Wahyuning Widhiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TUTUP BOTOL UNTUK NOTICE

TUTUP BOTOL UNTUK NOTICE

TUTUP BOTOL BEKAS UNTUK NOTICE

Danny Pradana saat itu masih siswa kelas 7 F mengatakan, “ saya senang belajar Bahasa Inggris hari ini , karena asik dan mudah memahami notice. Sebenarnya ada kesulitan tentang kata sulit, tapi sudah paham apa itu notice“

Media yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran. Dan yang mudah didapat akan membantu keberhasilan proses belajar mengajar. Pilihan saya jatuh pada tutup botol minuman mineral dan sejenisnya. Masing masing siswa saya minta membawa 1 tutup botol untuk kemudian bagian dalam di tempel gambar notice yang berbeda yang saya sediakan . Nantinya terkumpul 8 paket untuk digunakan 8 kelompok.

Kegiatan pembelajaran ini menggunakan pendekatan Saintifik , menerapkan 5 langkah kegiatan pembelajaran yaitu Observing, Questioning, Collecting data, Assosiating and Communicating.

Sebelum kegiatan inti dimulai , untuk membangkitkan semangat , siswa diminta berdiri dan bergerak menirukan lagu yang dinyanyikan . Syair lagu mengenai arah diharapkan akan membawa pemahaman siswa ke materi yang akan dipelajari

Up and down and shake shake shake 2x

Shake to the left and shake to the right

Turn around and shake shake shake

Langkah- langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut :

Diperlihatkan gambar gambar Notice dan caution yang sering dijumpai siswa menemukan kata kata penting dari gambar gambar tersebut Menirukan ucapan guru tentang kata kata penting tersebut Siswa saling bertanya kepada teman sebangku tentang gambar gambar yang diamati tadi dengan yes no question ; Siswa dibentuk menjadi 8 kelompok dengan cara counting, masing – masing kelompok terdiri dari 4 orang Setiap kelompok diberi 1 paket tutup botol yang berisi 15 notice yang berbeda. Siswa mengidentifikasi gambar notice dengan mengisi LK tentang makna notice . Siswa juga mengidentifikasi tempat dimana notice itu biasa ditemukan.

Assosiating

Masih berkelompok , siswa membuat 4 notice / caution yang biasa mereka temukan di sekolah . Siswa menempelkan LK dan hasil karya notice pada kalender bekas . Masing masing kelompok mempresentasikan hasil karya didepan kelas, sementara kelompok lain bias bertanya atau member masukan

Semua siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran ini, aktif memberikan kontribusi dalam kelompok dan mudah memahami teks notice/ caution. Dari refleksi siswa , mereka mengatakan senang dengan pembelajaran ini.

Wahyuning Widhiati

Peserta Pelatihan Sagusabu Solo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dahsyat!

30 Jul
Balas

Pelatihnya lebih dahsyat ...

30 Jul

best practice yang keren. Mantab banget dan sangat inspiratif

30 Jul
Balas

Keren banget bu. Terima kasih sudah berbagi bu Wahyuning.

30 Jul
Balas

Sama sama pak yudha , semangat berbagi yaa

30 Jul

We also sing it in the morning. Sometime, after lining up. My preschoolers are so happy. Salam.

30 Jul
Balas

Sure ? ..what great pupils they are .. happy singing

30 Jul

Luar Biasa sangat menginspirasi Bu

30 Jul
Balas

Terimakasih .. mari berbagi ..

30 Jul

Keren... Terima kasih bu ide kreatifnya...

05 Aug
Balas

Mantapppp....luar biasa, bu..

31 Jul
Balas

Terimakasih apresiasinya pak Murman ..

30 Jul
Balas

Inilah guru inspiratif...sangat bisa diambil bermanfaat.

01 Aug
Balas

Inilah guru inspiratif...sangat bisa diambil bermanfaat.

01 Aug
Balas



search

New Post