WAHYUNI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Berbagi, Meraih Ridlo Illahi
SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya

Implementasi Berbagi, Meraih Ridlo Illahi

Implementasi Berbagi, Meraih Ridlo Illahi

Penulis : Wahyuni, S.Sos.I.

Guru SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya

Berbagi adalah sebuah unjuk nyata yang digagas oleh Ketua Komite Sekolah untuk memberi kepada sesama yang merupakan agenda rutin tahunan yang tidak hanya di bulan Ramadhan namun juga sering dilakukan di bulan-bulan yang lain dengan berkolaborasi bersama Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Siswa dan Orang tua Siswa. Berbagi yang berarti memberikan sedikit kebahagiaan kepada sesama. Banyak ragam “Berbagi” yang sudah sering dilakukan mulai dari berbagi makanan, alat belajar, alat bermain, tanaman, pupuk, sampai membagikan ilmu. Semua itu terlihat kecil dan biasa, namun berarti besar dan sangat bermakna bagi yang menerima. Seperti 2 tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya biasanya di Bulan Ramadhan dipakai untuk berbagi takjil, berbagi bibit tanaman untuk para pengguna jalan di sekitar sekolah.

Karena kondisi masih pandemi dan tidak memungkinkan berbagi takjil dikarenakan ada penumpukan massa dan bergerombol , maka Ramadhan tahun ini “berbagi” di SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya dibuat ragam kegiatan yang berbeda namun masih bermakna berbagi, kegiatan itu adalah “Penggalangan donasi” dengan obyek berbaginya adalah Yatim (tidak punya ayah), Piatu (tidak punya ibu), Yatim Piatu (tidak punya ayah dan ibu), dan Dhuafa’ di halaman sekolah dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan tepat di hari ke-28 Ramadhan yakni Senin, 10 Mei 2021 mulai pukul 15.00 hingga pukul 16.55.

Kegiatan ini dipromotori oleh Ketua Komite Sekolah (Hentty Kartika Sari) dengan mengerahkan Korlas (Koordinator Kelas) mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 untuk menghimpun dana sukarela. “Dana yang terkumpul di tiap Korlas dijadikan satu dan Alhamdulillah bisa memperoleh di titik 10 juta sekian. Uang tersebut dibelikan nasi kotak, takjil, jajanan, dan uang saku untuk para Yatim, Piatu, Yatim Piatu, dan Dhuafa’ yang total seluruhnya adalah 57 dengan perincian 25 Yatim, dan 32 dhuafa’” kata Hentty.

Antusias warga sekolah untuk mensukseskan kegiatan ini luar biasa. Dengan komunikasi hanya via Whatsapp hanya dengan waktu cukup singkat, 5 hari bisa terlaksana kegiatan sehebat ini. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga menggalang donasi, Alhamdulillah donasi bisa terkumpul sejumlah Rp. 3.350.000,-. Donasi dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini ikut disalurkan pula untuk 57 penerima. Seperti dituturkan Edy Sukoco (Kepala Sekolah), Kegiatan semacam ini dampaknya luar biasa untuk anak-anak, mengajarkan makna berbagi secara langsung kepada anak-anak tidak hanya berupa teori saja, harta atau rizki yang kita miliki tidak semuanya milik kita, namun beberapa persen adalah hak yatim dan dhuafa’ yang perlu kita perhatikan. Apalagi ini bulan Ramadhan, Allah berjanji akan melipatgandakan pahalanya kepada hamba-hamba yang mau menyedekahkan harta atau rizkinya untuk sesama dan untuk agama Allah. Edypun berpesan untuk anak-anak yang hadir : “walaupun yatim, piatu, atau yatim piatu jangan berkecil hati, harus tetap semangat belajar, rajin solat, rajin ngaji, doakan orang tua yang masih ada maupun dan sudah tiada, harus pinter dan berprestasi”.

Di penghujung kegiatan, Hentty Kartika Sari mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah, Guru, tenaga kependidikan, Korlas dan seluruh wali murid yang turut mensukseskan kegiatan ini. Semoga amal ibadah semuanya dilipatgandakan dan Ridlo Illahi Robbi dapat Kita raih. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post