Wahyuni Awal Sejati

Belajar menjadi salah satu kegiatan yang penting dalam kehidupan. Melalui belajar, akan selalu memperbaiki diri baik sebagai ciptaan Allah SWT dan juga terhadap...

Selengkapnya
Navigasi Web

JARINGAN LEMOT

#Tagursiana Hari Ke-19

Faktor utama untuk melaksanakan kegiatan dari rumah adalah internet. Koneksi internet menjadi hal terpenting untuk melakukan pekerjaaan apapun, termasuk pendidikan. Pendidikan menyangkut masa kini dan masa depan bangsa, tak dapat ditunda untuk menjadi perhatian bagi semua pihak, Generasi yang berakhlak mulia, sehat, kuat, trampil dan mampu menghadapi segala tantangan jaman menjadi harapan negara. Guru, menjadi salah satu profesi yang bertanggung jawab terhadap kondisi ini.

Di tengah masa PPKM seperti ini, dimana pemerintah daerah memberi batasan kehadiran guru di sekolah. Keadaan ini menyebabkan kegiatan virtual pembelajaran dilaksanakan di rumah. Kegiatan virtual pembelajaran menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menghadapi situasi pandemic saat ini.

Pelaksanaan pembelajaran daring banyak mengalami berbagai tantangan. Sebelum proses pembelajaran, guru perlu mempersiapkan RPP dan media pembelajaran yang berbasis TIK. Guru harus memiliki skill dan kemampuan untuk menguasai aplikasi yang diperlukan pada pembelajaran daring. Kondisi dan partisipasi siswa selama kegiatan daring juga menjadi perhatian bagi guru. Dalam mengantisipasi segala kemungkinan, maka guru perlu menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar proses pembelajaran tidak membosankan.

Ada hal yang paling penting, yang tidak dapat ditinggalkan dari kegiatan yang dijalankan tersebut, yaitu JARINGAN INTERNET. Jaringan internet menjadi ‘nyawa’ untuk proses kegiatan pembelajaran daring. Sebaik apapun, proses dan pelaksanaan pembelajaran daring yang berlangsung jika jaringan internet tidak stabil atau ‘lemot’ akan menimbulkan ‘kegaduhan’ bagi guru maupun siswa.

Oleh sebab itu, agar kondisi ini tetap dapat memberikan kenyamanan dan tidak ‘gaduh’ maka guru perlu melakukan antisipasi. Pada kegiatan awal pembelajaran sebaiknya, guru telah memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi masalah jaringan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah guru telah menyiapkan materi/tugas/latihan di dalam aplikasi yang telah dipilih. Ya, jaringan internet adalah nyawa dalam pembelajaran daring.

mystagearea, 30/08/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post