WANGSA

Lulus SPG Negeri Cirebon thn. 1988 Lulus D.2 IKIP Bandung Jurusan Pendidikan Seni Tari thn.1990 Lulus S.1 Pendidkan Seni Tari UPI Bandung thn. 2002 Mel...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bebegig Sawah Takluk oleh Penari Tahu Gejrot

Bebegig Sawah Takluk oleh Penari Tahu Gejrot

Tari Bebegig Sawah garapan Tari untuk mengikuti Lomba Tari dalam FLS2N tingkat Kota Cirebon.Tarian ini ide garapannya diambil diri filsafat dongeng Dewi Sri (Dewi padi) yang suka irama musik yg ditimbulkan dari bambu.potongan bambu yang dipecah/ dipeprek sehingga menimbulkan bunya keprek keprek yang digunakan penari sebagai property tari. Tarian Bebegig Sawah menceritakan aak-anak petani membantu orang tuanya menjaga sawah dari serangan Burung.Anak petani ini berimajinasi bermain bersama bebegig sawah. Maka bermainlah anak petani dengan bebegig sawah sambil membunyikan keprak untuk mengusir burung. Samapai sore tiba anak petani kembali ke rumahnya,dan Bebegig sawah kembali menjadi patung sawah.

Tari Bebegig sawah diolah sedimikian rupa sehingga menjadi tarian yang menarik sesuai dengan karakter anak-anak yang senang bermain. Tarian ini di garap oleh penulis sesuai dengan Juklak dan juklis FLS2N mata lomba tari. Dari segi Tema tarian ini bertema Permainan Anak-anak. Unsur kedaerahan nampak dalam irama musik dan gerak tari. Gerak tari sesuai dengan psikologi perkembangan anak usia Sekolah Dasar.

Namun keberadaan Tari Bebeging kurang beruntung. Bebeging di kalahkan oleh tari Tahu Gejrot. Tari Tahu gejrot menggambarkan pedagang tahu gejrot mengolah dagangannya, gerakan menguleg bumbu.memotong tahu dan gerakan lainnya menggambarkan tukang tahu gejrot.property yang di gunakan bakul tahu gejrot tidak maksimal digunakan sebagai alat menari, tepatnya lebih banyak berfungsi sebagai dekorasi karena di letakan begitu saja dipanggung. Disini nampak kurang jeli nya Dewan Juri.Tema tarian tahu gejrot tidak sesuai dengan usia anak.dimana anak belum pantas berjualan atau bekerja. Tema tidak sesuai dengan usia anak. Namun dewi Fortuna memihak pada tari Tahu gejrot yang dinobatkan menjadi Juara Pertama Lomba Tari FLS2N tingkat Kota Cirebon.

Penulis bukan bermaksud menjelekan tari tahu gejrot.penulis memberi saran untuk Tari Tahu gejrot yang akan mewakili Kota Cirebon ke tingkat Provinsi. Karena penukis Cinta kota Cirebon menginginkan wakil kota Cirebon dapat tampul levih baik di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pertama tari tahu gejrot jangan menggunakan musik tari Bedaya nya Sandrina Indonesia Mencari Bakat. Karena jelas Nilai Orsinil karya nya tidak menonjol. Karena dalam juklak FLS2N sangat jelas Orisinal Karya sangat menentukan juara. Yang ke-2; Gunakan Peoperti bakul tahu gejrot 40 persen untuj menari bukan untuk dekorasi. Karena yang namanya property tari adalah alat yang dominan digunakan untuk menari.yang ke-3. Gerakan sesuaikan dengan usia anak Sekolah Dasar.

Senoga pelaksanaan FLS2N di kota Cirebon tahun depan lebih jeli dan lebih maju.Dua tahun ke belakang selalu seperti ini. Banyak kekurangan dari berbagai macam faktor, baik faktor tekhnis penyelenggaraan maupun faktor pemilihan Dewan Juri yang kurang mumpuni sebagai juri sesuai dengan bidangnya.

Mohon maaf atas segala kritik dan sarannya. Tidak ada maksud untuk menggurui atau cemburu sosial karena tidak menang. Semata mata mengkritik untuk memvangun lebih baik lagi. Abaikan saja kalau kritik ini tidak bermanfaat. Penulis hanyalah seorang pengajar Sekolah Dasar berlatar belakang Lukusan S.1 Pendidikan Seni Tari Upi Bandung yang sednag menyelesaikan Magisternya di Prodi Pendidikan Seni di Universitas Pendidikan Indonesia.

SELAMAT kepada Tari Tahu Gejrot mewakili Kota Cirebon ke tingkat Provinsi Jawa Barat 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga bermanfaat

01 May
Balas

seniman sejati.salam kenal

01 May
Balas

Tari Bebegig Sawah Adalah Ciptaan Dari Aca Wangsa Yg Terhormat Yg Dengan Sombongnya memamerkan S1 Seni Tari dan Katanya Mau menyelesaikan S2 Seni Tari tapi tariannya kalah dan tidak mau menerima kekalahannya Dan saya hanya seorang juri yg berpendidikan rendah yg hanya belajar dari para Maestro Tari yg lahir dari seniman tari asli bukan dari pendidikan dan saya sebagai juri bertugas sesuai juklak dan juknis yg diberi oleh panitia FLS2N Tingkat Kota Cirebon Mungkin Beliau malu dengan kekalahan garapan tarinya karna Gelarnya Yg S1 Seni Tari dan Mau menyelesaikan S2 Seni Tari

01 May
Balas

Tari Bebegig Sawah Adalah Ciptaan Dari Aca Wangsa Yg Terhormat Yg Dengan Sombongnya memamerkan S1 Seni Tari dan Katanya Mau menyelesaikan S2 Seni Tari tapi tariannya kalah dan tidak mau menerima kekalahannya Dan saya hanya seorang juri yg berpendidikan rendah yg hanya belajar dari para Maestro Tari yg lahir dari seniman tari asli bukan dari pendidikan dan saya sebagai juri bertugas sesuai juklak dan juknis yg diberi oleh panitia FLS2N Tingkat Kota Cirebon Mungkin Beliau malu dengan kekalahan garapan tarinya karna Gelarnya Yg S1 Seni Tari dan Mau menyelesaikan S2 Seni Tari

01 May
Balas

Aca Wangsa adalah sebagai Penulis artikel Ini

01 May
Balas



search

New Post