membangun komunikasi dengan orang tua, guru dan siswa untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai bakat minat murid dengan media dan metode yang sesuai

ü Dalam pemberian tugas saya sebagai guru akan memahami bakat minat murid dengan memberikan opsi pengerjaan, tidak hanya menggunakan 1 model pengumpulan tugas

ü Mendidik sesuai perkembangan zaman tanpa meninggalkan budaya asli Indonesia

ü Saya sebagai guru akan lebih memahami bakat minat murid dengan segala keunikan yang ada pada diri murid

ü Mewujudkan merdeka belajar, yakni pendidikan yang memerdekakan pikiran (cipta), perasaan (rasa), dan kemauan (karsa) diri anak

ü Berperan sebagai guru among (pamong) yang mendidik dengan penuh kasih sayang dan berorientasi pada murid

ü Menerapkan konsep KHD : ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani

Inti dari perubahan yang ingin saya terapkan adalah “Sebongkah Harapan” besar untuk perubahan yang lebih baik dalam dunia pendidikan, seperti karya puisi yang sudah saya buat dan sy publish di channel youtube saya pribadi dengan nama “Wahyuni Yuni” dengan link https://youtu.be/FAcrywML6CI

Dan setiap yang saya lakukan saya publish pula di BLOG Pribadi dengan Link https://wahyunigpaisurabaya.blogspot.com/2021/04/1.html

Terimakasih

Wahyuni

CGP Angkatan 2 Kota Surabaya

Unit Kerja SDN Dukuh Menanggal I/424

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

30 Apr
Balas

Terimakasih banyak Bapak. Saya masih harus banyak belajar. Mohon kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang. Salam hormat dan sukses bersama

30 Apr

Alhamdulillah ulasannya semakin mantap mudah2 an dlm mengikuti Diklat Guru belajar diberi aman selamat lancar barokah.

30 Apr
Balas

Aamiin. Matur nuwun doa dan supportnya Pak @Edy Sukoco

30 Apr

Semangat terpilih menjadi guru penggerak, semoga Tuhan memberi kelancaran dan kemudahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

30 Apr
Balas

Aamiin. Terimakasih Bu @MARIA CHRISTINA SRI SUNARSIH

30 Apr



search

New Post