WAHYUNI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
1.2.a.10.1   AKSI NYATA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK Oleh  WAHYUNI CGP SURABAYA
CGP angkatan 2 Surabaya

1.2.a.10.1 AKSI NYATA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK Oleh WAHYUNI CGP SURABAYA

MODUL 1.2.a.10.1

AKSI NYATA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Oleh :

WAHYUNI

CGP ANGKATAN 2 KOTA SURABAYA

FASILITATOR : ANASTASIA MOERTODJO

PENGAJAR PRAKTIK : PUGUH HANDOYO

Kali ini saya akan mengulas tentang "Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak" di modul 1.2.a.10.1.

Nilai Guru Penggerak antara lain :

1. Mandiri artinya : mampu memunculkan motivasi dalam diri untuk melakukan aksi serta membuat perubahan baik pada diri sendiri maupun lingkungan tanpa paksaan dari pihak lain.

2. Reflektif artinya : bersifat terbuka terhadap pengalaman baru dan menerima umpan balik dan evaluasi diri dari yang sudah baik dan perlu dikembangkan.

3. Kolaboratif artinya : menjaga komunikasi, rasa hormat, dan kepercayaan untuk membangun kerjasama yang positif dengan seluruh ekosistem dan pemangku kebijakan.

4. Inovatif artinya : berusaha memunculkan gagasan-gagasan baru yang tepat guna dan membantu memecahkan masalah atau pengambilan keputusan untuk kebaikan bersama.

5. Berpihak pada Murid artinya : mengutamakan kepentingan murid. Memberi kesempatan murid untuk mengemukakan pendapat dan mengeksplor pengetahuan yang dimiliki. Selalu berusaha menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

Peran Guru Penggerak antara lain :

1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran

2. Menggerakkan Komunitas Praktisi

3. Menjadi Coach bagi Guru lain

4. Mendorong Kolaboasi antar Guru

5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid

Aksi nyata yang sudah saya lakukan adalah :

Koordinator Kurikulum sekolah SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya yang secara langsung terlibat dan menggerakkan rekan sejawat dan murid dalam program kegiatan sekolah. Penyaji Pembelajaran PAI Via SBO TV. Pengisi Kegiatan Pesantren Ramadhan Ceria 2021 Via Jawa Pos TV. Panitia (Penanggung Jawab) Lomba Dacil dalam rangka Gebyar PAI "Sang Bintang" 2021 di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Story Telling PAI Via TV 9. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Kabid Litbang) KKG PAI Kota Surabaya periode 2020-2024. juara 1 Lomba Cipta Lagu PAI Kota Surabaya. juara 3 Lomba Story Telling HAB Kemenag 2021. salah satu dari pemateri dan pembuat Video Pembelajaran PAI yang terupload di channel Youtube Pribadi dan KKG. Belajar memulai menulis reportase di Harian Surya.

Aksi nyata yang sudah saya lakukan akan terus saya lakukan dan kembangkan. Itu adalah bukti Nilai dan Peran Guru Penggerak. Perasaan saya selama proses melakukan aksi adalah sangat senang dan bangga bisa menjalankan amanah bersama komunitas baik intern maupun ekstern ekosistem atau sekolah. Bersama Ekosistem dan Pemangku Kebijakan selalu berusaha melakukan koordinasi, kolaborasi dan kerjasama untuk mewujudkan Pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna berpihak pada Murid.

Salam Guru Penggerak

Salam Sukses Bersama

TERGERAK, BERGERAK, MENGGERAKKAN

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

AlhamdulillahSangat inspiratif

03 Jun
Balas

Terimakasih Pak Edy Sukoco

03 Jun

Semoga bisa menginspirasi semuanya

03 Jun
Balas

Insya Allah Bu Widji Lasiatin

03 Jun

Semoga bisa menginspirasi semuanya

03 Jun
Balas

Semoga bisa menginspirasi semuanya

03 Jun
Balas



search

New Post