TUTUP BOTOL UNTUK NOTICE
TUTUP BOTOL BEKAS UNTUK NOTICE
Danny Pradana saat itu masih siswa kelas 7 F mengatakan, “ saya senang belajar Bahasa Inggris hari ini , karena asik dan mudah memahami notice. Sebenarnya ada kesulitan tentang kata sulit, tapi sudah paham apa itu notice“
Media yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran. Dan yang mudah didapat akan membantu keberhasilan proses belajar mengajar. Pilihan saya jatuh pada tutup botol minuman mineral dan sejenisnya. Masing masing siswa saya minta membawa 1 tutup botol untuk kemudian bagian dalam di tempel gambar notice yang berbeda yang saya sediakan . Nantinya terkumpul 8 paket untuk digunakan 8 kelompok.
Kegiatan pembelajaran ini menggunakan pendekatan Saintifik , menerapkan 5 langkah kegiatan pembelajaran yaitu Observing, Questioning, Collecting data, Assosiating and Communicating.
Sebelum kegiatan inti dimulai , untuk membangkitkan semangat , siswa diminta berdiri dan bergerak menirukan lagu yang dinyanyikan . Syair lagu mengenai arah diharapkan akan membawa pemahaman siswa ke materi yang akan dipelajari
Up and down and shake shake shake 2x
Shake to the left and shake to the right
Turn around and shake shake shake
Langkah- langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut :
Diperlihatkan gambar gambar Notice dan caution yang sering dijumpai siswa menemukan kata kata penting dari gambar gambar tersebut Menirukan ucapan guru tentang kata kata penting tersebut Siswa saling bertanya kepada teman sebangku tentang gambar gambar yang diamati tadi dengan yes no question ; Siswa dibentuk menjadi 8 kelompok dengan cara counting, masing – masing kelompok terdiri dari 4 orang Setiap kelompok diberi 1 paket tutup botol yang berisi 15 notice yang berbeda. Siswa mengidentifikasi gambar notice dengan mengisi LK tentang makna notice . Siswa juga mengidentifikasi tempat dimana notice itu biasa ditemukan.Assosiating
Masih berkelompok , siswa membuat 4 notice / caution yang biasa mereka temukan di sekolah . Siswa menempelkan LK dan hasil karya notice pada kalender bekas . Masing masing kelompok mempresentasikan hasil karya didepan kelas, sementara kelompok lain bias bertanya atau member masukanSemua siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran ini, aktif memberikan kontribusi dalam kelompok dan mudah memahami teks notice/ caution. Dari refleksi siswa , mereka mengatakan senang dengan pembelajaran ini.
Wahyuning Widhiati
Peserta Pelatihan Sagusabu Solo
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Dahsyat!
Pelatihnya lebih dahsyat ...
best practice yang keren. Mantab banget dan sangat inspiratif
Keren banget bu. Terima kasih sudah berbagi bu Wahyuning.
Sama sama pak yudha , semangat berbagi yaa
We also sing it in the morning. Sometime, after lining up. My preschoolers are so happy. Salam.
Sure ? ..what great pupils they are .. happy singing
Luar Biasa sangat menginspirasi Bu
Terimakasih .. mari berbagi ..
Keren... Terima kasih bu ide kreatifnya...
Mantapppp....luar biasa, bu..
Terimakasih apresiasinya pak Murman ..
Inilah guru inspiratif...sangat bisa diambil bermanfaat.
Inilah guru inspiratif...sangat bisa diambil bermanfaat.